ARTIKEL

LAPORAN PENGGUNAAN BLOCK GRANT
 PEMBERDAYAAN MGMP ANTROPOLOGI  KOTA MALANG
                                      Kecamatan           :  KLOJEN
                                      Kabupaten/Kota  :  MALANG
                                      Provinsi                :  JAWA TIMUR
                                      Tahun                   :  TAHUN 2011
                                      Ketua                             :  Dra.Dwi Iriani MPd
                                      Bendahara            :  Sri Hidayati SPd
                                      Sekretaris             :  Drs.Heru Nugroho
                                      Alamat                 :  Jl.Tanimbar 24 Malang
                                      Telepon                :  0341.364580
             





















Mengetahui
Kepala Dinas Pendididna /UPTD                               Ketua MGMP ANTROPOLOGI
Kota Malang                                                               KOTA MALANG


                                                                                    Dra .Dwi Iriani MPd
NIP.                                                                            Nip : 19630624 198903 2 005



KATA PENGANTAR
                 
                  Inovasi pendidikan yang dikembangkan di Indonesia saat ini didalamnya mengandung konsekuensi bagi setiap guru untuk dapat menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan perubahan yang ada. Melalui kegiatan MGMP, diharapkan setiap guru dapat terus mengasah kemampuan profesionalnya guna mengimbangi berbagai tuntutan perubahan pendidikan yang terjadi.
                  Sehingga tujuan diselenggarakannya MGMP ialah : Pertama, untuk memotivasi guru guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan membuat evaluasi program pembelajaran dalam rangka meningkatkan keyakinan diri sebagai guru profesional; Kedua, untuk menyatakan kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga dapat menunjang usaha peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan; Ketiga, untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dan dialami oleh guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari solusi alternatif pemecahannya sesuai dengan karakteristik mata pelajaran masing-masing, guru, kondisi sekolah, dan lingkungannya; Keempat, untuk membantu guru memperoleh informasi teknis edukatif yang berkaitan dengan kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi, kegiatan kurikulum, metodologi, dan sistem pengujian yang sesuai dengan mata pelajaran yang bersangkutan; Kelima, saling berbagi informasi dan pengalaman dari hasil lokakarya, simposium, seminar, diklat, classroom action research, referensi, dan lain-lain kegiatan profesional yang dibahas bersama-sama; Keenam, mampu menjabarkan dan merumuskan agenda reformasi sekolah (school reform), khususnya focus classroom reform, sehingga berproses pada reorientasi pembelajaran yang efektif.
                  Untuk itulah dengan diadakan studi lapangan oleh MGMP Antropologi Kota Malang,diharapkan bisa memenuhi apa yang diharapkan dari tujuan dibentuknya MGMP tersebut,sehingga bisa meningkatkan proses pembelajaran yang efektif dan efesien di sekolah-sekolah para peserta MGMP Antropologi. Yang pada akhirnya tuntutat yang diharapkan oleh MGMP pun untuk berperan sebagai : Pertama, reformator, dalam classroom reform, terutama dalam reorientasi pembelajaran efektif; Kedua, mediator, dalam pengembangan dan peningkatan kompetensi guru, terutama dalam pengembangan kurikulum dan sistem pengujian; Ketiga, supporting agency, dalam inovasi manajemen kelas dan manajemen sekolah; Keempat, collaborator, terhadap unit terkait dan organisasi profesi yang relevan; Kelima, evaluator dan developer school reform dalam konteks MPMBS; dan Terakhir, clinical dan academic supervisor, dengan pendekatan penilaian appraisal.dapat terpenuhi dengan baik.
                                                                                   

                                                                                    Malang,2 Januari 2011
                                                                                    Peserta Studi Lapangan                                                                                                          MGMP Antropologi
                                                                                    Kota Malang





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                ...............................                 1
DAFTAR ISI                                              ...............................                 2
BAB.1 PENDAHULUAN                          ...............................                 3
1.     Latar Belakang                                  ...............................                 3
2.     Tujuan dan Manfaat                          ...............................                 4
BAB.II HASIL KAJIAN                                      ...............................                 6
1.     Perkembangan Kebudayaan Masyarakat Gunung Kawi.                           6
a)   Letak dan sejarah singkat berdirinya pesarean Gunung Kawi                6
b)    Pengertian Perkembangan Kebudayaan …………....                             6
c)     Proses perkembangan kebudayaan masyarakat Gunung Kawi ..                          7
2.     Sistem Religi Masyarakat Gunung Kawi    ...................                             7
a)         Mitos                                                        .................................                           7
b)        Tata cara berdoa yang dilakukan pengunjung     ......................                          8
c)         Kepercayaan di masyarakat Gunung Kawi.        ......................                          8
d)        SIMBOL yang digunakan tata cara upacara       ......................                          8
e)         Tempat-tempat ibadah                             ..................................                          8
3.      Perkembangan Kesenian Masyarakat Gunung Kawi                        8
a.         Wayang Kulit                                           ……………………..                          8
b.         Tahlil Akbar                                             ………………………                        9
c.         Barong Sae                                               ………………………                        9
d.        Kuda Lumping                                         ………………………                        9
e.         Kerajinan rakyat                                       ………………………                        9
4.     Sistem Mata Pencaharian Masyarakat Gunung Kawi                       9
a.         Letak Geografis                                       .................................                           9
b.         Kondisi Penduduk                                   .................................                           9
c.         Kondisi Sosialnya                                    .................................                           9
d.        Sisitem Mata Pencaharian                        .................................                           10
5.     Organisasi Sosial Masyarakat Gunung Kawi                                             16
6.     Makna dan Simbol-Simbol Yang Ada Masyarakat Gunung Kawi   16
BAB.III.PENUTUP.                                   ..........................                       19
1.     Kesimpulan                                       ...........................                     19
2.     Saran-saran                                       ...........................                     20
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
STUDI LAPANGAN MGPM ANTROPOLOGI                                        21
SK Panitia Studi Lapangan                        ...........................                     21
Rencana Anggaran Studi Lapangan           ...........................                     25
Transport Peserta Studi Lapangan             ...........................                     26
Transport Panitia Studi Lapangan             ...........................                     28
Kwitansi Transportasi Studi Lapangan      ...........................                     29
Keitansi Konsumsi Studi Lapangan           ...........................                     30
                                                                        Malang,2 Januari 2011
                                                                        Ketua Studi Lapangan                                                                                                                        MGMP Antropologi Kota Malang





BAB.I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang. 
Pesarehan Gunung Kawi ini dikelola oleh sebuah Yayasan yang didirikan oleh ahli waris almarhum Eyang RM ImamSujono dengan nama Yayasan Pengelolaan Pasarehan gunung Kawi :”NGESTI GONDO” yayasan ini berdomisili didesa Wonosari kecamatan Wonosari kabupaten dati II Malang.Yayasan ini tidak mempunyai cabang ataupun perwakilan. Adapun lokasi makam Eyang Djoego dan Eyang RM Imam Soedjono yang sering disebut Twa Law She dan Djie.. Law She.
Pasarehan gunung Kawi itu Tunggal,tidak mempunyai cabang atau perwakilan di kota-kota lain ,sebab makam itu sakral dan makam itu bukan merupakan PT atau CV yang memungkinkan mendirikan atau mempunyai cabang dan perwakilan.Yayasan inipun tidak menugaskan seseorang atau badan untuk mengatasnamakan  Yayasan guna mencari atau menghimpun dana ketempat lain.
Oleh karena itu segenap pengunjung para dermawan ataupun para simpatisan penyandang dana pembangunan Arial Wisata  Ritual Pesarehan Gunung Kawi baik perseorangan Maupun kelompok,bilamana bermaksud membayar kaul atau berdalih membayar Nadhar sebagai rasa syukur atas sesuatu keberhasilan dengan mengkaitkan identitas Pesarehan Gunung Kawi,Bapak –Ibu penyandang dana bisa berhubungan langsung dengan petugas yayasan yang ada diloket pendaftaran selamatan atau langsung kepada juru kunci pesarehan gunung Kawi.
Adapun yang dimakamkan di Pesarehan Gunung Kawi ini adalah:
1.      Almarhum Eyang Kyai Zakaria II(Eyang Djoego) yang oleh kalangan orang Tiong Hoa disebut sebagai TAW LOW SHE artinya guru besar pertama.
2.      Almarehum Eyang RM Sudjono yang lazim pula disebut DJIE LAW SHE artinya guu besar kedua
Kedua almarhum  itu adalah Bayangkara atau prajurit terpercaya pangeran Diponegara yang telah mengobarkan perang besar melawan kompeni Belanda di Jawa tengah yang terknal dengan perang Jeawa (Perang Diponegoro) yang berlangsung mulai tanggal 20 Juli sampai dengan  30 maret 1830.
Demikianlah sejarah singkat mengenaian Pasarehan Gunung Kawi sehingga dapat menjadi wahana dan pengetahuan bagi para guru dan calon instruktur agar dapat meningkatkan kemampuan,pemahaman,ketrampilan,merencanakan,mempersiapkan dan melaorkan hasil kegiatan praktek kegiatan lapangan dengan baik,benar dan sistematis.
B.Tujuan Dan Manfaat.
Melalui kegiatan Studi lapangan (KSL) peserta  MGMP Guru Antroplogi SMA/MA Kota Malang ,dapat meningkatkan profesionalisme dalam mengembangkan dan meningkatkan,pemahaman,pengetahuan,ketrampilan sikap dan kepribadian agar agar lebih mengenal,menyakinkan ,mampu dan mantap dalam melaksanakan tugasnya.Adapun tujuannya adalah:
1.      Dengan studi lapangan peserta MGMP Guru Antroplogi SMA/MA Kota Malang ,dapat berlatih untuk memperoleh informasi dan data melalui wawncara,pengamatan dan pengalaman langsung mengenaiPesarehan Gunung Kawi dengan baik dan benar.
2.      Dengan mendengarkan informasi,wawancara,dan pengalaman langsung peserta pelatihan dapat mengidentifikasi data yang berhubungan dengan perkembangan kebudayaan (berhubungan dengan adaptasi akulturasi,inkulturasi,defusi) sistem religi,perkembangan kesenian,ilmu pengeahuan,dan teknologi dikehidupan masyarakat daerah Wonosari disekitar Gunung Kawi Kabupaten Malang.

Adapun Manfaat  Studi Lapangan ini adalah:
1.      Dengan diperolehnya pengalaman langsung mengenai Pesarehan Gunung Kawi dengan baik dan benar. maka diharapkan para peserta MGMP Guru Antroplogi SMA/MA Kota Malang dapat menginformasikan kembali kepada para siswanya masing-masing disekolah dengan baik dan benar.
2.      Dengan dapat mengidentifikasikan kehidupan masyarakat disekitar Pesarehan Gunung Kawi ,maka diharapkan para peserta MGMP Guru Antroplogi SMA/MA Kota Malang dapat menjelaskan kembali kepada para siswanya masing-masing disekolah dengan baik dan benar mengenai perkembangan kehidupan masyarakat . daerah Wonosari disekitar Gunung Kawi Kabupaten Malang








































.BAB II
HASIL KAJIAN

1.     Perkembangan Kebudayaan Masyarakat Gunung Kawi.
A.    Letak dan sejarah singkat berdirinya pesarean Gunung Kawi.
-          Pesarean gunung Kawi terletak kira-kira 40 km disebelah barat kota Malang Jawa Timur yang sejuk, dilereng sebelah selatn Gunung Kawi, terdapat sebuah makam yang terkenal dengan sebutan Pesarean “Gunung Kawi”.
-          Di Pesarean tersebut dimakamkan  dua tokoh kharismatik yang berasal dari Kraton Mataram, yakni Kanjeng  Kyai Zakaria II ( Mbah Djoego ) dan Raden Mas Iman Soedjono.
-          Kanjeng Kyai Zakaria II merupakan keturunan penguasa Mataram Kartasura yang memerintah pada abad ke 18 , sedangkan Raden Mas Iman Soedjono keturunan penguasa Keraton Mataram Yogyakarta yang memerintah pada abad yang sama
-          Kedua orang tokoh tersebut memiliki charisma , sifat-sifat yang baik, sebagai pendakwah ( Da’i) serta dengan dengan masyarakat kecil, khususnya masyarakat Jawa Timur. Mereka juga dihormati karena sifat-sifat patriotiknya sebagai pengikut setia Pangeran Diponegoro ketika perang penjajah Belanda mulai tgl 20 Juli 1825 sampai tanggal 28 Maret 1830 yang diakhiri dengan ditangkapnya Pangeran Diponegoro di Magelang.
-          Kemudian pengikut PangeranDiponegoro terpecah menjadi 3 Golongan
1.      Golongan lemah iman adalah kelompok yang menyerahkan diri dan mau bekerja sama dengan Belanda
2.      Golongan Ekstrim militan adalah golongan yang tetap melanjutkan perjuangan bersenjata secara gerilya dan sporadic di daerah-daerah pegunungan di bagian selatan  yaitu mulai daerah Yogyakarta sampai dengan Banyuwangi
3.      Golongan Eskapisme yaitu golongan yang dilandasi oleh sifat-sifat patriotic yang tinggi tetapi berfikir bijak dan berdasarkan logika serta perhitungan yang cermat( seperti Kanjeng Kyai Zakaria II  dan Raden Mas Iman Soedjono).
      Mbah Joego di padepokannya di Desa Sanan jugo, Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar pada hari Minggu legi malam Senin Paing pada jam 01.30 , tanggal 1 bulan selo tahun 1799 Dal, Kemudian jenazahnya di semayamkan semalam di rumah Raden Mas Iman soedjono dan dimakamkan pada hari kamis kliwon tanggal 25 januari 1871 di Gunung Kawi, pada malam harinya di pendopo makam diselenggarakan tahlil Akbar yang diikuti oleh seluruh pengikut mbah Raden Mas Iman Soedjono dan mbah Djoego, yang sampai saat ini masih menjadi tradisi masyarakat setempat.

B.  Pengertian Perkembangan Kebudayaan
      Manusia dan kebudayaan adalah dua hal yang selalu berhubungan. Manusia dengan kemampuan akal dan budinya telah mengembangkan berbagai macam system tindakan demi keperluan hidupnya. Berbagai macam system tindakan itulah yang akhirnya memunculkan keanekaragaman budaya, dan ini merupakan objek kajian serta analisa yang paling penting bagi ahli antropologi khususnya yang mendalami tentang ilmu etnografi.
      Suatu “daerah kebudayaan” atau “ culture area” merupakan suatu penggabungan atau penggolongan ( yang dilakukan oleh antropologi) dari suku-suku bangsa yang dalam masing-masing kebudayaannya yang beraneka warna dan mempunyai unsure dan cirri mencolok yang serupa (Koentrjaraningrat, 1984 : 271)
      Perkembangan budaya masyarakat Indonesia disebabkan oleh beberapa factor, diantaranya keadaan geografis wilayah Indonesia dan letak kepulauan Indonesia diantara dua benua dan dua samudera. Posisi dan bentuk wilayah Negara Indonesia yang kepulauan merupakan factor yang sangat besar pengaruhnya terhadap keanekaragaman suku bangsa di Indonesia.
      Dari perkembangan kebudayaan itu besar pengaruhnya terhadap keanekaragaman suku bangsa di Indonesia khusunya masyarakat Gunung Kawi yang berada di Kabupaten Malang yang disebabkan oleh beberapa factor yaitu :
a. Adaptasi         : Suatu proses penyesuaian dengan kebudayaan lain atau dengan masyarakat setempat
b. Akulturasi      : Proses social yang timbul apabila sekelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan pada unsure-unsur dari suatu kebudayaan asing sehingga unsure-unsur asing itu lambat laun diterima dan di olah ke dalam kebudayaan sendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan asli.
c. Enkulturasi     : Proses belajar dan menyesuaikan alam fikiran serta sikap terhadap adat, system norma, serta semua peratruran yang terdapat dalam kebudayaan suatau masyarakat.
d. Difusi             : Penyebaran unsure-unsur kebudayaan yang berdasarkan pertemuan antara individu-individu dari berbagai kelompok yang berbeda.

C.    Proses perkembangan kebudayaan masyarakat Gunung Kawi (berhubungan dengan adaptasi, akulturasi, enkulturasi dan difusi )
Pada dasarnya Masyarakat Wonosari di sekitar Gunung Kawi Kabupaten Malang terdapat 3 Etnis yaitu : Etnis Jawa, Tionghoa dan Madura. Ketiganya hidup berdampingan secara damai  masing-masing saling menghormati ( merupakan Bentuk adaptasi budaya ) , bila terdapat upacara-upacara selamatan dari berbagai etnis do’anya selalu memakai do’a agama Islam yang dipimpin oleh sesepuh dari tokoh agama Islam walaupun ritualnya merupakan percampuran antara kepercayaan lama maupun tradisi etnis tionghoa dengan agama Islam. Dari sini sudah menunjukkan adanya Akulturasi budaya ( Misalnya : Dalam pelaksanaan Do’a selalu disertai dengan membakar kemenyan maupun menabur bungan ).
Dalam kehidupan sehari-hari agar budaya tetap lestari maka masyarakat masing-masing etnis selalu mensosialisasikan/memperkenalkan kepada keturunannya sekaligus melakukan adaptasi terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Seiring dengan berjalannya waktu maka terjadilah proses difusi / persebaran budaya diantara ketiganya( Jawa , Tionghoa, Madura ) sehingga pada kenyataannya sekarang ini bisa kita lihat kehidupan yang unik dan khas di daerah tersebut.

2.     Sistem Religi Masyarakat Gunung Kawi
Menurut kamus besar bahasa Indonesia agama adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, Dewa atau nama lainnya. Agama diikuti dengan ajaran kebaktian dan kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.
            Kata agama berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti tradisi. Kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa latin yaitu dari kata re-ligare yang berarti mengikat kembali maksudnya bereligi akan membuat seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan.
a. Mitos
Masyarakat datang ke Gunung Kawi untuk berdoa, mencari berkah dan keselamatan dengan menggunakan tata cara agama masing-masing, tetapi yang dipakai kebanyakan adalah tata cara agama Islam sebagai bentuk toleransi dan kerukunan. Doa ini sifatnya ”betul-betul menghormati para leluhur” juga  bersifat religius (tempat melakukan ritual atau ibadah) untuk memohon sesuatu.
Gunung Kawi ramai didatangi masyarakat paling banyak pada hari Kamis kliwon malam jumat legi. Pada hari itu dianggap hari paling bertuah. Menurut cerita, hari kamis kliwon malam jumat legi merupakan hari dimana Eyang Sajugo kyai Zakaria (Raden Mas Suryo Kusumo) ditahlili ketika meninggal yang pada saat itu banyak yang berdatangan untuk ikut mendoakan Eyang Jugo atau yang disebut tahlil akbar sehingga hari kamis kliwon jumat legi dikeramatkan menyebabkan banyak pengunjungnya. Hari lain yang dikeramatkan adalah malam 1 suro, minggu legi, rabu wage.
Pohon Dewandaru dipercaya sebagai pohon bertuah yaitu sebagai batu uji lambang keberhasilan. Mereka yang percaya menganggap bahwa barang siapa yang kejatuhan buahnya pohon dewandaru tersebut maka akan mendapatkan rezeki.
Sistem kepercayaan
b. Tata cara berdoa yang dilakukan pengunjung:
Pengunjung mendatangi makam untuk berdoa atau meminta sesuatu dengan membawa bunga. Keluar dari makam diberi bunga layu (kembang layon), setelah keluar pengunjung menunggu dibawah pohon Dewandaru untuk menunggu biji atau daun yang jatuh. Jatuhnya biji atau daun dipercaya apa yang diinginkan terkabul. Pemimpin upacara namanya juru kunci.Makam Eyang Jugo (pangeran  dari Jogjakarta) diperlakukan seperti seorang Pangeran untuk menghormati misalnya berjalan sambil duduk menuju ke makam.
c. Kepercayaan di masyarakat Gunung Kawi.
Sebagian besar orang Gunung Kawi beragama Islam, Budhha dan Kong Hu Tju. Selain itu ada kepercayaan asli yang bersifat animisme yang berakulturasi dengan agama lainnya. Masing-masing kepercayaan bersanding bersamaan dengan damai atau bersinkretisme.
d. .SIMBOL yang digunakan tata cara upacara.
Simbol yang ada di makam :
  • Tali dibentuk seperti tunas kelapa mengandung arti yaitu ada kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.
  • Payung melambangkan keteduhan bahwa dalam berdoa memberikan keteduhan.
  • Lampu menyala sepanjang hari dilambangkan terus menerangi.
  • Dua buah guci kuno yang diberi nama Janjam merupakan peninggalan mbah Jugo yang sering digunakan untuk mengobati orang-orang sakit dengan cara memberikan air yang diambil dari dalam guci tersebut.
  • Tasbih , dupa, sesaji, bunga, api, cangkir, air,
  • Relief yang bermotif yang bergambar singa artinya menenangkan batin.

e. Tempat-tempat ibadah yang ada di masyarakat gunung Kawi :
  1. Masjid Al Mukharomah terletak disebelah kiri makam berfungsi untuk memenuhi hasrat penduduk setempat sebagai tempat beribadah.
  2. Masjid Agung Iman Sujono terletak 500 meter antara Pasarehan dan Padepokan Raden Mas Sujono.
  3. Tempat peribadatan Dewi Kwan Im serta Ciamci khusus disediakan untuk pengunjung yang beragama Buddha atau tri darma.

3.     Perkembangan Kesenian Masyarakat Gunung Kawi
                           Kesenian yang berkembang di daerah sekitar pesarean Gunung Kawi  desa Wonosari kecamatan Wonosari kabupaten Malang Jawa Timur diantaranya adalah :
a.       Wayang Kulit
Kesenian wayang kulit yang dikembangkan dan dilestarikan oleh masyarakat di sekitar pesarean dan oleh pihak yayasan pengelola pesarean Gunung Kawi adalah wayang kulit yang berasal dari Surakarta dan Yogyakartahadiningrat yang merupakan daerah dari Eyang Djoego dan Imam Soejono. Hal ini nampak dari pakaian yang dikenakan oleh pengurus Yayasan Pesarean Gunung Kawi. Pertunjukan wayang kulit tersebut digelar pada saat memperingati hari dimakamkannya Mbah Djoego pada hari Jumat Legi dan mencapai puncaknya pada tanggal 12 bulan Sura (Muharam) tiap-tiap tahun, yang digelar pada malam hari sampai menjelang pagi (semalam suntuk). Pagelaran wayang tersebut juga dilakukan oleh orang-orang tertentu sebagai ungkapan rasa syukur atas terkabulnya doa yang mereka panjatkan.
b.      Tahlil Akbar
Tahlil akbar dilakukan pada malam Jumat Legi di Pendopo makam Mbah Djoego, Dalam acara tersebut mengadakan tahlilan yang dihadiri oleh masyarakat sekitar pesarean dan pengunjung pesarean. Acara tersebut mencapai puncaknya tanggal 12 bulan Suro (Muharam) yaitu upacara khusus untuk memperingati wafatnya Raden Mas Soedjono.
c.             Barong Sae
Pertunjukan barong sae merupakan wujud akulturasi antara budaya cina dan budaya masyarakat setempat dan dilombakan antar masyarakat setempat sebagai hiburan dan sebagai wujud penghormatan terhadap Mbah Djoego (Twa Law She / guru besar pertama) dan Eyang Imam Soejono (Djie Law She / guru besar kedua).
d.            Kuda Lumping
Kesenian kuda lumping lebih banyak dilakukan oleh warga masyarakat sekitar pasarean ini tidak ada hubungannya dengan pasarean tersebut. Untuk seni kuda lumping dilakukan oleh warga masyarakat sekitar pasarean pada event-event tertentu.Misalnya memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, Grebeg Suro, dan kegiatan yang lain. Pada saat pertunjukan kuda lumping dilengkapi dengan alat-alat tadisional mulai dari gong, bende, bonang, saron, dan kemenyan yang dibakar di atas api pekuburan, Ini juga disertai dengan adanya kekuatan mistik
e.             Kerajinan rakyat
Selain seni pertunjukan seperti wayang kulit, tahlil akbar, barong sae dan kuda lumping, masyarakat yang tinggal sekitar pasarean gunung Kawi juga telah mengembangkan seni anyaman, ukiran, batu permata,keramik, tanaman hias dan lain-lain.

4.     Sistem Mata Pencaharian Masyarakat Gunung Kawi
a.            Letak Geografis
Secara geografis terletak tepatnya di lereng sebelah selatan gunung Kawi di wilayahWonorejo kabupaten Malang provinsi Jawa Timur.  Wilayah ini berada di dataran tinggi,tanahnya berupa tegalan dan tidak bisa diairi  oleh irigasi modern sehingga kebutuhab airnya tergantung dari datangnya hujan .tanahnya sangat labil rawan longsor bila musim hujan tiba.Kondisi geografis yang seperti ini sangat berpengaruh terhadap mata pencaharian bagi penduduknya .

b.            Kondisi Penduduk
Penduduk Yang tinggal disekitar Gunung Kawi bearaneka ragam yakni masyarakat jawa khususnya wilayah Blitar,Malang,yogyakarta,Kediri ada juga ras Tiong Hoa.Status kependudukanya sebagaian besar sebagai penduduk tetap tetapi ada juga yang sifatnya tinggal sementara.

      c.   Kondisi Sosialnya
Masyarakat yang tinggal di Gunung Kawi secara sosial bisa dikelompokan menjadi  kelompok kelas atas terdiri dari bangsawan (keturunan Eyang Judo dan Iman Sujono),kemudian keleas menengah terdiri dari Pegawai Negeri,Militer,Polisi,pedagang besar (saudagar),diikuti oleh dibawahnya yakni petani,pedagang asongan,jual jasa dan sejenisnya. Satu lagi aspek sosial yang menarik dari kawasan ini adalah masalah pembauran. Heterogenitas pengunjung Pesarean ternyata turut serta mempererat jalinan interaksi antar etnik, sehingga masalah pembauran seolah-olah sudah menjadi satu bagian dari aktifitas dan dinamika masyarakat dikawasan Pesarean tersebut.

d. Sistem Mata Pencaharian
Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian petani juga ada sebagai pedagang sedangkan yang lainnya bermata pencaharian pengusaha rumah penginapan, pegawai dan lainnya sebagai pengemis musiman.
      - Yang bekerja sebagai pedagang terdiri dari
a.       Sebagai pedagang tetap, berdagang di toko sendiri
b.      Sebagai pedagang yang menyewa toko
c.       Sebagai pedagang asongan
d.      Sebagai penjual jasa, seperti : tukang pijat, peramal/ ahli nujum.
e.       Sebagai buruh
f.       Sebagai tukang batu
g.      Sebagai sopir
h.      Tukang ojek
Jadi secara tidak langsung Popularitas Pesarean Gunung Kawi dan frekuensi kunjungan yang tinggi dari para pengunjung Pesarean yang berjumlah besar telah memacu aktifitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar Pesarean tersebut.
Pasar yang ada disebelah Selatan Pesarean menjadi semarak. Disisi jalan masuknya Kepesarean masyarakat :
Membuka Kios menjual barang-barang hasta karya lokal, sepeti:
            a. Anyam-anyaman
            b. Ukir-ukiran
            c. Batu Permata
            d. Keramik
            e. Tanaman Hias
            f. Lain-lain
Para remaja putri dan kaum wanita dibalik kios-kios yang mungil menawarkan bunga-bunga untuk ditaburkan dimakam atau untuk upacara peribadatan.  Senyum mereka yang ramah dan prilaku yang sopan agaknya akan mampu menghapus perasaan was-was yang mungkin timbul dari perasaan ”Angker” akan istilah ”Makam” atau Pesarean.
Menarik pula untuk dinikmati dipelataran Pesarean hasil bumi yang spesifik dari daerah setempat, misalnya :
a.       Ketela Rambat
b.      Jagung rebus dan Bakar
c.       Pisang
d.      Apel Malang
e.       Dan sebagainya
Ditempat yang sama dapat pula dinikmati makanan khas daerah setempat seperti ;
a.       Nasi Pecel
b.      Gudeg
c.       Urap-Urap
d.      Nasi Jagung dengan sayur lodeh
e.       Ketan lapis
f.       Dan Lain-lain
Yang diperoleh dengan harga relatif murah.Disamping itu juga tersedia restoran-restoran yang menyediakan makanan-makanan Indonesia dan Tiong Hoa. Tersedia pula toko-toko kelontong diperalatann komplek Pesarean.  Fasilitas ini masih dilengkapi dengan hotel-hotel mulai dari yang sederhana sampai dengan yang lebih Representatif.
Ringkas kata kawasan sekitarn komplek Pesarean tersebut sudah mulai tumbuh seperti kota mini yang lengkap dengan berbagai fasilitas.













































LAMPIRAN FOTO MATA PENCAHARIAN PENDUDUK PESAREAN GUNUNG KAWI DESA WONOSARI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN DATI II MALANG








Foto0656



Foto0657











Foto0652



Foto0655
Foto0653



Foto0654




5.     Organisasi Sosial Masyarakat Gunung Kawi
RM Iman Soedjono dan Eyang Djoego (Kyai Zakarya II ) adalah dua sosok yang dimakamkan di Pasanggrahan Gunung Kawi. Mereka bagian dari Lasykar Diponegoro yang dikenal sebagai Golongan Eskapisme Makam yang terletak di kaki gunung Kawi ini berupa bangunan rumah. Pasarehan Gunung Kawi dikelola oleh sebuah yayasan yang didirikan oleh ahli waris Eyang RM  Iman Soedjono dengan nama Yayasan Pengelola Pasarehan Gunung Kawi NGESTI SUGONDO, Pengelolaan Yayasan seluruhnya ditangani oleh keturunan RM Iman Soedjono dan Eyang Djoego.
Yayasan ini berdomisili di desa Wonosari, Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Jawa Timur. Yayasan ini tidak mempunyai cabang atau perwakilan. Sedang secara struktural pemerintahan desa di Wonosari ini berlaku seperti lazimnya desa-desa lain di Indonesia. Yaitu Desa terbagi menjadi sejumlah dusun, setiap dusun terbagi menjadi sejumlah RW dan setiap RW terbagi menjadi sejumlah RT. Selain itu di desa Wonosari terbentuk sejumlah organisasi kemasyarakatan yang bersifat paguyuban dan fungsional misalnya kelompok PKK, kelompok Arisan, dan kelompok  pengajian
Salah satu bagian dari Lasykar Diponegoro yang dikenal sebagai Golongan Eskapisme artinya golongan yang berpandangan luas jauh kedepan, yaitu mereka yang masih dilandasi oleh sifat-sifat patriotisme yang tinggi, tetapi pola berpikirnya cukup bijak, berdasar pada logika dan penuh perhitungan. sampai di Wonosari sebagai cikal bakal penduduk desa Wonosari. Keturunan RM Iman Soedjono dan Eyang Djugo inilah yang selanjutnya sebagai pengelola Yayasan NGESTI SUGONDO.
Yayasan NGESTI SUGONDO ini terdiri dari seorang Juru Kunci yang dibantu oleh para Ampeyan atau pembantunya seperti keamanan / Satpam dan penjaga kebersihan lingkungan pesanggrahan. Dibawahnya lagi ada sejumlah orang yang bertugas memenuhi permintaan sesaji dari para peziarah. Secara hak penguasaan lahan dan pemukiman pesanggrahan dan sekitarnya dikuasai oleh keturunan  RM Iman Soedjono dan Eyang Djoego (Kyai Zakarya II ) Sedang para pendatang lain termasuk warga etnis Tionghwa berstatus sebagai penyewa. Namun warga etnis Tionghwa ini punya peran yang besar.
Peran besar etnis Tionghwa ini antara lain telah memberikan banyak kontribusi pengembangan fasilitas fisik yang nakin baik, dan membuka sejumlah lapangan kerja bagi warga setempat. Bahkan tidak sedikit anak keturunan dan kerabat dari RM Iman Soedjono dan Eyang Djoego yang menjadi anak asuh dan disekolahkan sampai mendapat pekerjaan di lingkungan perusahaan warga etnis Tionghwa
6.     Makna dan Simbol-Simbol Yang Ada Masyarakat Gunung Kawi
          Gunung Kawi merupakan tempat untuk mencari kekayaan dalam dimensi spiritual. Sebenarnya bukanlah Gunung Kawi yang membuat tempat ini terkenal, tetapi adanya sebuah kompleks  pemakaman di lereng  selatan yang dikeramatkan, yaitu makam Eyang Kyai Zakaria alias Eyang Jugo, dan Raden Mas Imam Sujono, alias Eyang Sujo. Penduduk setempat menyebut area pemakaman tersebut dengan nama ‘Pesarean Gunung Kawi’.
            Mitos pesugihan Gunung Kawi memang dikenal sebagai tempat untuk mencari kekayaan (pesugihan). Konon, barang siapa melakukan ritual dengan rasa kepasrahan dan  pengharapan yang tinggi maka akan terkabul permintaannya, terutama oleh mereka yang sudah merasakan “berkah” berziarah ke Gunung Kawi.
Biasanya lonjakan masyarakat yang melakukan ritual terjadi pada hari Jumat legi (hari pemakaman Eyang Jugo) dan tanggal 12 bulan Suro (memperingati wafatnya Eyang Sujo). Ritual dilakukan dengan meletakan sesaji, membakar dupa dan bersemedi selama berjam-jam, berhari-hari bahkan hingga berbulan-bulan. Di dalam bangunan makam, pengunjung tidak boleh memikirkan sesuatu yang tidak baik  serta disarankan  untuk mandi  keramas sebelum berdoa di depan makam. Hal ini menunjukkan symbol  bahwa  pengunjung harus suci lahir dan batin sebelum berdoa. Pada saat ritual, mereka berjalan berlawanan arah jarum jam mengelilingi pendopo sebanyak tujuh kali, dengan setiap saat  berhenti di depan pintu sisi utara, timur, selatan dan barat, sambil menghormat ke dalam makam.  Setelah doa dalam bahasa Jawa dan Arab digumamkan, biasanya para peziarah  akan mendapat bunga layon (bunga layu) yang sudah ditaburkan dari makam. Kabarnya  bunga tersebut memiliki khasiat  pembawa rejeki dan pengobatan. Ditempatkan di kantung merah dan kuning yang bergambar lambang Pakua dan bertuliskan huruf  Tionghoa yang merah cocok  untuk ditempatkan di tempat usaha, sedangkan yang kuning dibawa pulang untuk digunakan di dalam rumah.
Bila dilihat dari simbolismenya, acara selamatan  yang dilakukan oleh para peziarah di Gunung Kawi tidak berbeda dengan bentuk-bentuk selamatan  di banyak wilayah kebudayaan Jawa lainnya.  Warga membuat berbagai symbol dan perangkat sesaji.
Simbol dan makna sesaji dalam selamatan :
a.       Jajan pasar :  tempat keramaian
  1. Tujuh kain beraneka ragam motif : kekayaan
  2. Tebu : agar tidak kemasukan barang yang tidak halal
  3. Pisang : cita-cita
  4. Daun beringin : pelindung
  5. Lepet: memiliki kesadaran
  6. Aneka ragam jenang : keselamatan
  7. Janur : sudah melaksanakan nadzar (janji)
  8. Kelapa : terbebas dari bala (bencana)
  9. Jenang sengkolo : menolak bala
  10. Sego punar : agar orang memiliki kesadaran
  11. Tumpeng tutul : tolak bala, melebur sengkolo
  12. Membakar dupa : permintaan
  13. Menyan : cepat-cepat
  14. Lilin : kebanggaan (semakin besar lilin, semakin tinggi stratanya)
Sedangkan simbol yang terdapat di pesarean dapat dilihat, Pertama, adanya ukiran singa dengan mulut tertutup yang terdapat di pintu masuk, hal ini mempunyai makna bahwa orang yang datang ke makam akan memperoleh ketenangan batin. Kedua, adanya tali di depan pintu makam Eyang  Kyai Zakaria II atau Eyang Djoego dan Raden Mas Iman Soedjono atau Eyang Soedjo yang berbentuk tunas kelapa sebagai simbol kehidupan manusia yang selalu tumbuh dan berkembang dan dapat bermanfaat bagi semua orang. Ketiga, adanya payung yang mempunyai  makna adanya keteduhan yang akan diperoleh ketika berziarah ke makam kedua Eyang tersebut. Dan yang tidak kalah penting adalah keempat, yaitu adanya lampu tradisional (petromaks) yang selalu menyala yang melambangkan adanya kelestarian kebudayaan tradisional. Dan benda terakhir yang memiliki makna adalah ditemuinya jam gandul yang terdapat di setiap sudut ruangan makan dengan jumlah 27 buah. Semua jam tersebut merupakan pemberian dari para pengunjung yang doanya terkabul. Mereka memberikan jam tentunya memiliki makna tersendiri, yaitu bahwa jam mempunyai makna agar apa yang telah mereka peroleh khusunya rezeki tidak akan berhenti sama halnya dengan jarum jam yang selalu berputar terus menerus.
            Selain pesarean sebagai focus utama tujuan para pengunjung, terdapat tempat-tempat lain yang dikunjungi karena ‘dikeramatkan’ dan dipercaya mempunyai kekuatan magis untuk mendatangkan keberuntungan, antara lain :
1.      Rumah Padepokan Eyang Sujo, rumah padepokan ini semula dikuasakan kepada pengikut  terdekat Eyang  Sujo yang bernama Ki Maridun. Di tempat ini terdapat berbagai peninggalan yang dikeramatkan  milik Eyang Sujo, antara lain adalah  bantal dan guling yang berbahan batang pohon kelapa, serta tombak pusaka semasa perang Diponegoro.
  1. Guci kuno, dua buah guci kuno ini dipakai untuk menyimpan air suci untuk pengobatan. Masyarakat sering menyebutnya dengan nama “janjam”. Istilah ini disamakan dengan air zamzam dari Padang Arafah yang memiliki aneka khasiat. Guci kuno ini sekarang diletakkan di samping kiri pesarean. Masyarakat menyakini bahwa dengan meminum dari guci ini akan membikin seseorang menjadi awet muda
  2. Pohon Dewandaru. Di area pesarean terdapat pohon yang dianggap mendatangkan keberuntungan. Pohon ini disebut pohon Dewandaru (pohon kesabaran). Eyang Jugo dan Eyang Sujono menanam pohon ini sebagai perlambang daerah ini aman. Untuk mendapat “symbol perantara kekayaan” para peziarah, menunggu dahan, buah, dan daun yang jatuh dari pohon. Begitu ada yang jatuh mereka langsung berebut untuk memanfaatkannya sebagai jimat. Biasanya daun itu dibungkus dengan selembar uang kemudian disimpan dalam dompet. dan bila kejatuhan buah maka kulitnya direbus lalu diminum akan dapat menyembuhkan penyakit, sedangkan bijinya disimpan untuk mendapatkan berkah Namun yang mendapat daun dan buah Dewandaru diperlukan kesabaran. Hitungannya bukan  hanya jam, bisa berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Bila harapan mereka terkabul para peziarah akan datang lagi ke Gunung Kawi untuk melakukan selamatan.
  3. Tiga buah kelenteng kecil. Di ketiga kelenteng ini diisi Dewa Bumi ( Ti Kong ), Dewi Kuan Im dan kelenteng khusus untuk Ciam-si (ramalan). Lilin-lilin besar yang tingginya kurang lebih antara 50 cm sampai 2 meter atau lebih berjejer-jejer sejumlah 28 buah terdiri dari 24 buah disamping kanan dan 24 buah disamping kiri. Di permukaan lilin tertulis pemiliknya yaitu nama-nama perusahaan atau keluarga-keluarga tertentu.






























BAB.III
PENUTUP
1.     Kesimpulan
1.     Berdasar hasil kajian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :
a.       Masyarakat Wonosari di sekitar Gunung Kawi Kabupaten Malang terdapat 3 Etnis yaitu : Etnis Jawa, Tionghoa dan Madura. Ketiganya hidup berdampingan secara damai  masing-masing saling menghormati (Bentuk adaptasi budaya ) ,
b.      Upacara-upacara selamatan dari berbagai etnis do’anya selalu memakai do’a agama Islam yang dipimpin oleh sesepuh dari tokoh agama Islam walaupun ritualnya merupakan percampuran antara kepercayaan lama maupun tradisi etnis tionghoa dengan agama Islam. Misalnya : Dalam pelaksanaan Do’a selalu disertai dengan membakar kemenyan maupun menabur bungan  (bentuk Akulturasi budaya )
c.        Dalam kehidupan sehari-hari agar budaya tetap lestari maka masyarakat masing-masing etnis selalu mensosialisasikan/memperkenalkan kepada keturunannya sekaligus melakukan adaptasi terhadap lingkungan tempat tinggalnya. ( proses difusi / persebaran budaya)
2. Kepercayaan di masyarakat Gunung Kawi.
Sebagian besar orang Gunung Kawi beragama Islam, Budhha dan Kong Hu Tju. Selain itu ada kepercayaan asli yang bersifat animisme yang berakulturasi dengan agama lainnya. Masing-masing kepercayaan bersanding bersamaan dengan damai atau bersinkretisme.
3. Kesenian yang berkembang di daerah sekitar pesarean Gunung Kawi  desa Wonosari kecamatan Wonosari kabupaten Malang Jawa Timur diantaranya adalah :Wayang Kulit,Tahlil Akbar,Barong Sae,Kuda Lumpingdan Kerajinan rakyat.
4. Mata pencaharian Penduduk Wonosari  sebagai petani , pedagang , pengusaha rumah penginapan, pegawai dan lainnya sebagai pengemis musiman.
5.  Organisasi Sosial Masyarakat Gunung Kawi
Yayasan Pengelola Pasarehan Gunung Kawi NGESTI SUGONDO, Pengelolaan Yayasan seluruhnya ditangani oleh keturunan RM Iman Soedjono dan Eyang Djoego
7.      Mitos pesugihan Gunung Kawi memang dikenal sebagai tempat untuk mencari kekayaan (pesugihan). Sedangkan simbol –simbol dapat dilihat: Pertama, adanya ukiran singa dengan mulut tertutup yang terdapat di pintu masuk, hal ini mempunyai makna bahwa orang yang datang ke makam akan memperoleh ketenangan batin.
Kedua, adanya tali di depan pintu makam Eyang  Kyai Zakaria II atau Eyang Djoego dan Raden Mas Iman Soedjono atau Eyang Soedjo yang berbentuk tunas kelapa sebagai simbol kehidupan manusia yang selalu tumbuh dan berkembang dan dapat bermanfaat bagi semua orang.
Ketiga, adanya payung yang mempunyai  makna adanya keteduhan yang akan diperoleh ketika berziarah ke makam kedua Eyang tersebut.
Keempat, yaitu adanya lampu tradisional (petromaks) yang selalu menyala yang melambangkan adanya kelestarian kebudayaan tradisional.
Kelima , jam gandul memiliki makna agar apa yang telah mereka peroleh khususnya rezeki tidak akan berhenti sama halnya dengan jarum jam yang selalu berputar terus menerus.
Keenam berupa peninggalan Eyang Sujo meliputi :
a. bantal dan guling yang berbahan batang pohon kelapa, serta tombak pusaka semasa perang Diponegoro, merupakan benda yang dikeramatkan.
b. Guci kuno, dua buah guci kuno ini dipakai untuk menyimpan air suci untuk pengobatan.. Masyarakat menyakini bahwa dengan meminum dari guci ini akan membikin seseorang menjadi awet muda
c.       Pohon Dewandaru. Di area pesarean terdapat pohon yang dianggap mendatangkan keberuntungan.
d.      Tiga buah kelenteng kecil. Di ketiga kelenteng ini diisi Dewa Bumi ( Ti Kong ), Dewi Kuan Im dan kelenteng khusus untuk Ciam-si (ramalan).
2.            Saran- saran.
Penelusuran informasi kegiatan studi lapangan ke Gunung Kawi yang dlaksanakan dalam waktu yang relatip singkat  maka hasil laporan  disadari masih sangat jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu perlu untuk dikaji lebih jauh khususnya sumber-sumer informasi yang representatip agar studi lapangan yang mendatang dapat mendekati kesempurnaan. Sejalan dengan itu khususnya pada kegitan studi lapangan yang akan datang peserta perlu dibekali ketrampilan untuk menggali  sumber informasi yang sedikit banyak dapat mengungkap fakta- fakta informasi yang lebih dapat dipertanggungjawabkan
































LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
STUDI LAPANGAN MGMP ANTROPOLOGI
KE MASYARAKAT GUNUNG KAWI MALANG.

1.SK Panitia Studi Lapangan MGMP Antropologi Kota Malang
PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
MGMP ANTROPOLOGI KOTA MALANG
Jl. Tanimbar No 24 Malang 65117, Telp (0341) 364580, Fax (0341)348498

KEPUTUSAN
Pembina MGMP Antropologi Kota  Malang

Nomor : 01/MGMP/SOS-ANT/XII /2011

Tentang

PANITIA STUDI LAPANGAN ANTROPOLOGI KOTA MALANG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Pembina MGMP Antropologi Kota  Malang
a.       Bahwa  demi kelancaran Studi Lapangan MGMP ANtropologi dipandang perlu membentuk Panitia.
b.      Bahwa personel yang namanya tercantum pada lampiran Surat Keputusan ini dianggap mampu melaksanakan tugas-tugas kepanitiaan.
Mengingat    :
1.      Undang Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.
2.      Undang Undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah..
3.      Keputusan Pembina MGMP Antropolgi Kota Malang Nomor: 01/MGMP/SOS-ANT/XII /2011 Tentang Panitia Studi Lapangan MGMP Antropologi Tahun 2010/2011
Memperhatikan :
1.      Rencana Kerja Pembina MGMP Antropolgi Kota Malang tahun pelajaran 2010/2011
2.      Kalender Pendidikan tahun pelajaran  2010/2011

MEMUTUSKAN
Menetapkan :
Pertama          :   Susunan Panitia Studi Lapangan MGMP Antropologi Tahun 2010/2011ebagaimana tercantum dalam lampiran 1 Surat Keutusan ini.                        
Kedua            :   Rincian Tugas Panitia Studi Lapangan MGMP Antropologi tahun pelajaran 2010/2011 sebagaimana tercantum dalam lampiran 2 Surat Keutusan ini                      
Ketiga            :   Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini di kemudian hari  akan dibetulkan sebagaimana mestinya.
                                                                                           
                                                                                    Ditetapkan di : Malang
                                                                                            Pada tanggal  : 2 Januari    2011
Tembusan Kepada Yth.                                                Pembina MGMP Antropologi
  1. Kadinas Pendidikan Kota Malang
  2. Pengawas Kota Malang
  3. Yang bersangkutan
  4. Arsip                                                                       Drs.Supriyono M.Si                                                                                                             NIP.195708031982011003
                                                                



                                    Lampiran 1      : SK Pembina MGMP Antropologi Kota Malang

                                    Nomor             : 01/MGMP/SOS-ANT/XII /2011

                                   Tanggal            : 2  Januari  2011

SUSUNAN PANITIA
STUDI LAPANGAN MGMP ANTROPOLOGI
KOTA MALANG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

JABATAN DALAM PANITIA
N A M A
KETERANGAN
Penanggung Jawab

Ketua Pelaksana
Sekretaris
Bendahara

Anggota :
  1. Sie Transportasi
  2. Sie Konsumsi
  3. Sie Dokumentasi
Drs.Supriyono M.Si                            

Dra.Dwi Iriani MPd
Drs.Heru Nugroho
Dra Sri Hidayati

Kukuh W SPd
Dra.Endah Risti N
Drs.Irenius
Pembina MGMP Antropologi

Guru SMA Negeri 4 Malang
Guru  SMA Negeri 5 Malang
Guru  MA Negeri 1 Malang


Guru  SMAK Santa Maria Malang
Guru  SMAK Taman Madya Malang
Guru  SMAK Albertus Malang
                                                                                                Malang, 2 Januari 2011                                                                                          
                                                                                                  Kepala Sekolah
123
                                                                                                  Drs.Supriyono M.Si                     NIP.195708031982011003






  
                                                      Lampiran 2 : SK Kepala
 SMA Negeri 5 Malang











RINCIAN TUGAS PANITIA
STUDI LAPANGAN MGMP ANTROPOLOGI
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

  1. PENANGGUNG  JAWAB
1.1  Mempertanggung jawabkan pelaksanaan Studi Lapangan MGMP Antrpologi tahun pelajaran 2010/2011.kepada atasan :
1.1.1        Ka Dinas Pendidikan Kota Malang.
1.1.2        Pengawas Dikmenum Wilayah Malang
1.2  Menerbitkan SK Panitia Studi Lapangan MGMP Antrpologi Kota Malang tahun pelajaran . 2010/2011
1.3  Memberi petunjuk kepada panitia berdasarkan ketentuan yang berlaku.

  1. KETUA PELAKSANA
2.1  Mengkoordinir pelaksanaan Studi Lapangan MGMP Antrpologi Kota Malang tahun pelajaran. 2010/2011
2.2  Bertanggung jawab kepada Pembina MGMP Antrpologi Kota Malang selaku penanggung jawab Studi Lapangan tahun pelajaran 2010/2011
2.3  Bersama Sekretaris membuat laporan pelaksanaan Studi Lapangan MGMP Antrpologi Kota Malang tahun pelajaran 2010/2011
2.4  Mendampingi panitia mulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaaan hingga tahap penyelesaian/pelaporan

  1. SEKRETARIS
3.1  Membantu tugas-tugas ketua dalam bidang kesekretariatan :
3.1.1        Penetapan  tempat duduk  peserta Studi Lapangan MGMP Antrpologi tahun pelajaran 2010/2011 
3.1.2        Bersama  ketua menyusun laporan pelaksanaan Studi Lapangan MGMP Antrpologi  Kota Malang tahun pelajaran .. 2010/2011
3.1.3        Mengarsipkan seluruh berkas kegiata Studi Lapangan MGMP Antrpologi  Kota Malang tahun pelajaran .. 2010/2011
3.2  Bertanggung jawab atas tugasnya
3.3  Membantu tugas panitia yang lain

  1. BENDAHARA
4.1  Bersama ketua merencanakan anggaran yang dibutuhkan yang selanjutnya dikonsultasikan kepada Pembina MGMP Antrpologi  Kota Malang untuk mendapatkan persetujuan.
4.2  Menerima, membukukan, menyimpan semua biaya anggaran yang telah ditentukan
4.3  Dengan seijin Pembina MGMP Antrpologi  Kota Malang untuk mengeluarkan uang sesuai rencana anggaran yang ditetapkan.
4.4  Bersama sekretaris membagi kartu peserta ulangan (kartu diberikan kepada siswa ybs apabila sudah melunasi iuran rutin sampai dengan akhir semester)
4.5  Bertanggung jawab atas tugasnya
4.6  Membantu tugas panitia yang lain

  1. SEKSI TRANSPORTASI
5.1  Bertanggung jawab terhadap : penggandaan, Transportasi Studi Lapangan MGMP Antropologi Kota Malang tahun pelajaran 2010/2011
5.2  Bersama ketua dan bendahara merencanakan anggaran Transportasi yang  diperlukan. yang  selanjutnya diajukan kepada Pembina MGMP Antropologi Kota Malang  selaku   penanggung jawab
5.3  Membuat laporan yang selanjutnya diserahkan kepada ketua/sekretaris,    
       selanjutnya digunakan untuk menyusun laporan      
5.4  Bertanggung jawab atas tugasnya
5.5  Membantu tugas panitia yang lain.

  1. SEKSI DOKUMENTASI
6.1  Membuat Dokumentasi Gambar/Vidio saat kegiatan studi lapangan berlangsung dari awal sampai akhir kegiatan
6.2  Membuat laporan yang selanjutnya diserahkan kepada ketua/sekretaris, selanjutnya digunakan untuk menyusun laporan      
6.3  Bertanggung jawab atas tugasnya
6.4  Membantu tugas panitia yang lain

  1. SEKSI KONSUMSI
7.1    Bersama ketua dan bendahara merencanakan anggaran kosumsi yang  diperlukan. yang  selanjutnya diajukan kepada Pembina MGMP Antropologi Kota Malang  selaku   penanggung jawab.     
7.2  Menyiapkan konsumsi peserta Studi Lapangan MGMP Antropologi Kota Malang  
7.3  Membuat laporan yang selanjutnya diserahkan kepada ketua/sekretaris,    
         selanjutnya digunakan untuk menyusun laporan        
7.4  Bertanggung jawab atas tugasnya
7.5  Membantu tugas panitia lainnya





                                                                        Malang, 2 Januari 2011                                                                                          
                                                                         Pembina MGMP Antropologi Kota Malang
123
                                                                                 Drs. Supriyono, M.Si                      
NIP. 195708031982011003

        










                
2.Anggaran Studi Lapangan Ke Gunung Kawi Malang
MGMP Antropologi Kota Malang
Tahun 2010-2011




No
Uraian
Jumlah Anggaran
Asal Dana
1
Transport angkutan 4 X Rp.600.000
 Rp  2.400.000,00
Block grant
2
Transport Peserta 40 x Rp.40.000
 Rp   1.600.000,00
Block grant
3
Konsumsi Peserta 40 Orang


a.
Nasi Kotak 40  x  Rp.15.000
 Rp 750.000,00
MGMP Antropologi
b
Minum Aqua 4 Dos  a Rp.15000
 Rp   60.000,00
MGMP Antropologi
c
Snack 45  X Rp 5000
 Rp 225.000,00
MGMP Antropologi
d
Permen 4 Bungkus a Rp.7500
 Rp    30.000,00
MGMP Antropologi
4
Dokumentasi
 Rp 135.000,00
MGMP Antropologi
5
Akomodasi Sopir 4 x 100 000
 Rp 400.000,00
Block grant
6
Tambahan Transport Panitia 6 a Rp50 000
 Rp 300.000,00
MGMP Antropologi

 Transport Pembina MGMP Rp.100.000
 Rp.100.000,00
MGMP Antropologi


 Rp   6.000.000,00

Malang,2 Januari 2011
Mengetahui
Pembina MGMP Antropologi                                     Ketua MGMP Antropologi




  Drs. SUPRIYONO,M.Si                                         Dra. DWI IRIANI, M.Pd
NIP : 19570803 198201 1 003                                 Nip : 19630624 198903 2 005
















3..Transport Peserta Studi Lapangan Ke Masyarakat Gunung Kawi
   MGMP Antropologi Kota Malang
   Tahun 2010-2011

No
Nama
Asal Sekolah
Transport
Tanda Tangan
1
Drs.Pitono
SMA NEGERI 1 MALANG
 Rp 40.000,00

2
Dra.Nova Rini Kusumawati
SMA NEGERI 2 MALANG
 Rp  40.000,00

3
Dra.Anisatul.Mucayaroh
SMA NEGERI 2 MALANG
 Rp  40.000,00

4
Drs.Hartono
SMA NEGERI 3 MALANG
 Rp 40.000,00

5
Dra.Dwi Iriani
SMA NEGERI 4 MALANG
 Rp 40.000,00

6
Drs.Heru Nugroho
SMA NEGERI 5 MALANG
 Rp 40.000,00

7
Dedy Pambela SPd
SMA NEGERI 5 MALANG
 Rp 40.000,00

8
Safi Indiarty SPd.
SMA NEGERI 6 MALANG
 Rp 40.000,00

9
Dra.Etsa Agustussi
SMA NEGERI 6 MALANG
 Rp  40.000,00

10
Hariatus Suhra SPd
SMA NEGERI 6 MALANG
 Rp  40.000,00

11
Drs.Panjilmo Putro Msi
SMA NEGERI 7 MALANG
 Rp 40.000,00

12
Drs.Bambang SP
SMA NEGERI 8 MALANG
 Rp 40.000,00

13
Dra.Dwi Sulistyorini
SMA NEGERI 8 MALANG
 Rp 40.000,00

14
Endah Mila Amiati SPd
SMA NEGERI 9 MALANG
 Rp 40.000,00

15
Dra.Sri Hartami
SMA NEGERI 9 MALANG
 Rp  40.000,00

16
Dra.Woro Suhartati
SMA NEGERI 10 MALANG
 Rp  40.000,00

17
Dra.Nur Laila
MA.Negeri 1 Malang
 Rp 40.000,00

18
Drs.Imam Istamar
MA.Negeri 1 Malang
 Rp 40.000,00

19
Dra.Sri Hidayati
MA.Negeri 3 Malang
 Rp 40.000,00

20
Dra.Nurul Fitria
MA.Negeri 3 Malang
 Rp 40.000,00

21
Dra.Leawati
SMA COR JESU MALANG
 Rp  40.000,00

22
DRS.Irenius S
SMAK ST ALBERTUS
 Rp  40.000,00

23
Supardi SPd
SMAK  SANTO YUSUF MALANG
 Rp 40.000,00

24
Mei Catur Wahyuni SPd
SMAK.FRATERAN MALANG
 Rp 40.000,00

25
Dra.Ilanie
SMAK KALAM KUDUS MALANG
 Rp 40.000,00

26
Drs.Hardi Siswoyo
SMA KRISTEN 2 YPK
 Rp 40.000,00

27
Dra.Endah Risti N
SMA TAMAN HARAPAN
 Rp  40.000,00

28
Dra.Rostiningrum
SMA TAMAN MADYA
 Rp  40.000,00

29
Drs.Rusdi
SMA NASIONA Malang
 Rp 40.000,00

30
Sahli SPd
SMA ISLAM MALANG
 Rp 40.000,00






No
Nama
Asal Sekolah
Transport
Tanda Tangan
31
Drs.Hendri Setiawan
SMA MA'ARIEF MALANG
 Rp 40.000,00

32
M.Teguh SPd
SMA LABORTORIUM MALANG
 Rp 40.000,00

33
DEWI S.SPd
SMA LABORTORIUM MALANG
 Rp  40.000,00

34
Dra.NINIK Hariyah
SMA WASKITA DARMA MALANG
 Rp  40.000,00

35
SULISTYAWAT.I SPd.
SMA WISNUWARDHANA MALANG
 Rp 40.000,00

36
SUKARMIATI .SPd
SMA MUHAMMADYAH I MALANG
 Rp 40.000,00

37
TUTIK MALIKAH  .SPd
SMA SRIWEDARI MALANG
 Rp 40.000,00

38
Diani Aprilayun  SPd
SMA Darur Ulum Malang
Rp 40.000,00

39
Kukuh W SPd
SMA SANTA MARIA
Rp 40.000,00

40
Drs.Sunari
SMA PGRI.6 MALANG
Rp 40.000,00






Jumlah


Rp  1600.000,00






                                                                             Malang,2 Januari 2011
Mengetahui
Pembina MGMP Antropologi                              Ketua MGMP Antropologi




Drs. SUPRIYONO,M.Si                                   Dra. DWI IRIANI, M.Pd
NIP : 19570803 198201 1 003                            Nip : 19630624 198903 2 005
 

















4.Transport Panitia Studi Lapangan Ke Masyarakat Gunung Kawi
   MGMP Antropologi Kota Malang
  Tahun 2010-2011
No
Nama
Jabatan
Transport
Tanda Tangan
1
Drs.Supriyono MSi
Pembina MGMP
Rp 100.000,00

2
Dra.Dwi Iriani MPd
Ketua MGMP
Rp 50.000,00

3
Drs.Heru Nugroho
Sekretaris
Rp 50.000,00

4
Dra.Sri Hidayati
Bendahara
Rp 50.000,00

5
Kukuh W SPd
Seksi Transportasi
Rp 50.000,00

6
Dra.Endah Risti N
Seksi Konsumsi
Rp 50.000,00

7
Drs.Irieanus
Seksi Dokumentasi
Rp 50.000,00


Jumlah

Rp.700.000,00


                                                                            Malang,2 Januari 2011
Mengetahui
Pembina MGMP Antropologi                              Ketua MGMP Antropologi




Drs. SUPRIYONO,M.Si                                   Dra. DWI IRIANI, M.Pd
NIP : 19570803 198201 1 003                            Nip : 19630624 198903 2 005
 


























5.Kwitansi Transportasi Studi Lapangan
MGMP Antropologi Kota Malang
Tahun.2010-2011
















































6.Kwitansi Konsumsi Studi Lapangan
MGMP Antropologi Kota Malang
Tahun .2010-2011
















































Rekap Hasil Keiatan Anggota
MGMP Antropologi Kota Malang
Tahun 2010-2011

No
Nama
Asal Sekolah
Hasil Produk
Keterangan
1
2
3
4
1
Drs.Pitono
SMA NEGERI 1 MALANG
v
v
v

 Diisi dengan hasil menonjol dari produk, dan apa yang masih lemah





























2
Dra.Nova Rini Kusuma
SMA NEGERI 2 MALANG
v
v
v

3
Dra.Anisatul.Mucayaroh
SMA NEGERI 2 MALANG
v
v
v

4
Drs.Hartono
SMA NEGERI 3 MALANG
v
v
v

5
Dra.Dwi Iriani MPd
SMA NEGERI 4 MALANG
v
v
v
v
6
Drs.Heru Nugroho
SMA NEGERI 5 MALANG
v
v
v

7
Dedy Pambela SPd
SMA NEGERI 5 MALANG
v
v
v

8
Safi Indiarti SPd
SMA NEGERI 6 MALANG
v
v
v

9
Dra.Etsa Agustussi
SMA NEGERI 6 MALANG
v
v
v

10
Hariatus Suhra SPd
SMA NEGERI 6 MALANG
v
v
v

11
Drs.Panjilmo Putro Msi
SMA NEGERI 7 MALANG
v
v
v
v
12
Drs.Bambang SP
SMA NEGERI 8 MALANG
v
v
v

13
Dra.Dwi Sulistyorini
SMA NEGERI 8 MALANG
v
v
v

14
Endah Mila Amiati SPd
SMA NEGERI 9 MALANG
v
v
v

15
Dra.Sri Hartami
SMA NEGERI 9 MALANG
v
v
v

16
Dra.Woro Suhartati
SMA NEGERI 10 MALANG
v
v
v

17
Dra.Nur Laila
MA.Negeri 1 Malang
v
v
v

18
Drs.Imam Istamar
MA.Negeri 1 Malang
v
v
v

19
Dra.Sri Hidayati
MA.Negeri 3 Malang
v
v
v

20
Dra.Nurul Fitria
MA.Negeri 3 Malang
v
v
v

21
Dra.Leawati
SMA COR JESU MALANG
v
v
v

22
DRS.Irenius S
SMAK ST ALBERTUS
v
v
v

23
Supardi SPd
SMAK  SANTO YUSUF MALANG
v
v
v

24
Mei Catur Wahyuni SPd
SMAK.FRATERAN MALANG
v
v
v

25
Dra.Ilanie
SMAK KALAM KUDUS MALANG
v
v
v

26
Drs.Hardi Siswoyo
SMA KRISTEN 2 YPK
v
v
v

27
Dra.Endah Risti N
SMA TAMAN HARAPAN
v
v
v

28
Dra.Rostiningrum
SMA TAMAN MADYA
v
v
v

29
Drs.Rusdi
SMA NASIONA Malang
v
v
v

30
Sahli SPd
SMA ISLAM MALANG
v
v
v


KETERANGAN:
1, KTSP                                                                      3. ANALISIS BUTIR SOAL/BANK
2. SILABUS & RPP BERKARAKTER SOAL        4. PTK



No
Nama
Asal Sekolah
Hasil Produk
Keterangan
1
2
3
4

31
Drs.Hendri Setiawan
SMA MA'ARIEF MALANG
v
v
v

 Diisi dengan hasil menonjol dari produk, dan apa yang masih lemah










32
M.Teguh SPd
SMA LABORTORIUM MALANG
v
v
v

33
DEWI S.SPd
SMA LABORTORIUM MALANG
v
v
v

34
Dra.NINIK Hariyah
SMA WASKITA DARMA MALANG
v
v
v

35
SULISTYAWAT.I SPd.
SMA WISNUWARDHANA MALANG
v
v
v

36
SUKARMIATI .SPd
SMA MUHAMMADYAH I MALANG
v
v
v

37
TUTIK MALIKAH  .SPd
SMA SRIWEDARI MALANG
v
v
v

38
Diani Aprilayun  SPd
SMA Darur Ulum Malang
v
v
v

39
Kukuh W SPd
SMA SANTA MARIA
v
v
v

40
Drs.Sunari
SMA PGRI.6 MALANG
v
v
v








Jumlah






KETERANGAN:
1, KTSP                                                                      3. ANALISIS BUTIR SOAL/BANK
2. SILABUS & RPP BERKARAKTER SOAL        4. PTK
                                                             
                                                                                    Malang,2 Januari 2011
Mengetahui
Pembina MGMP Antropologi                                     Ketua MGMP Antropologi




Drs. SUPRIYONO,M.Si                                           Dra. DWI IRIANI, M.Pd
NIP : 19570803 198201 1 003                                   Nip : 19630624 198903 2 005