UJI KOMPETENSI GURU TH 2011


DOKUMEN NEGARA

SANGAT RAHASIA



PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
UJI KOMPETENSI GURU
TAHUN 2010-2011





1.     Kompetensi yang harus dimiliki guru sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2007 adalah .........
A.      pengetahuan, ketrampilan dan sikap
B.      pedagogik, sosial, dan profesional
C.      profesional, pengetahuan, ketrampilan dan sosial
D.     pedagogik, sosial, profesional dan kepribadian
E.      kepribadian, sosial, ketrampilan dan pedagogik
2.     Kompetensi guru dengan kemampuan pemahaman tentang peserta didik secara mendalam dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik adalah ..............
A.      kompetensi sosial
B.      kompetensi profesional
C.      kompetensi ketrampilan
D.     kompetensi pedagogik
E.      kompetensi pengetahuan
3.     Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang guru adalah .........
A.      peraturan Pemerintah Nomor  74 Tahun 2008
B.      peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2007
C.      peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2007
D.     peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahaun 2007
E.      peraturan pemerintah Nomor 22 Tahun 2007
4.     Undang-Undang yang mengatur guru dan dosen adalah ........
A.      undang – undang Nomor 20 Tahun 2003
B.      undang – undang Nomor  14 Tahun 2005
C.      undang – undang Nomor 32 Tahun 2004
D.     undang – undang Nomor 17 Tahun 2005
E.      undang – undang Nomor 20 Tahun 2007
5.     Kompetensi guru yang memiliki kemampuan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan meliputi perencanaan, respon anak, hasil belajar anak, metode dan pendekatan adalah ........
A.      kompetensi sosial
B.      kompetensi profesional
C.      kompetensi ketrampilan
D.     kompetensi pedagogik
E.      kompetensi pengetahuan
6.     Kompetensi guru mata pelajaran yang menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara krestif dalam mata pelajaran yang diampu merupakan kompetensi inti guru dalam ........
A.      kompetensi sosial
B.      kompetensi profesional
C.      kompetensi ketrampilan
D.     kompetensi pedagogik
E.      kompetensi pengetahuan
A.       

7.     Perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu  adalah .............
A.      Strategi pembelajaran
B.      Metode pembalajaran
C.      Pendekatan pembelajaran
D.     Teknik pembelajaran
E.      Proses pembelajaran
8.     Strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal adalah ....................
A.      Strategi Pembelajaran Ekspositori
B.      Strategi Pembelajaran Inkuiri
C.      Strategi Pembelajaran Kontekstual
D.     Strategi pembelajaran Problem Solving
E.      Strategi pembelajaran tanya jawab
9.     Strategi pembelajaran menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Materi pelajaran tidak diberikan secara langsung adalah ....................
A.      Strategi Pembelajaran Ekspositori
B.      Strategi Pembelajaran Inkuiri ( tanya jawab )
C.      Strategi Pembelajaran Kontekstual
D.     Strategi pembelajaran Problem Solving
E.      Strategi pembelajaran tanya jawab
10.  Strategi pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna mate-ri pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari adalah ....................
A.      Strategi Pembelajaran Ekspositori
B.      Strategi Pembelajaran Inkuiri
C.      Strategi Pembelajaran Kontekstual
D.     Strategi pembelajaran Problem Solving
E.      Strategi pembelajaran tanya jawab
11.  Langkah awal strategi pembelajaran  inkuiri  dalam proses pembelajaran adalah .........
A.      Merumuskan Masalah
B.      Orientasi
C.      Merumuskan hipotesis
D.     Menggumpulkan data
E.      Menguji hipotesis
12.  Langkah awal strategi pembelajaran ekspositori dalam proses pembelajaran adalah .......
A.      korrelation
B.      Preparation
C.      Presentation
D.     Generalization
E.      Application
13.  Siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri ditempatkan sebagai .........
A.      Subyek
B.      Obyek
C.      Peserta
D.     Pendukung
E.      Data
14.  Prinsip strategi pembelajaran inkuri dalam proses pembelajaran, kecuali ........
A.      Berorientasi pada pengembangan
B.      Prinsip bertanya
C.      Prinsip komunikasi
D.     Prinsip terbuka
E.      Prinsip interaksi
15.  Prinsip strategi pembelajaran inkuri dalam proses pembelajaran, kecuali ........
A.      Berorientasi pada tujuan
B.      Prinsip komunikasi
C.      Prinsip bertanya
D.     Prinsip kesiapan
E.      Prinsip berkelanjutan
16.  Titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu merupakan pengertian dari .....
A.      Pedekatan pembelajaran
B.      Strategi pembelajaran
C.      Metode pembelajaran
D.     Proses pembelajaran
E.      Teknik pembelajaran
17.  Suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.merupakan pengertian dari .....
A.      Pedekatan pembelajaran
B.      Strategi pembelajaran
C.      Metode pembelajaran
D.     Proses pembelajaran
E.      Teknik pembelajaran
18.  Cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.merupakan pengertian dari .....
A.      Pedekatan pembelajaran
B.      Strategi pembelajaran
C.      Metode pembelajaran
D.     Proses pembelajaran
E.      Teknik pembelajaran
19.  Gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual merupakan pengertian dari .......
A.      Pedekatan pembelajaran
B.      Strategi pembelajaran
C.      Metode pembelajaran
D.     Proses pembelajaran
E.      Teknik pembelajaran
20.  Salah satu kelebihan metode ceramah dalam proses pembelajaran adalah ........
A.      Guru yang kurang memiliki kemampuan bertutur yang baik, ceramah se-ring dianggap sebagai metode yang membosankan.
B.      sangat sulit untuk mengetahui apakah seluruh siswa su-dah mengerti apa yang dijelaskan atau belum
C.      dapat memberikan pokok-pokok materi yang perlu ditonjolkan. Artinya, guru dapat mengatur pokok-pokok materi yang mana yang perlu ditekankan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai
D.     tidak disertai dengan peragaan dapat mengakibatkan terja-dinya verbalisme
E.      memerlukan kemampuan dan keterampilan guru yang khusus, sehingga guru dituntut untuk bekerja lebih profesional
21.  Salah satu kelebihan metode  diskusi dalam proses pembelajaranadalah ........
A.      Sering terjadi pembicaraan dalam diskusi dikuasai oleh 2 atau 3 orang sis-wa yang memiliki keterampilan berbicara.
B.      Dapat melatih untuk membiasakan diri bertukar pikiran dalam mengatasi setiap permasalahan
C.      Kadang-kadang pembahasan dalam diskusi meluas, sehingga kesimpulan menjadi kabur.
D.     Memerlukan waktu yang cukup panjang, yang kadang-kadang tidak sesu-ai dengan yang direncanakan.
E.      Dalam diskusi sering terjadi perbedaan pendapat yang bersifat emosional yang tidak terkontrol. Akibatnya, kadang-kadang ada pihak yang merasa tersinggung, sehingga dapat mengganggu iklim pembelajaran.
22.  Kelemahan metode simulasi dalam proses pembelajan , kecuali  ...........
A.      Pengalaman yang diperoleh melalui simulasi tidak selalu tepat dan sesuai dengan kenyataan di lapangan.
B.      Pengelolaan yang kurang baik, sering simulasi dijadikan sebagai alat hi-buran, sehingga tujuan pembelajaran menjadi terabaikan.
C.      Faktor psikologis seperti rasa malu dan takut sering memengaruhi siswa dalam melakukan simulasi.
D.     Simulasi dapat meningkatkan gairah siswa dalam proses permbelajaran
23.  Salah satu kelemahan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran  adalah .................
A.      memerlukan persiapan yang lebih matang, sebab tan-pa persiapan yang memadai demonstrasi bisa gagal sehingga dapat menye-babkan metode ini tidak efektif lagi. Bahkan sering terjadi untuk mengha-silkan pertunjukan suatu proses tertentu, guru harus beberapa kali menco-banya terlebih dahulu, sehingga dapat memakan waktu yang banyak
B.      Melalui metode demonstrasi terjadinya verbalisme akan dapat dihindari, sebab siswa disuruh langsung memperhatikan bahan pelajaran yang dije-laskan.
C.      Proses pembelajaran akan lebih menarik, sebab siswa tak hanya mendengar, tetapi juga melihat peristiwa yang terjadi.
D.     Dengan cara mengamati secara langsung siswa akan memiliki kesempat-an untuk membandingkan antara teori dan kenyataan. Dengan demikian siswa akan lebih meyakini kebenaran materi pembelajaran
24.  Prinsip pembelajaran yang dikembangkan dalam Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) guna menunjang hasil belajar yang efektif dan efisien kecuali .......
A.      Kesempatan pembelajaran
B.      Pengetahuan awal siswa
C.      Refleksi
D.     Motivasi
E.      Jumlah guru
25.  Yang tidak termasuk prinsip pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah ........
A.      Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peser-ta didik dan lingkungannya.
B.      Belajar sesuai tingkatan pendidikan
C.      Beragam dan terpadu
D.     Tanggap terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni
E.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan

26.  Kompetensi guru dalam memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran merupakan perwujudan kompetensi inti guru dalam ........
A.      Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
B.      Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
C.      Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
D.     Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
E.      Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
27.  Kompetensi guru dalam Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran  untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya merupakan perwujudan kompetensi inti guru dalam .....
A.      Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
B.      Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
C.        Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
C.      Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
D.     Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
28.  Kompetensi guru dalam menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu merupakan perwujudan kompetensi inti guru dalam ........
A.      Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
B.      Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu
C.      Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
D.     Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
E.      Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
29.  Salah satu kompetensi guru mata pelajaran yang merupakan perwujudan kompetensi inti guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik  adalah ...........
A.      Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik
B.      Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik
C.      Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
D.     Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
E.      Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal
30.  Salah satu kompetensi guru mata pelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki  adalah ...........
A.      Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik
B.      Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik
C.      Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
D.     Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
E.      Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal
31.  Kompetensi guru mata pelajaran yang merupakan perwujudan pemanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, kecuali ...........
A.      Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
B.      Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan
C.      Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
D.     Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan
E.      Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
32.  Kompetensi guru mata pelajaran dalam menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan  karakteristik mata pelajaran yang diampu merupakan salah satu kompetensi inti guru dalam .............
A.      Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
B.      Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
C.      Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
D.     Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
E.      Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
33.   Kompetensi guru mata pelajaran dalam menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan merupakan salah satu kompetensi inti guru dalam .........
A.      Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
B.      Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
C.      Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
D.     Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
E.      Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
34.  Kompetensi guru mata pelajaran dalam penyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal merupakan salah satu kompetensi inti guru dalam .............
A.      Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
B.      Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
C.      Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
D.     Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
E.      Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
35.  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan disusun dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut, kecuali ..............
A.      Peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia
B.      Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik
C.      Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
D.     Tuntutan sekolah dan orang tua
E.      Tuntutan pembangunan daerah dan nasional
36.  Yang tidak termasuk bukan tim penyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah ........
A.      dinas pendidikan Kota/Kabupaten
B.      guru
C.      konselor
D.     komite sekolah
E.      nara sumber

37.  Tahap kegiatan penyusunan KTSP secara garis besar meliputi ........
A.      persiapan, mencari literatur, penyusunan, penggandaan
B.      persiapan, pelaksanaan penyusunan, pengesahan
C.      penyiapan dan penyusunan draf;Review dan revisi;Finalisasi.
D.     persiapan,penyusunan, finalisasi
E.      persiapan, mencari literatur, penyusunan, finalisasi, pengesahan
38.  Yang dimaksud rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. adalah ......
A.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
B.      Rencana Penyusunan KTSP
C.      Silabus
D.     Rencana Pelaksanaan Penilaian
E.      Program Pembelajaran
39.  Yang tidak termasuk prinsip-prinsip pengembangan silabus adalah .........
A.      Ilmiah, relevan
B.      Konsisten, Sistematis
C.      Memadai
D.     Aktual dan kontekstual
E.      Fakta dan otentik
40.  Langkah awal pengembangan silabus adalah ..................
A.      Merumuskan indikator
B.      Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar
C.      Penentuan jenis penilaian
D.     Mengidentifikasi materi pembelajaran
E.      Mengembangkan kegiatan pembelajaran

41.  Yang dimasud dengan penanda pencapaian kompetensi dasar yang diwujudkan dalam bentuk perubahan perilaku yang dapat diukur dan diamati, mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan adalah ........
A.      Silabus
B.      RPP
C.      Indikator
D.     Materi pembelajaran
E.      RPS
42.  Yang tidak termasuk sebagai bahan pertimbangan dalam mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar adalah ......
A.      potensi peserta didik;
B.      relevansi dengan karakteristik daerah,
C.      tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
D.     asal ilmu pengetahuan
E.      kebermanfaatan bagi peserta didik
43.  Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali ............
A.      Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
B.      Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.
C.      Kegiatan pembelajaran harus disesuai dengan tujuan pendidikan
D.     Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran.
E.      Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.
44.  Sistem penilaian yang direncanakan dalam penyusunan silabus diharapkan ........
A.      berkesan
B.      berkelanjutan
C.      beraturan
D.     bermakna
E.      bernilai
45.  Yang dimaksud rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. adalah ......
A.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
B.      Rencana Penyusunan KTSP
C.      Silabus
D.     Rencana Pelaksanaan Penilaian
E.      Program Pembelajaran
46.  Yang tidak termasuk tujuan penyusunan RPP adalah ..........
A.      untuk memberi kesempatan kepada pendidik untuk merencanakan pembelajaran yang interaktif  dan dapat digunakan untuk mengeksplorasi semua potensi kecakapan majemuk (multiple intellegencis) yang dimiliki setiap peserta didik.
B.      untuk memberi kesempatan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta  didik, kemampuan pendidik,  dan fasilitas yang dimiliki sekolah.
C.      untuk memberi kesempatan kepada guru untuk menyiapkan pembelajaran
D.     untuk mempermudah pelaksanaan proses pembelajaran.
E.      untuk mempermudah pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran, sebagai input guna perbaikan pada penyusunan RPP selanjutnya (improvement proses).
47.  Yang dimaksud dengan prinsip menyeluruh dalam pengembangan RPP adalah .........
A.      Keseluruhan komponen RPP dapat mengakomodasi variasi peserta didik serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat
B.      Materi RPP mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotor) yang akan dicapai untuk  mendukung ketercapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
C.      Cakupan indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
D.     Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam RPP harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan
E.      Komponen-komponen RPP saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi
48.  Yang dimasud dengan prinsip sistematis dalam pengembangan RPP adalah ..........
A.      Keseluruhan komponen RPP dapat mengakomodasi variasi peserta didik serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat
B.      Materi RPP mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotor) yang akan dicapai untuk  mendukung ketercapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
C.      Cakupan indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
D.     Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam RPP harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan
E.      Komponen-komponen RPP saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi
49.  Yang dimasud dengan prinsip memadai dalam pengembangan RPP adalah ..........
A.      Keseluruhan komponen RPP dapat mengakomodasi variasi peserta didik serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat
B.      Materi RPP mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotor) yang akan dicapai untuk  mendukung ketercapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
C.      Cakupan indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
D.     Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam RPP harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan
E.      Komponen-komponen RPP saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi
50.  Langkah pertama guru dalam penyusunan rencana  pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah .....
A.      Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan
B.      Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus
C.      Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar yang tertuang pada silabus
D.     Menyusun SK ,KD dan indikator sesuai dengan RPP yang akan disusun.  SK,KD dan indikator  sebagai mana  yang terdapat pada silabus
E.      Menentukan metode pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran
 
1.     Berikut beberapa kegiatan  penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
1.      Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan
2.      Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus
3.      Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar yang tertuang pada silabus
4.      Menyusun SK ,KD dan indikator sesuai dengan RPP yang akan disusun.  SK,KD dan indikator  sebagai mana  yang terdapat pada silabus
5.      Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
6.      Menentukan metode pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran
7.      Menyusun perangkat penilaian
Urutan yang benar dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah......
A.      3 – 4 – 1 – 2 – 6 -5 -7
B.      3 – 4 - 2 - 5 -1 – 7 -  6
C.      4 – 3 – 1 – 2 – 6 -5 – 7
D.     2 – 3 – 4 – 1 – 5 – 6 -7
E.      4 – 2 – 1 – 3 – 5 - 6 – 7
2.         Merumuskan tujuan pembelajaran  pada RPP berdasarkan .........
A.         SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan
B.         Silabus
C.         KTSP
D.        Tujuan pelajaran
E.         Kompetensi Dasar
53.      Perumusan tujuan pembelajaran memperhatikan hal-hal berikut, kecuali .........
A.         Audience
B.         Behaviour
C.         intake
D.         Condition
E.         Degree
54.      Maksud salah satu kriteria pemilihan media pembelajaran yang memperhatikan ketepatannya dengan tujuan pengajaran adalah ......
A.         media pengajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan
B.         media yang diperlukan mudah diperoleh, setidak-tidaknya mudah dibuat oleh guru pada waktu mengajar
C.         secanggih apapun sebuah media apabila tidak tahu cara menggunakanya maka media tersebut tidak memiliki arti apa-apa
D.        media tersebut dapat bermanfaat bagi siwa selama pengajaran berlangsung
E.         bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep dan generalisasi sangat memerlukan bantuan
55.      Maksud salah satu kriteria pemilihan media pembelajaran yang memperhatikan kemudahan memperoleh media adalah ......
A.         media pengajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional yang telah ditetapkan
B.         media yang diperlukan mudah diperoleh, setidak-tidaknya mudah dibuat oleh guru pada waktu mengajar
C.         secanggih apapun sebuah media apabila tidak tahu cara menggunakanya maka media tersebut tidak memiliki arti apa-apa
D.        media tersebut dapat bermanfaat bagi siwa selama pengajaran berlangsung
E.         bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep dan generalisasi sangat memerlukan bantuan
56.      Jenis media pembelajaran yang yang berupa film suara, pita video, film televisi adalah .........
A.         Media audio visual gerak
B.         Media audio visual diam
C.         Media visual bergerak
D.        Media visual diam
E.         Audio semi gerak
57.      Yang dimaksud define (pembatasan) dalam tahapan utama rancangan media pembelajaran adalah ........
A.         Rumusan persiapan pembuatan media
B.         rumusan tujuan, rancangan media apa yang akan dikembangkan, beberapa persiapan awal dalam perancangan media yang menyangkut: bahan, materi, dana, serta aspek perancangan lainnya
C.         dimulai proses pembuatan media yang akan dikembangkan
D.        meneliti dan membuat prototipe
E.         menilai media yang sudah dikembangkan/dibuat, setelah melalui tahap uji coba, revisi, kaji-an dengan pihak lain
58.      Jenis media pembelajaran yang yang berupa halaman cetak, foto, microphone, slide bisu adalah ................
A.         Media audio visual gerak
B.         Media audio visual diam
C.         Media visual bergerak
D.        Media visual diam
E.         Audio semi gerak
59.      Yang dimaksud evaluation (evaluasi),  dalam tahapan utama rancangan media pembelajaran adalah ........
A.         Rumusan persiapan pembuatan media
B.         rumusan tujuan, rancangan media apa yang akan dikembangkan, beberapa persiapan awal dalam perancangan media yang menyangkut: bahan, materi, dana, serta aspek perancangan lainnya
C.         dimulai proses pembuatan media yang akan dikembangkan
D.        meneliti dan membuat prototipe
E.         menilai media yang sudah dikembangkan/dibuat, setelah melalui tahap uji coba, revisi, kaji-an dengan pihak lain
60.      Media pembelajaran  yang mempunyai fungsi untuk menyalur-kan pesan dari guru kepada siswa Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan yang dituangkan ke dalam simbol-simbol yang menarik dan jelas termasuk .........
A.         Media display
B.         Media grafis
C.         Media audio
D.        Media komputer
E.         Media internet
61.      Media pembelajaran  yang berupa multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoretis, digunakan dalam pembelajaran klasikal termasuk .........
A.         Media display
B.         Media grafis
C.         Media audio
D.        Media komputer
E.         Media internet
62.      Langkah pertama yang harus diperhatikan dalam prosedur pemilihan media pembelajaran adalah ......
A.         familiaritas media dan karakteristik siswa/guru
B.         kompetensi dasar dan indikator apa yang akan dicapai dalam suatu kegiatan pembelajaran ataupun diklat
C.         buku teks mata diklat atau mata pelajaran
D.        materi pembelajaran (instructional content),
E.         adanya sejumlah media yang bisa diperbandingkan
63.      Kelebihan media gambar/foto dalam membantu proses pembelajaran adalah ........
A.         Gambar/foto hanya menekankan persepsi indera mata.
B.         Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar
C.         Sifatnya kongkrit, lebih realistik dibandingkan dengan media verbal
D.        Mudah dilakukan penyimpanan
E.         Mudah didapat dan dimengerti
64.      Salah satu fungsi utama Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran adalah ................
A.         sebagai alat (tool)
B.         sebagai bahan
C.         sebagai teknologi
D.        sebagai media
E.         sebagai pemanfaatan kemajuan
65.      Fasilitas  dalam e-learning yang menyediakan presentasi mengenai konsep atau teknik esensial yang dibutuhkan pebelajar dikenal dengan istilah ..............
A.         Discussion Forum
B.         E-Lectures
C.         Ask an expert
D.        Mentorship.
E.         Access to network resources
66.      Fasilitas dalam e-learning yang menyediakan pembimbing online mengenai materi yang spesifik dikenal dengan istilah .............
A.         Discussion Forum
B.         E-Lectures
C.         Ask an expert
D.        Mentorship.
E.         Access to network resources
67.      Software yang paling umum digunakan dalam pembuatan presentasi untuk membantu pembelajaran adalah .............
A.         Adobe macromedia flash
B.         Microsoft power point
C.         Microsoft word
D.        Microsoft excel
E.         Microsoft acces

68.      Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan bahan presentasi, kecuali .......
A.         Jangan terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan. 
B.         Tulisan jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa. 
C.         Perbanyak memasukkan gambar dan animasi 
D.        Usahakan bentuk presentasi yang interaktif. 
E.         Perhatikan pemilihan jenis software
69.      Pemanfaatan internet dalam pembelajaran antara lain dapat diberupa, kecuali ..........
A.         e-mail,
B.         news group(mailing list),
C.         google
D.        chatting,
E.         teleconference,
70.      Hardware perangkat komputer yg berfungsi utk menyimpan data dikenal dengan nama ........
A.         RAM
B.         Memory
C.         Hardish
D.        Matherboard
E.         Casing
71.      Komunikasi elektronik interaktif antara orang-orang yang ada di dua atau lebih tempat yang berbeda dalam pemanfaatan teknologi infoemasi dikenal dengan .......
A.        Brossing
B.        Twitter
C.        Yahoo mesege
D.        Chatting
E.        Teleconference
72.      Potret guru  dalam kegiatan belajar-mengajar yang manakah berikut ini yang dapat dikatakan telah mulai memanfaatkan TIK?
A.        Guru selalu mengajarkan materi pelajaran kepada para siswanya dengan metode atau cara mengajar sebagaimana yang telah diajarkan oleh para guru/dosennya sewaktu dirinya menjadi mahasiswa. Setiap hari, ia mempersiapkan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan diterapkannya dalam kegiatan belajar-mengajar di  kelas. Dia juga memberikan penjelasan terhadap berbagai pertanyaan yang diajukan oleh para siswanya. Adakalanya ia juga menugaskan para siswanya untuk mendiskusikan topik tertentu.  Para siswa merasa senang dan hormat terhadap sang guru.  
B.        Guru selalu berusaha  menggunakan seluruh waktu jam mengajarnya untuk menjelaskan materi pelajaran kepada para siswanya. Setiap pertanyaan siswa mengenai materi pelajaran dijawab dengan tuntas oleh  guru sehingga dengan demikian diharapkan bahwa semua materi pelajaran yang ditetapkan di dalam kurikulum dapat disajikan kepada siswa. Guru tampaknya lebih cenderung berfungsi sebagai pusat kegiatan pembelajaran (teachers-centered instruction) bukannya siswa (students-centered instruction).
C.        Guru senantiasa berusaha agar prestasi belajar para siswanya memenuhi nilai ketuntasan  yang ditetapkan. Semua materi pelajaran yang ditetapkan  di dalam kurikulum diupayakan agar dapat disajikan  kepada para siswa. Di samping itu, guru dalam kegiatan  mengajarnya juga banyak melakukan latihan soal-soal (drilling) sehingga para siswanya familiar dengan berbagai bentuk soal. Berdasarkan pengalaman mengajar yang demikian ini, para siswanya berhasil mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan.  
D.        Guru dalam kegiatan pembelajaran yang dikelolanya berusaha untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia di  lingkungan yang dapat diakses, baik oleh guru maupun para siswa. Mengingat sekolah memiliki overhead projector, maka guru  mengembangkan materi pelajaran ke dalam transparansi untuk kemudian secara terencana disajikan kepada para siswanya. Guru cenderung berfungsi sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran sehingga para siswanya yang aktif belajar.

73.       Sebagai guru yang inovatif,
A.         saya selalu merasa puas dengan metode ceramah yang  saya terapkan karena para siswa saya  senantiasa berhasil mencapai nila prestasi belajar di atas nilai ketuntasan.
B.         saya selalu berusaha  menggunakan cara-cara baru termasuk pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menjelaskan materi pelajaran yang saya ampu kepada para siswa.  
C.         saya  kurang  yakin bahwa dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi  (TIK) dalam kegiatan pembelajaran akan dapat meningkatkan nilai prestasi belajar para siswa.
D.        saya merasa puas apabila saya dapat menjelaskan secara detail seluruh materi pelajaran yang saya ampu kepada para siswa sehingga  para siswa saya tidak perlu mencari sumber belajar lain
74.       Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran menurut saya:
A.         seyogianya dimulai dari penyediaan peralatan/fasilitas TIK di sekolah terlebih dahulu dan apabila  memungkinkan barulah kemudian dilanjutkan dengan pelatihan para guru tentang cara-cara memanfaatkan TIK dalam kegiatan pembelajaran.
B.         seyogianya dimulai dari pelatihan para guru terlebih dahulu sampai benar-benar mereka mahir memanfaatkan TIK, dan setelah itu barulah dilanjutkan dengan pengadaan peralatan/fasilitas TIK di sekolah.  
C.         seyogianya  dimulai dari sosialisasi  pemanfaatan TIK di kalangan  para Kepala Sekolah dan guru terlebih dulu, barulah dilanjutkan dengan pengadaan peralatan/fasilitas TIK yang diikuti dengan penyelenggaraan pelatihan bagi para guru tentang pemanfaatan TIK. 
D.        seyogianya dimulai dari peny\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\ediaan peralatan/fasilitas  TIK di sekolah dan kemudian tindak lanjutnya dibuatkan secara tertulis saja untuk dilaksanakan oleh Kepala Sekolah.
75.       Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran menurut saya:
A.         hanya menambah beban para guru.
B.         perlu ditunjang dengan pemberian tambahan honor atau insentif agar pemanfaatannya dapat dilakukan guru secara teratur.
C.         haruslah diperlakukan  guru sebagai mitra  yang sejajar dalam membelajarkan para siswa.
D.        perlu memperhatikan kesiapan para guru untuk menerapkannya.
76.       Sebagai guru mata pelajaran, saya berpendapat bahwa:
A.         inisiatif untuk pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran di sekolah sebaiknya haruslah berasal dari Kepala Sekolah dan kemudian disosialisasikan kepada para guru.
B.         inisiatif untuk pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran sebaiknya haruslah berasal dari masing-masing guru yang diberikan kebebasan untuk melaksanakannya dan Kepala Sekolah mendukungnya.
C.         inisiatif untuk pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran sebaiknya haruslah berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan menyosialisasikannya kepada para Kepala Sekolah serta mempersiapkan para guru melalui pelatihan.  
D.        inisiatif untuk pemanfaatan TIK  dalam kegiatan pembelajaran tidak menjadi masalah berasal dari mana saja tetapi yang penting adalah komitmen dari para guru untuk teratur memanfaatkannya dengan dukungan penuh  dari Kepala Sekolah
77.       Pertimbangan-pertimbangan apa  saja yang  perlu diperhatikan jika ANDA akan menerapkan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran?
A.         Ketersediaan fasilitas/peralatan TIK yang akan digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran di sekolah. 
B.         Ketersediaan guru dan tenaga  penunjang  di sekolah yang telah memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan di bidang TIK. 
C.         Ketersediaan bahan-bahan belajar (bahan belajar sudah siap untuk  digunakan guru) yang akan dimanfaatkan melalui fasilitas/peralatan TIK 
D.        Adanya dukungan kebijakan Kepala Sekolah, ketersediaan fasilitas/peralatan TIK,komitmen guru untuk mengembangkan dan memanfaatkan bahan belajar berbasis TIK secara teratur dalam kegiatan pembelajaran
78.       Manakah di antara pernyataan berikut ini yang menurut ANDA perlu dijadikan sebagai pertimbangan untuk menerapkan pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran?
A.         Potensi TIK yang dapat mengatasi  keterbatasan  saya  (self-limitation) dalam menyajikan materi pelajaran yang bersifat abstrak, berbahaya, tidak dapat dilihat secara kasat mata.  
B.         Ketersediaan fasilitas/peralatan TIK di sekolah.  
C.         Adanya perintah kedinasan untuk memanfaatkan TIK dalam kegiatan pembelajaran. 
D.        Tingkat pengetahuan dan kemampuan saya untuk memanfaatkan TIK bagi kepentingan pembelajaran dan didukung ketersediaan fasilitas/peralatan TIK di sekolah.
79.       Sebagai guru, sikap yang bagaimanakah yang seyogianya dikembangkan guru dalam menghadapi pembaharuan termasuk pemanfaatan  TIK dalam kegiatan pembelajaran?
A.         Sikap yang selalu merasa puas dan bangga apabila dapat mengajarkan materi pelajaran kepada para siswa saya dengan metode atau cara mengajar yang telah saya pelajari sebelum menjadi guru. Saya  meyakini bahwa metode atau cara mengajar guru saya telah memungkinkan saya berhasil menyelesaikan pendidikan  sebagai guru sehingga menurut saya tidak perlu mempersulit diri menggunakan cara-cara baru (inovatif).
B.         Sikap yang merasa puas dan bangga akan potensi dan kemampuan yang telah saya pelajari dan terapkan selama ini yang menghasilkan  prestasi belajar para siswa saya tidak mengecewakan sehingga tidak perlu menambah beban pekerjaan dengan pemanfaatan TIK.  
C.         Sikap saya adalah berorientasi pada prestasi belajar para siswa. Jika dengan cara-cara mengajar yang saya terapkan selama ini telah menghasilkan prestasi belajar siswa mencapai nilai ketuntasan, maka saya tidak merasa perlu untuk membebani diri  saya dengan segala  macam pembaharuan termasuk pemanfaatan TIK.  
D.        Sikap yang senantiasa terbuka terhadap setiap gagasan pembaharuan dan tergugah untuk melakukan kajiannya serta  berupaya untuk menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran.
80.       Sikap yang bagaimanakah menurut ANDA yang seyogianya diperlihatkan guru dalam menghadapi pembaharuan termasuk pemanfaatan TIK untuk kegiatan pembelajaran?
A.         Sikap saya adalah  ”wait and see”.  Perlu melihat bukti terlebih dahulu tentang keberhasilan sekolah yang telah menerapkan pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran. 
B.         Sikap saya adalah melakukan  kajian terlebih dahulu dan barulah kemudian mengujicobakannya.  
C.         Sikap saya  adalah proaktif untuk mencari dan mendapatkan informasi  tentang berbagai gagasan pembaharuan serta berupaya untuk menerapkannya secara bertahap dalam kegiatan pembelajaran.  
D.        Sikap saya adalah menunggu sampai ada instruksi dari Kepala Sekolah untuk memulai penerapan pembaharuan termasuk pelaksanaan pemanfaatkan TIK dalam kegiatan pembelajaran.
81.       Bagaimanakah sebaiknya sikap ANDA sebagai guru dalam memanfaatkan TIK untuk kegiatan pembelajaran?
A.         Sikap saya adalah memanfaatkan TIK untuk kegiatan pembelajaran apabila saya merasa ”tidak mood” masuk ke dalam kelas untuk mengajar secara tatap muka.
B.         Sikap saya adalah memanfaatkan TIK untuk kegiatan pembelajaran apabila saya berhalangan datang ke sekolah untuk mengajar secara tatap muka di kelas.
C.         Sikap saya adalah memanfaatkan TIK dalam kegiatan pembelajaran apabila memang ada instruksi dari Kepala Sekolah untuk melakukannya.
D.        Sikap saya adalah memanfaatkan TIK terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, yaitu dengan merencanakan materi pelajaran yang akan saya sajikan melalui TIK berdasarkan kurikulum dan jadwal pelajaran sekolah serta mempunyai komitmen untuk memanfaatkannya sesuai dengan yang direncanakan

82.       Sebagai guru, bagaimana sebaiknya ANDA  memperlakukan TIK dalam kegiatan pembelajaran?
A.         TIK hanya diperlukan apabila saya merasa tidak mempunyai kemampuan untuk menyajikan atau menjelaskan materi pelajaran tertentu. 
B.         TIK memang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran karena akan dapat meningkatkan  nama harum sekolah. Oleh karena itu, sekolah perlu  dilengkapi dengan fasilitas/perlatan TIK agar semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menyekolahkan anaknya.  
C.         TIK memang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran karena akan sangat membantu mempermudah saya menyajikan materi pelajaran kepada para siswa. 
D.        TIK memang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran karena menurut saya, TIK dan guru akan dapat berbagi peran atau fungsi sebagai mitra yang sejajar dalam membelajarkan para siswa. Konsekuensinya adalah bahwa akan lebih banyak waktu saya yang tersita untuk merancang dan mengemas materi pembelajaran di luar jam mengajar tetapi akan sangat membantu saya dalam mengelola waktu, menyajikan materi pelajaran, dan memberikan bimbingan individual kepada siswa

83.       Menurut ANDA, apa  saja yang  menjadi dampak dari  pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran?
A.         Terjadinya pergeseran paradigma dalam berbagai komponen di bidang pendidikan/ pembelajaran.
B.         Guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar bagi para siswa tetapi hanya sebagai salah satu sumber belajar saja.
C.         Peserta didik (siswa) bukan lagi sebagai obyek yang harus disuapi sepenuhnya oleh guru dalam membelajarkan mereka.
D.        Pembelajaran tidak  lagi berfokus pada guru tetapi telah bergeser menjadi berfokus pada siswa (students-centered instruction). 

84.       Manakah di antara pernyataan berikut ini yang memperlihatkan cakupan terlengkap dari pengertian TIK?
A.         Perangkat keras dan perangkat lunak.
B.         Kandungan isi dan infrastruktur.
C.         Komputer dan internet.
D.        Perangkat keras dan lunak, kandungan isi, dan infrastruktur.

85.       Pernyataan manakah di antara yang berikut ini yang tidak termasuk sebagai potensi TIK?
A.    Mendorong siswa belajar lebih mandiri.
B.    Mengembangkan keterampilan komunikasi.
C.    Membatasi kesempatan atau peluang untuk dapat belajar.
D.    Meningkatkan kualitas belajar.
86.        Pernyataan manakah di antara yang berikut ini yang termasuk sebagai potensi TIK?
A.    Membuat siswa cenderung lebih malas mengikuti pelajaran.
B.    Meningkatkan efisiensi pengelolaan kegiatan pembelajaran.
C.    Menambah beban mengajar guru.
D.    Menambah kesulitan guru untuk menyajikan materi pelajaran.
87.       Manakah pernyataan tentang fungsi TIK yang paling lengkap di antara yang berikut ini?  
A.    TIK sebagai gudang pengetahuan, alat bantu pembelajaran, fasilitas pendidikan, dan standar kompetensi.  
B.    TIK sebagai referensi yang dapat diakses dari internet.
C.    TIK sebagai jaringan tenaga ahli.
D.    TIK sebagai perpustakaan digital (electronic library atau elib). 
88.       Manakah di antara pernyataan berikut ini yang menurut ANDA tidak termasuk sebagai pergeseran paradigma di bidang pembelajaran?
A.    Pembelajaran yang berfokus pada siswa (students-centered instruction).  
B.    Pembelajaran yang mengkondisikan guru  sebagai satu-satunya sumber belajar bagi siswa.
C.    Pembelajaran yang memposisikan guru sebagai fasilitator.
D.    Pembelajaran yang memungkinkan para siswa senang belajar.

89.       Jika masih ada sebagian guru yang belum memanfaatkan TIK dalam kegiatan pembelajaran, maka menurut ANDA sebagai guru, faktor-faktor apa saja  yang menjadi penyebabnya?  
A.    Guru yang terlalu membanggakan  pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan dirinya tanpa mau menyadari adanya keterbatasan pada dirinya.  
B.    Belum adanya kebijakan Kepala Sekolah yang  mendukung pelaksanaan pemanfaatan TIK.
C.    Belum adanya SDM di sekolah yang mempunyai pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan di bidang TIK. 
D.    Belum adanya dukungan dana operasional yang dianggarkan Kepala Sekolah untuk pelaksanaan pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran.

90.       Manakah di antara pernyataan yang berikut ini yang tidak termasuk  sebagai pergeseran paradigma tentang siswa?
A.    Siswa tidak lagi diperlakukan sebagai individu yang perlu ”dicekokin atau disuapin” dengan berbagai pengetahuan.  
B.    Siswa tidak lagi diperlakukan sebagai obyek tetapi bergeser menjadi subyek dalam kegiatan pembelajaran.
C.    Siswa diperlakukan  sebagai pusat atau fokus dalam kegiatan pembelajaran (students-centered instruction atau students-focused instruction).  
D.    Siswa diberikan perlakuan yang seragam oleh gurunya.  

91.       Manakah di antara pernyataan yang berikut ini yang tidak termasuk  sebagai pergeseran paradigma tentang guru?
A.     Guru merupakan salah satu di  antara berbagai sumber belajar yang dapat diakses oleh para siswanya.  
B.     Guru tidak harus menyajikan sendiri semua materi pelajaran yang ditentukan di dalam kurikulum tetapi dapat berbagi dengan sumber belajar lainnya.  
C.     Guru merupakan orang yang merasa serba tahu semuanya di dalam kelas.  
D.     Guru tidak lagi mendominasi (memonopoli) seluruh waktu yang dialokasikan untuk kegiatan belajar di  kelas tetapi lebih cenderung  memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

92.       Yang tidak termasuk prinsip-prinsip penilaian hasil belajar yang dilakukukan guru  adalah ............
A.     Penilaian hasil belajar hendaknya menjadi bagian integral dari proses pem-belajaran
B.     Penilaian hasil belajar tidak  menjadi bagian integral dari proses pem-belajaran
C.     Penilaian hasil belajar hendaknya dirancang dengan jelas kemampuan apa yang harus dinilai, materi atau isi bahan ajar yang diujikan
D.     Penilaian harus dilaksanakan secara komprehensif
E.     Alat penilaian harus valid  dan reliabel

93.       Penilaian yang dilaksanakan guru pada saat berlangsungnya proses pembelajaran untuk melihat tingkat keberhasilan proses belajar-mengajar itu sendiri. dikenal dengan ................
A.     Formatif
B.     Sumatif
C.     Diaknostif
D.     Selektif
E.     Penempatan

94.       Yang tidak termasuk fungsi penilaian dalam pembelajaran adalah ..............
A.     Mengukur keberhasilan Siswa belajar.
B.     Mengukur tingkat keberhasilan Guru mengajar (Umpan balik).
C.     Mendapatkan data siswa
D.     Memperoleh data guna perbaikan Kegiatan Belajar-Mengajar.
E.     Untuk pelaporan / informasi efektifitas pendidikan

95.       Prosedur penilaian akhir hasil belajar oleh satuan pendidikan untuk kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan ditentukan melalui .......
A.     Rapat komite sekolah
B.     Rapat menejemen sekolah
C.     Rapat dewan pendidik
D.     Rapat wali kelas
E.     Rapat wali murid

96.       Langkah-langkah kegiatan Ujian Sekolah/Madrasah yang dilakukan pertama kali adalah ............
A.     mengembangkan instrumen,
B.     melaksanakan ujian,
C.     mengolah dan menentukan kelulusan peserta didik  dari ujian sekolah/ madrasah, dan
D.     menyusun kisi-kisi ujian
E.     melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian

97.       Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
A.     menentukan kriteria keberhasilan belajar
B.     mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C.     mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D.     merencanakan pengajaran remidi
E.     mengadakan tes remidi

98.  Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

A.            Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
B.            Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
C.            Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
D.            Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan
E.            Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian

99.    Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru….
A.         memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktivitas tiap peserta didik dalam kegiatan di kelas
B.         melakukan wawancara tambahan dengan peserta didik yang beraktivitas sangat positif
C.         merencanakan pembelajaran remedial bagi peserta didik yang kurang baik berdasarkan penilaian non tes
D.        melakukan wawancara tambahan dengan peserta didik yang beraktivitas kurang baik
E.         merencanakan pembelajaran remedial bagi peserta didik yang kurang baik berdasarkan penilaian tes

100.    Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
A.         soal pilihan ganda
B.         soal jawaban singkat
C.         soal uraian objektif
D.        kriteria
E.         tes performance