UJI KOMPETENSI GURU TH 2011 ke2


DOKUMEN NEGARA

SANGAT RAHASIA



PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
UJI KOMPETENSI GURU
TAHUN 2010-2011





101.    Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan menguasai lingkungan kerja sesuai dengan profesi  dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas adalah ....................
A.         kompetensi kepribadian
B.         kompetensi profesional
C.         kompetensi sosial
D.        kompetensi pedagogik
E.         kompetensi pengetahuan
102.    Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan seorang guru menguasai cara mengadaptasikan diri terhadap lingkungan pekerjaan adalah ......
A.         kompetensi kepribadian
B.         kompetensi profesional
C.         kompetensi sosial
D.        kompetensi pedagogik
E.         kompetensi pengetahuan

103.    Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan seorang guru menguasai dan memiliki sikap positif terhadap sumber belajar untuk emperbaruhi kemampuan profesinya adalah .....
A.         kompetensi kepribadian
B.         kompetensi profesional
C.         kompetensi sosial
D.        kompetensi pedagogik
E.         kompetensi pengetahuan

104.    Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan seorang guru memiliki sikap posiitf terhadap perannya sebagai pendidik, kegiatan pendidikan, lingkungan kerja dan kritik dan saan adalah ...............
A.         kompetensi kepribadian
B.         kompetensi profesional
C.         kompetensi sosial
D.        kompetensi pedagogik
E.         kompetensi pengetahuan

105.    Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan seorang guru memiliki etika kerja sebagai pendidik dan bertanggungjawab/komitmen terhadap tugas adalah ......
A.      kompetensi kepribadian
B.      kompetensi profesional
C.      kompetensi sosial
D.     kompetensi pedagogik
E.      kompetensi pengetahuan
106.                Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan seorang guru emliki kemauan untuk meningkatkan diri dalam kinerja profesinya adalah ...........
A.      kompetensi kepribadian
B.      kompetensi profesional
C.      kompetensi sosial
D.     kompetensi pedagogik
E.      kompetensi pengetahuan
107.                Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan seorang guru memiiki kemauan untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan profesinya adalah .......
A.      kompetensi kepribadian
B.      kompetensi profesional
C.      kompetensi sosial
D.     kompetensi pedagogik
E.      kompetensi pengetahuan
108.                Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan seorang guru memiliki kemampuan untuk melakukan inovasi adalah .....
A.      kompetensi kepribadian
B.      kompetensi profesional
C.      kompetensi sosial
D.     kompetensi pedagogik
E.      kompetensi pengetahuan
109.                Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan seorang guru memiliki kemauan untuk memprakarsai suatu kegiatan adalah ..........
A.      kompetensi kepribadian
B.      kompetensi profesional
C.      kompetensi sosial
D.     kompetensi pedagogik
E.      kompetensi pengetahuan
110.                Kepribadian guru dengan ciri-ciri menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik yang memiliki etos kerja, maka guru tersebut ......
A.      Memiliki kepribadian yang dewasa
B.      Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil,
C.      Memiliki kepribadian yang arif
D.     Memiliki kepribadian yang berwibawa
E.      Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
111.                Kepribadian guru dengan tindakan sesuai dengan norma hukum, norma sosial. Bangga sebagai pendidik, dan memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma, maka guru tersebut ........
A.      Memiliki kepribadian yang dewasa
B.      Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil,
C.      Memiliki kepribadian yang arif
D.     Memiliki kepribadian yang berwibawa
E.      Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
112.                Kepribadian guru dengan ditunjukkan dengan tindakan yang bermanfaat bagi peserta didik, sekolah dan masyarakat serta menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak, maka guru tersebut .......
A.      Memiliki kepribadian yang dewasa
B.      Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil,
C.      Memiliki kepribadian yang arif
D.     Memiliki kepribadian yang berwibawa
E.      Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
113.                Kepribadian guru dengan perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yang disegani, maka guru tersebut ....................
A.      Memiliki kepribadian yang dewasa
B.      Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil,
C.      Memiliki kepribadian yang arif
D.     Memiliki kepribadian yang berwibawa
E.      Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
114.                Kepribadian guru dengan menampilkan tindakan yang sesuai dengan norma religius (iman dan takwa, jujur, ikhlas, suka menolong), dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik, maka guru tersebut ............
A.      Memiliki kepribadian yang dewasa
B.      Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil,
C.      Memiliki kepribadian yang arif
D.     Memiliki kepribadian yang berwibawa
E.      Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
115.                Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru supaya menjadi teladan bagi peserta didik adalah ........
A.      Guru harus memiliki sikap dan kepribadian utuh yang dapat dijadikan tokoh panutan idola dalam seluruh segi kehidupannya
B.      Guru harus berusaha memilih dan melakukan perbuatan yang positif agar dapat mengangkat citra baik dan kewibawaannya
C.      Guru harus mengimplementasikan nilai-nilai tinggi terutama yang diambilkan dari ajaran agama
D.     Guru harus mempunyai sifat yang harus diikuti oleh peserta didik
E.      Guru harus mampu mempengaruhi peserta didik
116.                Sikap guru yang dapat menghancurkan nama baik dan kewibawaan sang guru adalah.....
A.      Tidak munafik
B.      Berbohong
C.      Memerintahkan  siswa mengerjakan PR
D.     Jujur dalam perbuatan dan perkataan
E.      Mentaati ajaran agama
117.                Kemuliaan hati seorang guru diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, kecuali ......
A.      guru dapat berbagi dengan anak didiknya
B.      guru akan merasa lelah
C.      guru tidak mungkin mengembangkan sifat iri hati
D.     guru  tidak mungkin munafik, suka menggunjing, menyuap
E.      guru tidak mungkin marah-marah dan berlaku kasar terhadap orang lain
118.                Berikut yang bukan merupakan pengembangan kepribadian guru adalah ...........
A.      kemampuan yang berhubungan dengan pengalaman ajaran agama sesuai dengan keyakinan agama yang dianutnya
B.      kemampuan untuk berperilaku sesuai dengan norma, aturan, dan sistem nilai yang berlaku di masyarakat
C.      mengembangkan sifat-sifat terpuji sebagai seorang guru
D.      mengembangkan keahlian guru dalam bidangnya
E.      bersikap demokratis dan terbuka terhadap pembaruan dan kritik
119.                Sifat –sifat terpuji sebagai seorang guru bagi peserta didik adalah .................
A.      sopan santun dan tata karma
B.      melaksanakan perintah atasan
C.      melaksanakan segala peraturan
D.     membuat perangkat pembelajaran
E.      bekerja sama dengan teman sejawat
120.                Salah satu kompetensi kepribadian seorang guru dalam mengembangkan profesinya adalah .....
A.      mengembangkan kurikulum dan silabus
B.      mengembangkan diri secara berkelanjutan
C.      mengembangkan  kompetensi didik
D.     mengikuti  pendidikan profesi
E.      mengembangkan perangkat

121.                Implementasi kompetensi kepribadian guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar adalah ........
A.      Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP
B.      Mengevaluasi kinerja sendiri
C.      Mengevaluasi pekerjaan peserta didik
D.     Mengajar sesuai kemauan pribadi
E.      Merencanakan pengajaran 

122.                Istilah dalam pilar pendidikan yang mempunyai makna bahwa belajar itu harus dapat memahamiapa yang dipelajari bukan hanya dihafalkan tetapi harus ada pengertian yang dalam adalah ........
A.      learning to live together
B.      learning to be
C.      learning to do
D.      learning to know

123.                Istilah dalam pilar pendidikan yang mempunyai makna bahwa setelah kita memahami dan mengerti dengan benar apa yang kita pelajari lalu kita melakukannya adalah ....
A.      learning to live together
B.      learning to be
C.      learning to do
D.     learning to know

124.                Istilah dalam pilar pendidikan yang mempunyai makna bahwa kita harus mengetahui diri kita sendiri, siapa kita sebenarnya?  Untuk apa kita hidup? adalah ......
A.      learning to live together
B.      learning to be
C.      learning to do
D.     learning to know

125.                Istilah dalam pilar pendidikan yang mempunyai makna bahwa sejak Tuhan Allah menciptakan manusia, harus disadari bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri tetapi saling membutuhkan seorang dengan yang lainnya, harus ada penolong  adalah ........
A.      learning to live together
B.      learning to be
C.      learning to do
D.     learning to know

126.                Kompetensi guru dengan ditunjukkan kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar adalah ......
A.      kompetensi kepribadian
B.      kompetensi sosial
C.      kompetensi profesional
D.     kompetensi pedagogik

127.                Berikut yang bukan perwujudan  dari kompetensi sosial guru adalah ......
A.      Guru mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik
B.      Guru mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan sesama pendidik dan tenaga kependidikan
C.      Guru mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan orang tua/wali peserta didik
D.     Guru mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan masyarakat sekitar
E.      Guru mampu  berkomunikasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran
128.                Kompetensi  sosial guru mata pelajaran  yang harus dimiliki sehingga dapat terwujudkan guru yang mampu berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi orang lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain adalah ............
A.      berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik
B.      mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
C.      berkomunikasi dengan teman sejawat, profesi ilmiah, dan komunitas ilmiah lainnya melalui berbagai media dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan
D.     berkomunikasi dengan teman sejawat dan komunitas ilmiah lainnya secara santun, empatik dan efektif
E.      Mengkomunikasikan hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi sendiri secara lisan dan tulisan atau bentuk lain

129.                Kompetensi sosial guru mata pelajaran yang harus dimiliki sehingga dapat terwujudnya guru yang mampu beradaptasi di tempat bertugas di seluruh Wilayah Republik Indonesia yang memiliki keberagaman sosial budaya adalah ..........
A.      Melaksanakan berbagai program dalam lingkungan kerja untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah yang bersangkutan
B.      mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
C.      Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
D.     Beradaptasi dengan lingkungan tempat bekerja dalam rangka meningkatkan efektivitas sebagai pendidik, termasuk memahami bahasa daerah setempat
E.      Tidak bersikap diskriminatif  terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi

130.                Kompetensi sosial guru mata pelajaran yang harus dimiliki sehingga dapat terwujudnya guru yang mampu Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi adalah ..........
A.      Tidak bersikap diskriminatif  terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi
B.      Melaksanakan berbagai program dalam lingkungan kerja untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah yang bersangkutan
C.      mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
D.     Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik
E.      Bersikap inklusif  dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran



131.                Kompetensi sosial guru mata pelajaran yang harus dimiliki sehingga dapat terwujudnya guru yang mampu Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.  adalah ..........
A.    Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik.
B.    Bersikap inklusif  dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran
C.    Berkomunikasi dengan teman sejawat dan komunitas ilmiah lainnya secara santun, empatik dan efektif
D.    berkomunikasi dengan teman sejawat, profesi ilmiah, dan komunitas ilmiah lainnya melalui berbagai media dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan
E.    Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik

132.                Perwujudan kompetensi sosial guru dalam berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tuliasan atau bentuk lain adalah ........
A.      Melaksanakan komunikasi dengan orang tua
B.      Melaksanakan komunikasi dengan teman sejawat
C.      Melaksanakan berbagai program dalam lingkungan kerja
D.     Melaksanakan komunikasi dengan siswa dan pimpinan
E.      Melaksanakan komunikasi dengan instansi terkait

133.                Perwujudan kompetensi sosial guru dalam beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia adalah ......
A.      Melaksanakan komunikasi dengan orang tua
B.      Melaksanakan komunikasi dengan teman sejawat
C.      Melaksanakan berbagai program dalam lingkungan kerja
D.     Melaksanakan komunikasi dengan siswa dan pimpinan
E.      Melaksanakan komunikasi dengan instansi terkait

134.                Sikap yang harus dilakukan guru yang sering dijadikan panutan oleh masyarakat adalah........
A.      mengenal nilai-nilai yang dianut danberkembang di masyarakat tempat melaksanakan tugas dan bertempat tinggal
B.      ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan
C.      mendidik anak untuk selalu memperhatikan pelajaran
D.     berkomunikasi dengan tokoh masyarakat
E.      berkomunikasi dengan perangkat pemerintahan setempat

135.                Untuk mewujudkan guru  yang memiliki kemampuan untuk berbaur dengan masyarakat dapat diimplementasikan  dengan ........
A.      Mengikuti kegiatan rapat di tingkat RT
B.      Mengikuti kegiatan rapat di tingkat kelurahan
C.      Mengikuti kegiatan keolahragaan, keagamaan dan kepemudaan di masyarakat sekitar
D.     Mengikuti kegiatan berkampanye di masyarakat
E.      Menguti kegiatan berdiskusi

136. Ciri-ciri pribadi yang memiliki kecerdasan sosial adalah ......
A.  Adanya hubungan yang kuat dengan Tuhan, memberi manfaat kepada lingkungan, dan menghasilkan karya untuk membangun orang lain
B.  Bertanggungjawab, berdedikasi dan berwibawa
C.  Berperilaku baik, bertanggungjawab dan disiplin
D.  Profesional, pengalaman dan menggembangkan diri
E.  Berjiwa sosial, profesional dalam bekerja dan jujur

137.                 Kompetensi guru dengan menunjukkan kemampuan menjalin hubungan dengan teman sejawat adalah .....
A.    kompetensi ketrampilan
B.    kompetensi profesional
C.    kompetensi sosial
D.    kompetensi pedagogik
E.    kompetensi pengetahuan

138.                 Seorang guru mampu memahami nilai, adat istiadat dan budaya yang berlaku di masyarakat dalam mendidik anak termasuk kompetensi ......
A.      Sosial
B.      Profesional
C.      Pedagogik
D.     Kepribadian
E.      Ketrampilan

139.                 Seorang guru yang memiliki kemampuan melakukan kerjasama dengan teman sejawat, orang tua, masyarakat dan lembaga pembina merupakan wujud implementasi kompetensi ......
A.      Pedagogik
B.      Kepribadian
C.      Ketrampilan
D.     Sosial
E.      Profesional
140.                 Cara  guru untuk  melakukan komunikasi dengan menunjukkan hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi dilakukan  adalah .......
A.      Lisan, tulisian dana bentuk lain
B.      Paparan
C.      Media pembelajaran
D.     Bahan pembelajaran
E.      Metode pembelajaran
141.                Sikap seorang guru yang tidak membedakan latar belakang peserta didik merupakan perwujudan dari  .........
A.      Kompetensi sosial
B.      Kompetensi pedagogik
C.      Kompetensi profesional
D.     Kompetensi kepribadian
E.      Kompetensi kepemimpinan
142. Kegiatan Penetian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru diharapkan dapat ........
A.  meningkatkaan kualitas mengajar
B.  membantu kenaikan pangkat
C.  meningkatkan mutu pendidikan
D.  membuat karya ilmiah

143. Manfaat Penetian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan partisipatif, kecuali .......
A.  meningkatkan proses belajar mengajar
B.  menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C.  mencakup proses refleksi
D.  menggunakan metodelogi terbaru

144. Prinsip yang paling penting dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah .......
A.  komitmen guru sebagai pengajar tidak terganggu
B.  metodologi tepat
C.  penggumpulan data sederhana
D.  laporan sederhana

145. Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empaat yaitu .......
A.  perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
B.  perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
C.  perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
D.  evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi

146. Penelitian Tindakan kelas (PTK) mempunyai karakteristik sebagai berikut, kecuali .......
A.  didasarkan pada masalah yang dihadapi oleh guru
B.  kolaborasi dalam pelaksanaannya
C.  bertujuan memperbaiki
D.  dilaksanakan dalam satu siklus

147. Dalam penetian tindakan kelas, metode pengumpulan data diharapkan ......
A.  reliabel dan tidak mengganggu proses pembelajaran
B.  menggunakan waktu lama
C.  bervariasi
D.  sederhana

148. Di bawah ini adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan tindakan, kecuali .....
A.    menganalisa masalah
B.    mempersiapkan fasilitas
C.    mempersiapkan instrumen
D.    mempersiapkan skenario
149. Di bawah ini merupakan kegiatan yang dilakukan dalam penetapan fokus masalah, kecuali .......
A.    merasakan masalah
B.    analisis masalah
C.    perumusan masalah
D.    penerapan fokus

150. Langkah-langkah Penetian Tindakan Kelas (PTK)  secara berurutan meliputi ........
A.    penetapan fokus masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.
B.    perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan intrepretasi dan refleksi
C.    perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi
D.    pelaksanaan tindakan, pengamatan interpretasi dan refleksi.
151. Hal yang terpenting pada setiap siklus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah ........
A.    dimonitor, dicatat hasil akhirnya
B.    dievaluasi dan dianalisis
C.    direfleksi dan diamati kembali
D.    diamati dan diperbaiki

152. Dikaitkan dengan tanggungjawab guru terhadap pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat membantu guru untuk .......
A.      mengatasi masalah siswa
B.      memperbaiki pembelajaran
C.      berkembang secara profesional
D.     berkolaborasi dengan guru lain

153. Ibu Siti terbiasa menganalisis pekerjaan siswanya untuk menemukan kesulitan yang ditemukan siswa dalam pelajaran bahasa indonesia. Dari hasil analisis tersebut, Ibu Siti juga mencoba menemukan kekuatan dan kelemahannya dalam mengajar. Jika anda menemuan kelemahan, segera dia mencoba mencari jalan untuk mengatasi kelemahan tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan Ibu Siti tersebut dapat dikatagorikan sebagai langkah awal dalam .........
A.      perkembangan profesional
B.      melakukan PTK
C.      memperbaiki pembelajaran
D.     menerapkan manfaat PTK

154. Berikut ini adalah manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru, kecuali .........
A.      membantu guru memperbaiki pembelajaran
B.      memungkinkan guru berkembang secara profesional
C.      memungkinkan guru mengembangkan karir
D.     menambah rasa percaya diri


155. Guru yang tampil melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) akan merasa lebih percaya diri. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain sebagai berikut, kecuali ......
A.      Munculnya perasaan lebih mampu dibandingkan teman sejawat yang lain
B.      Berkembangnya kemampuan guru dalam pembelajaran
C.      Tumbuhnya rasa puas terhadap pembelajaran yang dikelola
D.     Munculnya perasaan mampu memecahkan masalah sendiri

156. Keterbatasan Penetian Tindakan Kelas (PTK) terutama terletak pada .......
A.      metodologi
B.      validitas
C.      instrumen yang digunakan
D.     reliabilitas hasil yang dicapai

157. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tidak mempunyai daya generalisasi karena .....
A.      sampel terbatas pada kelas yang diajar
B.      masalah yang diteliti sangat spesifik
C.      metodologi sangat longgar
D.     PTK dilakukan oleg guru, bukan oleh peneliti

158. Agar Penetian Tindakan Kelas (PTK) dapat diterapkan secara melembaga diperlukan berbagai kondisi atau persyaratan. Kondisi tersebut antara lain sebagai berikut , kecuali ..........
A.      adanya kebebasan bagi para guru untuk berinovasi
B.      birokrasi yang ketat
C.      dukungan dari semua personil sekolah
D.     ada rasa saling mempercayai antara personil sekolah termasuk siswa

159. Kemauan guru untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) haruslah didukung oleh iklim sekolah yang memberi kebebasan kepada guru untuk ......
A.      Berdiskusi,berkolaborasi, dan meminta bantuan
B.      Melakukan perubahan jadwal pelajaran
C.      Menetapkan masalah bagi kelasnya
D.     Meminta siswa mengikuti perintahnya

160. Penetian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas oleh ........
A.      guru
B.      peneliti
C.      guru sebagai peneliti
D.     guru bersama dosen
161. Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk ......
A.      mengungkapkan kebenaran
B.      menjawab masalah guru
C.      memperbaiki kinerja guru
D.     mengumpulkan informasi

162. Metode utama dalam penelitian tindakan kelas disebut sebagai self-reflective inquiry, artinya metode yang digunakan .......
A.      bertumpu pada kemampuan guru melakukan refleksi
B.      longgar tetapi tetap mengikuti kaidah penelitian
C.      hasil observasi/kesan dari guru
D.     bervariasi asal sesuai dengan kaidah penelitian.

163. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ......
A.      keriasauan guru akan kinerjanya
B.      keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.      keinginan untuk membantu guru
D.     kepedulian peneliti akan kinerja guru

164. Penelitian tindakan kelas berbeda dengan penelitian kelas dalam hal ............
A.      pelaku penelitian
B.      tujuan penelitian
C.      tempat penelitian
D.     asal masalah yang diteliti

165. Penelitian tidakan kelas seyogyanya dilakukan oleh guru karena alasan-alasan berikut, kecuali ...
A.      PTK memang untuk guru
B.      guru paling akrap dengan suasana kelas
C.      masalah di kelas mungkin asing bagi para peneliti
D.     guru bertanggungjawab memperbaiki kinerjanya.

166. Seorang Dosen Perguruan Tinggi membantu Ibu Tini, guru SLTA untuk mencari jalan keluar kesulitan yang dihadapinya dalam memotivasi para siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan. Ibu Tini menceritakan jenis PR, serta kebiasaannya menyimpan PR tersebut di rumah tanpa mengembalikannya kepada siswa .Dosen Perguruan Tinggi mendengar cerita Ibu Tini, dan kemudian mereka berdua merancang  cara mengatasinya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa Ibu Tini akan mencoba cara tersebut dan memantau hasilnya. Sejak itu hampir setiap minggu mereka bertemu kembali untuk mengkaji hasil perbaikan tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan Ibu Tini merupakan kegiatan penelitian tindakan kelas karena ........
A.      Ibu Tini bekerjasama dengan Dosen Perguruan Tinggi
B.      masalah penelitian muncul dari kerisauan guru
C.      terjadi pertemuan setiap minggu
D.     dosen Perguruan Tunggi membantu guru  memecahkan masalahnya

167. Guru dianggap lebih sesuai melakukan penelitian tindakan kelas karena alasan berikut, kecuali ......
A.      dibandingkan dengan peneliti luar guru lebih memahami keadaan di kelas
B.      kelas merupakan wilayah guru
C.      hasil penelitian dapat dimanfaatkan langsung oleh guru
D.     temuan peneliti luar sulit diterapkan oleh guru
168. Dilihat dari segi tujuan penelitian, penelitian tindakan kelas menempatkan guru sebagai ........
A.      Peneliti dari dalam
B.      Praktisi yang membangun teori
C.      Subjek penelitian
D.     Pengajar dan peneliti
169. Sebagai pekerja profesional, guru dianggap paling layak melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) karena .........
A.      PTK membantu guru berkembang secara profesional
B.      guru paling akrab dengan siswa
C.      kelas memang merupakan wilayah guru
D.     PTK merupakan bagian dari tugas profesional guru
170. Empat langkah pokok dalam PTK dengan urutan yang paling benar adalah ........
A.      merencanakan, melaksanakan tindakan, refleksi, analisis data
B.      refleksi, analisis data, merencanakan, melaksanakan tindakan
C.      merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, refleksi
D.     refleksi, merencanakan, melaksanakan tindakan, analisis data

171. Untuk mengidentifikasi masalah, guru perlu melakukan kajian terhadap pembelajaran yang dikelolanya. Kajian tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Pertanyaan yang tepat untuk maksud tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ........
A.      apa yang terjadi dikelas saya
B.      berapa orang siswa yang prestasinya selalu rendah
C.      dengan siapa saya harus mendiskusikan asalah ini
D.     apa dampaknya jika siswa yang berpretasi rendah saya biarkan saja

172. Masalah yang diidentifikasi kadang-kadang terlampau banyak, sehingga guru menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu ditangani adalah sebagai berikut, kecuali ............
A.      tingkat keseriusan masalah
B.      kemampuan guru untuk menangani
C.      ada tidaknya mitra kolaborasi
D.     kompleks tidaknya masalah tersebut

173. Setelah menentapkan dan menjabarkan masalah, guru perlu mengembangkan cara melakukan perbaikan atau mengatasi masalah. Untuk mengembangkan cara mengatasi masalah, guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali ................
A.      mengkaji teori yang relevan dengan masalah
B.      menyusun langkah-langkah pemecahan masalah
C.      berdiskusi dengan teman sejawat
D.     mengingatkan kembali pengalaman yang terkait dengan maslah tersebut

174. Cara pemecahan yag dipilih haruslah sesuai dengan ...........
A.      kondisi lingkungan sekolah
B.      jumlah siswa dalam elas
C.      waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.     sarana dan fasilitas yang tersedia

175. Sebelum melaksanakan tindakan, guru harus menyiapkan hal-hal berikut, kecuali ............
A.      daftar hadir
B.      skenario tindakan
C.      sarana dan fasilitas pendukung
D.     cara menganalisis data

176. Jika sebelum melakukan tindakan guru tidak menentukan cara mengumpulkan data, dalam pelaksanaan tindakan kemungkinan besar akan terjadi hal-hal berikut, kecuali .........
A.      data yang dikumpulkan akan mubasir
B.      data yang diperlukan tidak terjaring
C.      guru yang bingung menafsirkan data
D.     guru tidak memerlukan data
177. Ibu ida seorang guru SMK sedang asyik berdiskusi dengan teman sejawatnya tentang susahnya menyampaikan materi Biologi yang penuh dengan istilah latin kepada siswa.Dia merasa siswa sangat sukar menghafal istilah asing tersebut. Ia meminta pendapat teman-temannya, bagaimana cara mengajar materi tersebut agar mudah dipahami oleh siswa. Dilihat dari langkah-langkah PTK, Ibu Ida sedang berada dalam tahap ......
A.      identifikasi masalah
B.      analisis masalah
C.      merumuskan masalah
D.     merencanakan perbaikan

178. Dalam melaksanakan tindakan, guru harus memperhatikan beberapa kriteria di antaranya .......
A.      guru seyogyanya memfokuskan diri sebagai pengajar
B.      penelitian jangan sampai mengganggu komitmen guru sebagai pengajar
C.      guru harus memperhatikan kemampuan siswa
D.     perhatian guru harus terfokus pada masalah yang ingin dipecahkan

179. Bapak Sutarji mengajar kelas 10 SMK Negeri Malang. Ia sedan bermitra dengan seorang guru, teman sejawatnya dalam memperbaiki cara merespons terhadap siswa di kelas. Ia sudah merancang berbagai jenis penguatan untuk jawaban siswa yang bai serta beberapa respons untuk jawaban siswa yang tidak atau kurang tepat. Ia meminta rekan sejawatnya untuk duduk di kelasnya serta merekam reaksi siswa ketika guru merespons jawabannya. Jenis reaksi yang perlu direkam serta cara merekamnya sudah disepakati terlebih dahulu. Ditinjau dari kriteria pelaksanaan tindakan, kriteria mana yang sedang diterapkan oleh bapak Sutarji ?
A.      guru harus memperhatikan etika yang terkait dengan tugasnya
B.      metodologi yang diterapkan harus reliabel
C.      pengumpulan data jangan sampai menyita waktu guru terlampau banyak
D.     masalah yang ditangani harus sesuai dengan komitmen guru
180. Tahap observasi – implementasi berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan tindkan. Dalam kajian ini, observasi – interprestasi utlak diperlukan agar guru dapat ......
A.      memantau jalanya pembelajaran
B.      melakukan berbagai penyesuaian
C.      mengetahui kualitas respons siswa
D.     memantau pendapat pengamat

181. Idealnya, dalam PTK guru dapat mengamati atau mengumpulkan data sendiri dari kelasnya, sehingga yang mengamati dan melakukan interprestasi adalah guru sendiri. Namun, kadang-kadang guru terlampau repot untuk melakukan itu semua. Untuk mengatasi hal ini, guru dapat .........
A.      memilih salah seorang siswa menjadi pengamat
B.      meminta kepala sekolah untuk mengamati pelajarannya
C.      megumpulkan alat bantu rekaman
D.     mewawancarai siswa setelah pelajaran selesai

182. Prinsip dasar observasi yang berkaitan dengan pemanfaatan hasil observasi adalah prinsip yang berkaitan dengan .......
A.      fokus observasi
B.      perencanaan awal
C.      ketrampilan mengobservasi
D.     balikan (feedback)
183. Ketika melakukan observasi di kelas Ibu Rina, Bapak Sukoco berusaha bersikap bersahabat, baik kepad siswa maupun kepada Ibu Rina. Ia masuk kelas dengan mengucapkan salam dan meminta ijin kepada siswa untuk ikut duduk di kelas. Ketika terjadi diskusi antar siswa, Bapak Sukoco tidak segera merekam diskusi tersebut, tetapi menunggu sampai diskusi selasai, kemudian berfikir sejenak untuk menemukan makna peristiwa yang baru saja  diamati. Perilaku pengamat seperti itu merupakan penerapan dari prinsip observasi yang berkaitan dengan ........
A.      perencanaan awal
B.      fokus observasi
C.      membangun kriteria
D.     ketrampilan observasi

184. Jika seorang guru ingin mengetahui jumlah siswa yang berhasil dilibatkan secara aktif dalam memberi respons terhadap pertanyaaan guru, jenis observasi yang paling tepat digunakan adalah observasi .........
A.      terbuka
B.      terfokus
C.      terstruktur
D.     sistematik

185. Pada pertemuan pendahuluan atau pertemuan perencanaan, guru dan pengamat menyepakati hal-hal berikut, kecuali .......
A.      Jumlah siswa yang akan ikut dalam pembelajaran
B.      Fokus pengamatan
C.      Konteks pembelajaran yang dikelola guru
D.     Kriteria yang digunakan dalam interprestasi
186. Selain melalui observasi, data pembelajaran dapat dikumpulkan memalui cara-cara berikut, kecuali .......
A.      wawancara dengan orang tua
B.      catatan/laporan guru
C.      berbagai dokumen hasil belajar siswa
D.     wawancara dengan siswa

187. Analisis data dilakukan dengan menempuh berbagi langkah, yang pada akhirnya bertujuan untuk ..........
A.      menyeleksi dan mengelompokkan data
B.      menyeleksi dan menafsirkan data
C.      memperoleh informasi tentang proses dan dampak perbaikan
D.     mendapat informasi tentang perilaku mengajar guru

188. Melihat hasil latihan siswa, Ibu Sutari menjadi kaget karena hanya 10 dari 30 siswa yang mengerjakan latihan matematika dengan benar. Ibu Sutari encoba mengingat-ingat apa yang terjadi ketika ia menjelaskan penggunakan rumus matematika dalam memecahkan soal. Ia ingat, ia mencontohkan penggunaan rumus dengan mengerjakannya sendiri di papan tulis. Ia kemudian merenung kembali, mengapa ia tidak meminta siswa mengerjakannya ke depan ?Ia ingat pula, siswa yang duduk di deretan belakang ada yang bermain ketika ia mencontohkan penggunaan rumus di papan tulis. Dari segi langkah-langkah PTK, langkah mana yang sedang dihayati oleh ibu Sutari .................
A.      mengumpulkan data
B.      menganalisis data
C.      melakukan refleksi
D.     merencanakan perbaikan
189. Perencanaan tindak lanjut, yang merupakan salah satu langkah dalam siklus PTK, dapat diwujudkan dalam bentuk ...............
A.      pedoman observasi
B.      revisi rencana perbaikan
C.      program PTK secara utuh
D.     pedoman analisis data
190. Berikut adalah contoh-contoh masalah pembelajaran yang mungkin dihadapi guru, kecuali ..............
A.      pertanyaan guru sering tidak dijawab oleh siswa
B.      perhatian siswa pada pelajaran kurang
C.      banyak siswa yang belum membayar SPP
D.     hasil ulangan siswa rendah

191. Agar mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam kelas, guru perlu ......
A.      peka terhadap situasi kelas
B.      bertanya kepada teman sejawat
C.      mencatat hal-hal istimewa yang terjadi di kelas
D.     bertanya kepada kepala sekolah
192.Tujuan utama menganalisis masalah pembelajaran adalah ..............................
A.      mencari hakikat masalah
B.      menemukan akar penyebab masalah
C.      merinci masalah menjadi bagian-bagian kecil
D.     menemukan cara pemecahan masalah

192. Analisis masalah dapat dilakukan dengan cara berikut, kecuali .................
A.      mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri tentang berbagai aspek pembelajaran
B.      menanyakan pendapat siswa tentang berbagai aspek pembelajaran
C.      menelaah berbagai dokumen yang berkaitan dengan hasil belajar siswa
D.     membaca berbagai teori belajar

193. Rumusan masalah dalam PTK serupa dengan maslaah penelitian. Dari rumusan berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A.      apakah permaianan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X SMK Wanabakhti
B.      bagaimana cara mengajukan pertanyaan agar mampu membuat aktif siswa dalam pelajaran Matematika di SMK Negeri Sawangan
C.      mengapa siswa SMK Negeri 1 Arcapadha selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional
D.     bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah

194. Tindakan perbaikan dapat dikembangkan dengan menempuh langkah-langkah berikut, kecuali ............
A.      Menelaah berbagai teori yang relevan dengan masalah pembelajaran yang dihadapi
B.      Mengulangi apa yang pernah dilakukan ketika menghadapi masalah yang sama
C.      Berdiskusi dengan para pakar
D.     Mengingat kembali pengalaman yang lalu dalam menghadapi masalah yang sama

Untuk menjawab pertanyaan nomor 196 s/d 199, bacalah terlebih dahulu kasus berikut ini.
Kasus Pembelajaran
Ibu Ani, guru bahasa inggris kelas XII di SMK Negeri 8 Panderman, mula-mula enjadi risau karena hanya 10 dari 40 siswa dikelasnya yang mau menjawab dengan bahasa inggris,jika guru mengajukan pertanyaan. Siswa lain selalu diam kalau ditanya atau berpura-pura tidak mendengar pertanyaan guru. Ibu Ani sering kesal dan elanjutkan pelajaran tanpa menghiraukan anak-anak yang tidak mau menjawab tersebut. Jika tidak ada yang menjawab, Ibu ani biasanya meneruskan pelajarannya dengan meminta para siswa membaca wacana yang ada dalam buku pelajaran, kemudian menjawab pertanyaan yang ada dibuku secara tertulis. Jawaban siswa diperiksa bersama-sama, sambil sekali-sekali memberi perhatian pada grammar, jika siswa salah menulis jawabannya. Dengan cara ini, Ibu Anipun melupakan kerisauannya. Keadaan ini berlangsung sepanjang semester tanpa ada upaya perbaikan. Hasil tes bahasa inggris para siswa sedang-sedang saja karena tes yang diberikan berupa tes pemahaman bacaan dan grammar. Namun, ketika ada tamu asing yang kebetulan berkunjung ke SMK tersebut, tidak seorangpun dari siswa Bu Ani yang berani menjawab pertanyaan tamu tersebut, apalagi bertanya. Hal ini menyebabkan Bu Ani dipanggil oleh kepala sekolah, dan diminta untuk berupaya agar para siswa mampu berbahasa Inggris, meskipun yang paling sederhana. Kejadian ini membuat kerisauan yang dulu pernah muncul, dirasakan kembali oleh bu Ani.
195. Masalah yang terjadi dalam kelas Bu Ani dalam kasuspembelajaran di atas dapat digolongkan sebagai masalah yang berkaitan dengan bidang-bidang berikut, kecuali .......
A.      strategi pembelajaran
B.      sumber dan media pembelajaran
C.      evaluasi hasil pembelajaran
D.     motivasi belajar
196. Akar penyebab masalah yang terjadi dalam kasus di atas antara lain sebagai berikut, kecuali ......
A.      latihan berbicara tidak mendapat tekanan
B.      bu Ani tidak memberi perhatian khusus pada siswa yang tidak mau menjawab
C.      bu Ani tidak menggunakan lab bahasa ketika mengajar
D.     kemampuan berbicara siswa tidak dinilai

197. Jika Bu Ani ingin memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya melalui PTK, pilihan rumusan masalah PTK yang paling tepat untuk kegiatan PTK yang akan dilakukan Bu Ani adalah .....
A.      bagaimana cara memberi latihan berbicara dalam bahasa Inggris agar mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa kela XII SMK
B.      apakah kemampuan berbicara dapat dilatihkan secara intensif dengan memanfaatkan laboratorium bahasa ?
C.      bagaimana cara mengaktifkan siswa dalam berbicara?
D.     apakah sumber belajar dapat mendorong siswa berlatih berbicara ?

198. Jika Anda yang menjadi Bu Ani, tindakan perbaikan mana yang paling tepat untuk memecahkan masalah dalam kasus pembelajaran di atas ?
A.    guru selalu menggunakan bahasa inggris dalam mengajar dan tidak mau menerima jawaban dalam bahasa indonesia
B.    guru memberikan latihan berbicara dalam bahasa inggris secara terpadu dengan mendengarkan, membaca, dan menulis
C.    guru meminta siswa selalu menjawab dalam bahasa inggris
D.    guru memberikan latihan mengucapkan kata dengan benar
199. Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan memahami konsep pembelajaran dan lingkungan pembelajaran adalah ...............
A.      kompetensi kepribadian
B.      kompetensi profesional
C.      kompetensi sosial
D.     kompetensi pedagogik
E.      kompetensi pengetahuan

 
SOAL – SOAL  RAHASIA

1.      Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan pandangan belajar yang dipergunakan oleh teori belajar
a.       Behaviorsme
b.      Dognitivisme
c.       Behavionisme dan dognitivisme
d.      Semua benar
2.      Seorang guru merancang peralatan isi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa keputusan guru tersebut menerapkan teori :
a.       Behaviorsme
b.      Dognitivisme
c.       Behavionisme dan dognitivisme
d.      Semua benar
3.      Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan  pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh
a.       Behavioris
b.      Kognitivis
c.       Kognitivis Behavior
d.      Konstruktivitas
4.      Mengapa peranan guru begitu penting dalam pembelajaran
a.       Perilaku guru sebagai panutan digugu lan ditiru
b.      Guru sebagai sumber ilmu
c.       Keputusan tindakan memerlukan jenis dan kreativitas belajar siswa
d.      Tanpa guru proses belajar siswa terganggu
5.      Pemahaman teori belajar penting untuk dipakai
a.       Menambah wawasan modul pembelajaran
b.      Sebagai bahan penunjang pembelajaran
c.       Dasar pengembangan model pembelajaran
d.      Sebagai acuan untuk memilih media

6.      Learning dalam behavionosme menekankan adanya :
a.       Perubahan perilaku
b.      Interaksi terus-menerus
c.       Pemaknaan informasi baru
d.      Perubahan pengetahuan
7.      Menurut konstruktivisme, pengetahuan tentang :
a.       Hasil dari interaksi dan paradigma Stimulus – Respons
b.      Hasil konstruksi yang dibangun sendiri oleh pembelajar
c.       Hasil kerja kelompok yang selalu bertambah
d.      Hasil temuan mata aturan yang menjadi sumbernya
8.      Praktek proses sangat cocok untuk matpel
a.       Ketrampilan
b.      Sains
c.       Sastra
d.      Ilmu sosial
9.      Tidak termasuk dalam ranah kompetensi kepribadian seorang guru adalah bicara santun namun efektif..
a.       Kepada murid dan sejawat
b.      Kepada KS maupun orang lain
c.       Dalam rapat guru maupun di kelas
d.      Ketiganya benar
10.  Tidak termasuk dalam komponen mengajar seorang guru, adalah kemampuan ...
a.       Menyusun dan mengembangkan alat evaluasi
b.      Menggunakan/memanfaatkan media pembelajaran
c.       Berkomunikasi secara santun namun efektif dengan murid dan pengawas
d.      Menanamkan kebiasaan tidak boleh mencontoh saat ulangan
11.  Seorang guru berencana membeli dan membaca buku tentang asesmen pembelajaran. Rencana tersebut menunjukkan keinginan guru mengembangkan ciri:
a.       Kompetensi pedagogic
b.      Kompetensi sosial
c.       Kompetensi kepribadian
d.      Kompetensi profesional
12.  Keinginan dan usaha untuk tidak terlambat datang ke sekolah merupakan ranah:
a.       Kompetensi sosial
b.      Kompetensi kepribadian
c.       Kompetensi profesional
d.      Kompetensi pedagogik
13.  Dalam satu sekolah beberapa orang guru sebidang bekerja dan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses hasil pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan usaha guru untuk mengembangkan diri ranah:
a.       Kompetensi sosial dan pedagogic
b.      Kompetensi profesional dan pedagogic
c.       Kompetensi kepribadian dan profesional
d.      Kompetensi kepribadian dan sosial
14.  Seorang guru menyusun RPP harus dilandasi kesadaran bahwa :
a.       RPP merupakan bagian dari administrasi sekolah
b.      Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang harus direncanakan
c.       RPP merupakan bagian kelengkapan Portofolio sertifikasi
d.      Proses pembelajaran merupakan proses yang harus didokumentasi
15.  Seorang guru yang perokok membiasakan diri untuk tidak merokok di kelas, di ruang guru, di ruang tatib sekolah, dan di ruang BK maupun dalam rapat guru. Guru perokok tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah tersebut tengah mengembangkan diri dalam ranah
1.      Kompetensi profesional
2.      Kompetensi kepribadian
3.      Kompetensi sosial
4.      Kompetensi pedagogic
16.  Paikem adalah pembelajaran yang :
a.       Efektif, intrinsik, komunikatif, efektif dan menyenangkan
b.      Aktif, inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan
c.       Aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan
d.      menyenangkan
17.  Expert group pada belajar korperatif mendiskusikan
a.       Masalah tiap-tiap kelompok yang ada
b.      Masalah tiap-tiap kelompok beda dari tiap-tiap kelompok
c.       Masalah tiap-tiap yang didiskusikan pada kelompok
d.      Masalah dari tiap-tiap kelompok secara mendalam
18.  Untuk mendorong dan membuat siswa menjadi lebih aktif dan terbuka untuk memberi jawaban secara sukarela guru dapat menerapkan
a.       Brain storming
b.      Concept mapping
c.       Quickstioning
d.      Role playing
19.  Problem salving dan discovery learning dapat meningkatkan kerampilan siswa dalam hal :
a.       Individual thinking
b.      Direct thinking
c.       Critical thinking
d.      Personal thinkingPemilihan
20.  Pemilihan satu modul pembelajaran terutama dilakukan berdasarkan
a.       Tepian dan ciri mata pelajaran atau pokok bahasan
b.      Teori yang dipahami guru
c.       Keinginan dan putusan bersama
d.      Tersedianya waktu dan dana yang ada
21    Prinsip Coorperatif Learning, kecuali
a.       Kerja sama mencapai tujuan
b.      Kemampuan kerja individu
c.       Saling interaksi
d.      Saling tergantung tapi saling memberi:
22    Memilih media, mempertimbangkan
a.       Kesesuaian media dengan materi dan perkembangan
b.      Kecanggihan media
c.       Keseuaian media dengan paradigma pembelajaran konst
d.      Kelengkapan dan kualitas media
23    Guru menggunakan media dalam mengajar karena
a.       Tuntutan kurikulum
b.      Anjuran KS
c.       Media membatu siswa agar lebih mudah memahami
d.      Keberadaan media mengurangi beban tugas guru
24    Penggunaan Media efektif bila
a.       Dapat membantu guru mempercepat materi
b.      Dapat meningkatkan motivasi siswa melalui bermain
c.       Dapat meningkatkan hasil belajar siswa
d.      Dapat menyelesaikan materi ajar melebihi target
25    Keuntungan media di buat guru, kecuali:
a.       Sesuai dengan tingkat/karakteristik belajar
b.      Sesuai dengan tingkat tujuan yang dicapai
c.       Sesuai dengan tingkat karakteristik guru
d.      Sesuai dengan materi yang disajikan
26    Setelah membaca teks siswa diharapkan mengidentifikasikan sedikit 5 kata kerja dengan tepat untuk itu guru menggunakan media teks pertanyaan ini berkaitan dengan kriteria …
a.       Kesesuaian
b.      Tingkat kesulitan
c.       Ketersediaan
d.      Kualitas teknis
27. Media yang kita gunakan di kelas hndaknya memiliki tingkat kejelasan bagi
siswa termasuk tulisan guru harus bisa dibaca oleh siswa. Ini berkaitan dengan
kriteria :
a.       Kesesuaian
b.      tingkat kesulitan
c.       ketersediaan
d.      kualitas teknis
28.  Hasil kegiatan berikut yang paling tepat diukur dengan non tes adalah :
a.  kemampuan siswa memahami materi
b.  keaktifan siswa belajar di kelas
c.  keaktifan siswa menulis karangan
d.  ketrampilan siswa menyimak paparan/ cerita

29.  Penilaian dengan portofolio bertujuan untuk mengetahui perkembangan :
a.  kemampuan memahami materi
b.  siswa mengerjakan tugas
c.  kerajinan dan kreatifitas siswa
d.  hasil belajar siswa secara keseluruhan
30    Kegiatan belajar berikut yang tepat dievaluasi tes kinerja..
a.       Berhitung (mtematika)
b.      Memecahkan masalah
c.       Melakukan percobaan
d.      Membuat karya tulis
31    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas, seorang guru melakukan kegiatan berikut
1.                                                                                          Menganalisis hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang
belum tuntas
2.                                                                                          Memisahkan siswa yang nilainya di atas dan di bawah standar kemudian
memilih metode mengajar yang berbeda untuk kedua kelompok.
3.                                                                                          Melakukan refleksi terhadap kelemahan metode yang digunakan dan
       memperbarui pada pelajaran berikutnya
4.   Menerapkan metode mengajar bagi siswa yang menjalani remidi
Kegiatan yang dapat memperbaiki kualitas pembelajaran guru di kelas adalah :
a.       1, 2, 3          b. 1 dan  2            c. 2 dan 4             d. 1, 2,  3 dan 4          
32. Kegiatan pembelajaran guru yang dapat memberikan kelanjutan kecakapan hidup  ( life skill) :
a.   mempresentasikan hasil diskusi
b.   membuat karya tulis
c.   membuat model
d.   kerjasama dengan kelompok.
33. Dalam mengembangkan alat evalusi guru harus memperhatikan :
a.  tingkat kesulitan soal, soal tdk perlu sulit2 karena dapat membuat siswa tdk naik kelas.
b.  kesesuaian dengan materi ajar, soal harus mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
c.  Hasil belajar soal hrs dibuat sedemikian rupa, agar sebagian besar siswa mencapai skor ketuntasan belajar minimal (SKB)
d.   Analisis hasil evaluasi tdk harus dilakukan karena nilai yg diperoleh rata-rata dengan nilai ujian pada materi selanjutnya.
34.  Pernyataan berikut yang benar tentang assesmen adalah :
a.  melakukan tes untuk mengetahui tk pemahaman siswa setelah mengikuti pelajaran.
b.  proses pengumpulan informasi tentang peserta didik berkenaan dengan apa yang mereka ketahui dan apa yang dapat mereka lakukan.
c.  menguji tk kemampuan siswa menerima pelajaran
d.  mengukur tk kecerdasan siswa.
35.  Tulisan karya ilmiah skripsi, thesis, desertasi tergolong karya ilmiah yang :
 a.   disajikan dalam bentuk artikel atau makalah
 b.  ditulis berdasarkan bukan hasil riset
c.   ditulis dari hasil riset
d.   berupa kajian teoritis
36.  PTK mempunyai karakteristik khusus yang berbeda debgan penelitian PTK ...
a.       Bersifat kolaborasi
b.      Adalah penelitian tindakan
c.       Penetian untuk memecahkan permasalahan
d.      Betul semua
37.  PTK terkait pelaksanaan PBSA, artinya..
a.       Guru itu mencari masalah
b.      Terkait dengan kesulitan dalam pelaksanaan di kelas
c.       Terkait dengan permasalahan sekolah dan KS
d.      Benar semua
38.  PTK bersifat kontektual untuk perbaikan PBM kelas artinya...
a.       Nilai percakapan belum meningkat
b.      Terkait dengan permasalahan pada konteks sesungguhnya pada waktu melaksanakan PMB dalam kelas
c.       Terkait dengan perenungan di luar kontek, sehingga pada waktu ,elaksanakan PMB di dalam kelas
d.      Terkait dengan permasalahan pada kontk sesungguhnya pada waktu di luar jam pelajaran
39.  PTK dilaksanakan secara tahapan/spiral tahapan ini meliputi :
a.       Indikasi melakukan observasi dan evaluasi proses
40    Prosedur penilaian pemerolehan belajar, proses kemajuan belajar dan kinerja siswa dengan berbagai alat dikenal sebagai :
a.                   Authentic material
b.                  Authentic learning
c.                   Authentic assessment
d.                  Authentic data
ISTILAH-ISTIlah
1.      Kwalifikasi akademik : ijasah jenjang akademik yang dimiliki guru
Kopetensi : Adalah seperangkat pengetahuan, ketrampilan dan perilaku yang  
 harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai guru/dosen dalam melaksanakan tugas   
  keprofesionalan
2.       Serifikasi : adalah proses pemberian sertifikat, pendidik untuk guru dan dosen
3.      Sertifikat pendidik : bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan oleh guru    
  dan dosen sebagai guru profesional
4.      Organisasi Profesi guru : perkumpulan yan berbadan hukum yang didirikan dan   
 diurus oleh guru untuk mengembangkan profesionalisme guru
5.      Permendiknas No. 13 UU 2007 tentang KS
6.      Permendiknas 12 Th 2007 tentang pengawas
7.       Permendiknas 16 Th 2007 standar pendidik dan tenaga kependidikan
8.       Permendiknas 18 Th. 2007 tentang sertifikasi bagi guru dalam jabatan
9.       Permen No 22/2006 Standart isi
10.  Permen No 23/2006 Standart kompetensi kelulusan
11.    Permen 24/2006 Pelaksanaan 22, 23/2006
12.  Kurikulum : seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan  
  pelajaran seperti cara yang digunakan sebagai pedoman penaggulan kegiatan  
 pembelajaran untuk tujuan tertentu
13.  Kerangka dasar kurikulum : Rambu-rambu yang ditetapkan Peraturan
  pemerintah untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan kurikulum  SP dan   
  Silabus
14.   KTSP : Kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-
  masing satuan pendidikan
15.  Penilaian : proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur
   pencapaian hasil belajar peserta didik
16.  Evaluasi Pendidik : Kegiatan pengendalian penjamin dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setip jakur
17.  Ulangan : proses yang dilaksanakan, untuk mengukur pencapaian dalam proses
  pembelajaran
18.  Ujian : Kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian hipelensi peserta
   didik sebagai pengakuan prestasi belajar atau penyesuaian dari sat pendidikan
19.  SNP fungsi sebagai dasar dalam perencanaan pelaksanaan, pengawasan  
   pendidikan azas yang bermula
20.  SNP tujuan menjamin mutu pendidikan NAS dalam rangka mencerdaskan  
   kehidupan bangsa dan membentuk wadah sebagai peradabab bangsa yang
  bernartabat
21.  Asesman : Kegiatan guru yang berkaitan dengan pengambilan pelaksanaan  
   pembelajaran dan pencapaian kopetensi
22.  Komponen silabus
1.Identitas sekolah   2. SK     3. KD   4. Materi Pelajaran   5. Kegiatan pembelajaran
2.6.  Indikator   7. Penilaian   8. Alokasi Waktu    9. Sumber belajar
23    Strategi, langkah-langkah kegiatan (syntax) atau prosedur yang digunakan untuk menyajikan bahan ajar dalam rangka mencapai kompetensi/hasil belajar. Suatu strategi dipilih untuk melaksanakan metode
24    Teknik, keragaman khas dalam mengaplikasikan suatu metode sesuai dengan latar (setting) tertentu, seperti kemampuan dan kebiasaan guru, ketersediaan sarana dan prasarana sekolah, kemampuan dan kesiapan peserta didik, dsb.
25    Pendekatan pembelajaran sebagai cara dalam mengelola kegiatan instruksional untuk menyampaikan materi atau isi pelajaran secara sistematis, sehingga kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh siswa secara efektif dan efisien, (Atwi Suparman, 1996 )
26    Model pembelajaran, suatu kerangka konseptual yang melukiskan prosedur secara sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran, (Winataputra, 1996). Contoh, model RPP ekspositori dan cooperative learning, dsb.
27    PEMBELAJARAN HENDAKNYA  DIUPAYAKAN UNTUK DAPAT MENGINTERVENSI PESERTA DIDIK MENJADI:Pemikir logis, kritis, kreatif, inovatif dan produktif,           Pemecah masalah dan pengambil keputusan dalam setiap aspek kehidupan,Merefleksi dan mengendalikan diri , Jujur, disiplin, tanggung-jawab, demokratis, terbuka dan akomodatif ,Belajar bagaimana hidup saling ketergantungan dan kolaborasi ,Belajar bagaimana hidup bersama dalam setiap komunitas
28    Karakteristik pendekatan pembelajaran, al. :1.Peserta didik melakukan kegiatan belajar yang beragam.2.Peserta didik berpartisipasi aktif, baik secara individu maupun kelompok. .3.Memberikan pengalaman belajar bagi peserta didik dalam menumbuh-kembangkan potensinya ,4.Interaksi terbangun melalui komunikasi multi-arah dengan menggunakan berbagai macam sumber belajar, metode, media, dan strategi pembelajaran,5.Selama proses pembelajaran guru berperan sebagai fasilitator, pembimbing dan pemimpin.
29    Kedudukan metode: membangun kondisi yang memudahkan cara belajar peserta didik agar dapat mewujudkan ketercapaian kompetensi yang diharapkan secara efektif, efisien dan seoptimal mumgkin.
30    Kedudukan strategi: untuk mengemas atau menata keterlaksanaan berbagai macam metode dan media yang terpilih serta mengorganisasikan bahan ajar dari berbagai sumber dan peserta didik yang belajar, sehingga tujuan pembelajaran, kompetensi dapat diwujudkan secara efektif, efisien dan seoptimal mungkin.
31