RPP SOSIOLOGI

RENCANA PELAKSANAAN
 PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMA Negeri 5 Malang
Mata Pelajaran          :  SOSIOLOGI
Pokok Bahasan         : Perubahan Sosial
Sub Pokok Bahasan : Pengertian Perubahan Sosial
Kelas / Program        :  XII (Dua belas) / Ilmu Sosial
Semester/Tapel         :  I (Satu) / 2010/2011
Alokasi waktu           :  4 x 45 Menit


Text Box: Standar Kompetensi	 
Memahami dampak perubahan  sosial .
.

Text Box: Kompetensi Dasar 	   
Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat



Materi Pembelajaran:
Pengertian Perubahan Sosial Budaya
  • Selo Soemardjan menyatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai-nilai, sikap, dan perilaku di antara kelompok- kelompok dalam masyarakat.
  • Kingsley Davis menyatakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, timbulnya pengorganisasian buruh dalam masyarakat kapitalis telah menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan dalam hubungan antara buruh dan majikan. Demikian pula dalam organisasi-organisasi lain, seperti organisasi politik maupun organisasi ekonomi.
Kecenderungan suatu masyarakat untuk berubah
sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut.
  • Rasa tidak puas terhadap keadaan dan situasi yang ada.
  • Timbulnya keinginan untuk mengadakan perbaikan.
  • Kesadaran akan adanya kekurangan-kekurangan dalam kebudayaan sendiri
  • Adanya usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi baru yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat
  • Banyaknya kesulitan yang dihadapi yang memungkinkan manusia berusaha untuk dapat mengatasinya.
  • Tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dan adanya keinginan untuk meningkatkan taraf hidup.
  • Sikap terbuka dari masyarakat terhadap hal-hal yang baru, baik yang datang dari dalam maupun dari luar masyarakat tertentu.
  • Sistem pendidikan yang dapat memberikan nilai-nilai tertentu bagi manusia untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Kecenderungan suatu masyarakat untuk bertahan :
sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini.
  • Adanya unsur yang mempunyai fungsi tertentu dan sudah diterima oleh masyarakat secara luas.
  • Adanya unsur-unsur yang diperoleh melalui proses sosialisasi sejak kecil.
  • Adanya unsur-unsur yang menyangkut ideologi dan filsafat hidup bangsa.
  • Adanya unsur yang menyangkut agama dan religi yang dianut masyarakat.
  • Adanya unsur-unsur yang menyangkut ideologi dan filsafat hidup bangsa.
Ciri-Ciri Perubahan Sosial Budaya
  • Tidak ada masyarakat yang berhenti perkembangannya,oleh karena setiap masyarakat mengalami perubahan-perubahan yang terjadi secara lambat atau cepat.
  • Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu ,akan diikuti dengan perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga social lainnya.Karena lembaga-lembaga social tadi sifatnya interdependen,
  • Perubahan social yang cepat,biasanya mengakibatkan terjadinya disorganisasi yang sementara sifatnya di dalam proses penyesuaian diri.Disorganisasi tersenut akan diikuti oleh siati reorganisasi yang mencakup pemantapan daripada kaidah-kaidah dan nilai-nilai lain yang baru.
  • Perubahan-perubahan tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau bidang spiritual saja,oleh karena kedua bidang tersebut mempunyai kaitan timbale balik yang sangat kuat
Teori Utama Pola Perubahan Sosial Budaya
Menurut Lauer, terdapat dua teori utama pola perubahan sosial budaya, yaitu teoti siklus dan teori perkembangan.
q  Teori Siklus
      Teori Sikus melihat perubahan sebagai sesuatu yang berulang-ulang. Apa yang terjadi sekarang pada dasarnya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan apa yang terjadi sebelumnya. Di dalam pola perubahan ini  tidak nampak batas-batas antara pola hidup primitif, tradisional, dan modern. Pola perubahan ini dapat digambarkan seperti Bagan 2.1.


q  Teori Perkembangan
      Penganut teori ini percaya bahwa perubahan dapat diarahkan ke suatu titik  tujuan tertentu, seperti perubahan dari masysrakat tradisional ke masyarakat modern yang lebih kompleks. Masyarakat tradisional menggunakan peralatan yang terbuat dari bahan seadanya melalui proses pembuatan secara manual,
seperti alat-alat pertanian ataupun alat-alat rumah tangga. Teknologi ini kemudian berkembang menjadi teknologi canggih yang pada intinya bertujuan mempermudah pekerjaan manusia. Pola perubahan ini dapat digambarkan seperti pada Bagan 2.2.


Tujuan Pembelajaran  :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.Memahami pengertian perubahan sosial

Indikator:
1.Menjelaskan pengertian perubahan sosial
2.Menganalisa kecenderungan masyarakat untuk mengadakan perubahan sosial budaya.
3.Menganalisa kecenderungan masyarakat untuk tidak mengadakan perubahan sosial budaya.
4.Menyebutkan ciri-ciri perubahan sosial budaya
5.Menerangkan teori perubahan sosial budaya

Metode Pembelajaran  :
  1. Ceramah
  2. Informasi
  3. Diskusi
Langkah-langkah Pembelajaran
NO

KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA

ALOKASI
WAKTU
I









II

















III



Pendahuluan :
§  Motivasi                        : 
-Mengapa setiap masyarakat selalu terjadi perubahan sosial budaya .
§  Pengetahuan prasyarat  : 
-Pengertian perubahan sosial budaya
§  Rambu-rambu Belajar    : 
-Siswa secara aktif mengkaji materi
-Guru mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan sesuai sub indicator yang ada
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca materi  yang telah disediakan agar mengerti apa itu perubahan sosial
§  Siswa memperhatikan penjelasan guru dilayar LCD,sambil tanya jawab dari materi yang dijelaskan guru
·        Secara kelompok mengadakan pengamatan dilingku ngannya dan mencari contoh tentang perubahan-perubahan sosial yang terjadi.
·        Secara kelompok menampilkan dan menerangkan di LCD hasil pengamatannya tentang perubahan-perubahan sosial yang terjadi
·        Secara kelompok menampilkan dan  menguraikan di :LCD kecenderungan masyarakat untuk berubah dan bertahan.
·        Secara kelompok membandingkan antara teori perubahan dengan realita di masyarakat
Penutup :
§  Siswa membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajarinya

20 Menit










140 menit


















20 menit


Sumber/ Bahan / Alat
1.      Sumber                 : Model pembelajaran sosiologi XI  oleh Drs.Heru Nugroho dan buku-buku sosiologi yang relevan
2.      Bahan                         :  Koran, majalah
3.      Sumber belajar       :  Alat tulis,  LCD
4.      Media Pembelajaran   :  Power Point
Penilaian.
Penilaian dilakukan melalui penilaian proses,tes lisan atau tertulis,dan portopolio
a)      Penilaian proses dilakukan melalui pengamatan pada saat peserta didik melakukan kegiatan
b)      Tes lisan dilakukan melalui tanya jawab tentang kegiatan yang baru dilakukan peserta didik sesuai dengan indikator kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran atau  tes tertulis dengan memberi soal yang harus dikerjakan  dilembar kertas
c)      Portopolio mencakup seluruh hasil kegiatan peserta didik yang dikumpulkan untuk dijadikan bahan penilaian akhir.
d)      Penilaian afektif

Penilaian :
LEMBAR PENGAMATAN

Kelas. : …..                                                                  Kelompok :
No
Nama Siswa
Unsur Penilaian
Jumlah skor
Kategori
Kreativitas
Keaktifan
Emosi
Inisia
tif
Kerjasama
1.








2.








3.








4.








5.








Keterangan :
Pedoman Peskoran
Skor
Pedoman Kategori
Skor
  • Sangat Baik     
  • Baik                  
  • Cukup 
  • Kurang

4
3
2
1
  • Sangat Baik     
  • Baik                  
  • Cukup 
  • Kurang

16 - 20
11 - 15
06 - 10
01 - 05
Skor Tertinggi = 4 x 5 = 20
Skor terendah  = 1 x 5 = 5




Soal tes tertulis.
1.Jelaskan pengertian perubahan sosial
2.Jelaskan 3 kecenderungan masyarakat untuk mengadakan perubahan sosial budaya.
3.Jelaskan 3 kecenderungan masyarakat untuk tidak mengadakan perubahan sosial budaya.
4.Sebutkan 4 ciri-ciri perubahan sosial budaya
5.Terangkan teori siklus perubahan sosial bidaya beserta gambarnya
Jawaban soal tes tertulis
1.Pengertian perubahan sosial
perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai-nilai, sikap, dan perilaku di antara kelompok- kelompok dalam masyarakat
2.Kecenderungan masyarakat untuk mengadakan perubahan sosial budaya.
a)            Rasa tidak puas terhadap keadaan dan situasi yang ada.
b)            Timbulnya keinginan untuk mengadakan perbaikan.
c)            Kesadaran akan adanya kekurangan-kekurangan dalam kebudayaan sendiri
d)            Adanya usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi baru yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat
e)            Banyaknya kesulitan yang dihadapi yang memungkinkan manusia berusaha untuk dapat mengatasinya.
f)             Tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dan adanya keinginan untuk meningkatkan taraf hidup.
g)            Sikap terbuka dari masyarakat terhadap hal-hal yang baru, baik yang datang dari dalam maupun dari luar masyarakat tertentu.
h)            Sistem pendidikan yang dapat memberikan nilai-nilai tertentu bagi manusia untuk meraih masa depan yang lebih baik
3.Jelaskan kecenderungan masyarakat untuk tidak mengadakan perubahan sosial budaya.
a)            Adanya unsur yang mempunyai fungsi tertentu dan sudah diterima oleh masyarakat secara luas.
b)            Adanya unsur-unsur yang diperoleh melalui proses sosialisasi sejak kecil.
c)            Adanya unsur-unsur yang menyangkut ideologi dan filsafat hidup bangsa.
d)            Adanya unsur yang menyangkut agama dan religi yang dianut masyarakat.
e)            Adanya unsur-unsur yang menyangkut ideologi dan filsafat hidup bangsa.
4.Sebutkan ciri-ciri perubahan sosial budaya
a)            Tidak ada masyarakat yang berhenti perkembangannya,oleh karena setiap masyarakat mengalami perubahan-perubahan yang terjadi secara lambat atau cepat.
b)            Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu ,akan diikuti dengan perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga social lainnya.Karena lembaga-lembaga social tadi sifatnya interdependen,
c)            Perubahan social yang cepat,biasanya mengakibatkan terjadinya disorganisasi yang sementara sifatnya di dalam proses penyesuaian diri.Disorganisasi tersenut akan diikuti oleh siati reorganisasi yang mencakup pemantapan daripada kaidah-kaidah dan nilai-nilai lain yang baru.
d)            Perubahan-perubahan tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau bidang spiritual saja,oleh karena kedua bidang tersebut mempunyai kaitan timbale balik yang sangat kuat
5.Teori Siklus perubahan sosial bidaya
Teori Sikus melihat perubahan sebagai sesuatu yang berulang-ulang. Apa yang terjadi sekarang pada dasarnya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan apa yang terjadi sebelumnya. Di dalam pola perubahan ini  tidak nampak batas-batas antara pola hidup primitif, tradisional, dan modern. Pola perubahan ini dapat digambarkan seperti Bagan 2.1.


.Penskoran:

Penskoran:
No
Soal
Uraian
Skor
1
-Menjawab Betul
-Menjawab Salah
2
0
2
-Menjawab 3 betul  semua
-Menjawab 2 betul
-Menjawab 1 betul
-Menjawab salah semua
3
2
1
0
3
-Menjawab 3 betul  semua
-Menjawab 2 betul
-Menjawab 1 betul
-Menjawab salah semua
3
2
1
0
4
-Menjawab 4 betul  semua
-Menjawab 3betul
-Menjawab 2 betul
-Menjawab 1 betul
-Menjawab salah semua
4
3
2
1
0
5
-Menjawab penjelasan  beserta gambarnya betul
- Menjawab penjelasan  salah gambarnya betul
- Menjawab penjelasan  betul dan gambarnya salah
- Menjawab penjelasan  beserta gambarnya salah
- tidak menjawab
-
6
3
3
1
0

                      Penilaian:


 Skor
 Nilai
          18
        100
          17
          94
          16
          89
          15
          83
          14
          78
          13
          72
          12
          67
          11
          61
          10
          56
            9
          50
            8
          44
            7
          39
            6
          33
            5
          28
            4
          22
            3
          17
            2
          11
            1
            6

            -

        LEMBAR PENILAIAN
Aspek              : Afektif
Indikator          :
Kelas / Sms      : XI / 1
No.
Nama Siswa
Pernyataan
Jumlah
Nilai
Rt
Ket.
1
2
3
1
2
3
4









Keterangan :
Pernyataan
Pedoman Peskoran
Pedoman Kategori
Skor
1.
2.
3.
Mengemukakan pertanyaan
Memberikan tanggapan
 Berpartisipasi / antusias
(A)   Selalu                 
(B)   Sering                     
(C)   Jarang                 
(D)   Tidak pernah           

90 – 100
80  – 89
60  – 79
   < 60

Tugas Siswa.
1.      Mengadakan pengamatan perubahan sosial yang ada di lingkungannya masing-masing
2.      Membuat kliping perubahan sosial yang ada di koran ,majalah dan menganalisa faktor penyebabnya



                                                                           Malang   25     Juli        .2010

Memeriksa/menyetujui                                                Disusun Oleh

Kepala SMA Negeri 5 Malang                                                 Guru Mata Pelajaran Sosiologi






Drs.Supriyono M.Si                                                Drs.Heru Nugroho
NIP.195708031982011003                           Nip.196203111986031012




























RENCANA PELAKSANAAN
 PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMA Negeri 5 Malang
Mata Pelajaran          :  SOSIOLOGI
Pokok Bahasan         : Perubahan Sosial
Sub Pokok Bahasan : Dampak Perubahan Sosial
Kelas / Program        :  XII (Dua belas) / Ilmu Sosial
Semester/Tapel         :  I (Satu) / 2008/2009
Alokasi waktu           :  4 x 45 Menit


Text Box: Standar Kompetensi	 
Memahami dampak perubahan  sosial .
.

Text Box: Kompetensi Dasar 	   
Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat



Materi Pembelajaran:
a. Dampak Perubahan Sosial Budaya sebagai akibat  modernisasi
Modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan social,yang biasanya merupakan  proses perubahan sosial yang terarah (directed change) yang didasarkan pada suatu perencanaan sosial (planned change) yang biasanya dinamakan Sosial Planning.
·         Menurut Koentjaraningrat, modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang.
·         Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya terarah dan didasarkan pada suatu perencanaan (social planning).
Dengan demikian, jelaslah bahwa modernisasi tidak sama dengan westernisasi dan sekularisasi. Untuk memudahkan pemahan hal tersebut, Perhatikan tabel berikut ini:

Modernisasi
Westernisasi
Sekuralisasi
Persamaan
a.Mempunyai kepentingan soal keduniawian
b.Berasal dari Barat
c.Merupakan hasil perbandingan dari berbagai aspek kehidupan manusia yang dirasionalisasikan
d.Merupakan proses perubahan

Perbedaan
a.Mutlak ada dan  diperlukan oleh
setiap Negara
b.Tidak mempersoal kan atau mengesam pingkan     nilai-nilai keagamaan
c.Proses perkemba ngannya lebih bersi fat umum


a.Mutlak pembaratan
b.Tidak Mempersoalkan  /mempertentangkan kebudayaan Barat dengan kebudayaan setempat
c.Bentuk Barat sering
kali dipandang sebagai satu-satu
nya kemungkinan yang ada

a.Semata-mata bero rientasi pada masalah dunia
b.Tidak terikat pada
nilai-nilai agama dan cenderung bersifat ilmiah saja
c.Proses perkembangan nya terjadi di bidang
keagamaan



b.Syarat-syarat modernisasi
Menurut Soerjono Soekanto, syarat-syarat modernisasi tersebut adalah sebagai berikut. 
·         Cara berpikir ilmiah (scientific thinking') yang sudah melembaga dan tertanam kuat dalam kalangan pemerintah maupun masyarakat luas.
·         Sistem administrasi negara yang baik dan benar-benar mewujudkan birokrasi.
·         Sistem pengumpulan data yang baik, teratur, dan terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu seperti BPS (Biro Pusat Statistik).
·         Penciptaan iklim yang menyenangkan (favourable) terhadap modernisasi terutama media massa.
·         Tingkat organisasi yang tinggi, terutama disiplin diri.
·         Sentralisasi wewenang dalam perencanaan sosial (social planning) yang tidak mementingkan kepentingan pribadi atau golongan.
C.Ciri-ciri manusia modern.
Menurut Alex Inkeles, ciri-ciri manusia modern adalah sebagai berikut.
a.       Memiliki sikap terbuka dan menerima hal baru atau pengalaman baru.
b.       Mempunyai pendapat terhadap persoalan yang ada di dalam lingkungan dan di luar lingkungan.
c.       Lebih berorientasi ke masa depan dari pada masa lalu.
d.      Memiliki perencanaan dan pengorganisasian dalam hidupnya. 
e.       Manusia modern harus mempunyai sikap dan percaya diri,berani mengatakan secara obyektif berdasarkan pengkajian dan perhitungan yang matang dan rasional.
f.        Menghagai harkat dan hasil karya orang lain. 
g.       Manusia modern mampu berpikir secara rasional dan objektif berdasarkan metode-metode ilmu pengetahuan dan teknologi.
h.       Menjunjung tinggi keadilan dan keseimbangan antara hak dan kewajiban.
i.         Bersedia menerima kritik yang sifatnya membangun. demi kemajuan dan kesempurnaan pekerjaannya.
j.         Belajar dari pengalaman dan ilmu pengetahuan guna mencapai maksud dan tujuan.

2.Dampak perubahan sosial budaya sebagai akibat modernisasi
1.      Pembangunan dalam segala aspek kehidupan
2.      Mempercepat Perkembangan Iptek.
3.      Industrialisasi dalam kehidupan masyarakat
4.Bertambah Luasnya Lapangan Pekerjaa
5.      Urbanisasi
6.Membentuk Tenaga Kerja Profesional
7.      Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi Kerja
8.      Meningkatnya Volume Ekspor
9.      Tersedianya Barang-Barang Konsumsi
3. Dampak Perubahan Sosial Budaya sebagai akibat Globalisasi
a.Pengertian globalisasi.
            Gobalisasi adalah suatu proses penyebaran unsur-unsur baru atau hal baru khususnya yang menyangkut informasi secara duniawi melalui media cetak dan elektronik. 
b.Proses Terjadinya Globalisasi
Semakin berkembangnya industri dan kebutuhan akan bahan baku serta pasar juga memunculkan berbagai perusahaan multinasional di duma. Di Indonesia misalnya, sejak Politik Pintu Terbuka, perusahaan-perusahaan Eropa membuka berbagai cabangnya di Indonesia. Freeport dan. Exxon dari Amerika Serikat, Unilever dari Belanda, British Petroleum dari inggris adalah beberapa contohnya. Perusahaan multinasional seperti ini tetap menjadi ikon globalisasi hingga saat ini.
         Dengan globalisasi ini, unsur-unsur budaya asing akan mudah masuk ke Indonesia.  Budaya yang datang dari luar tidak semuanya positif bagi perkembangan dan kehidupan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila.  Tetapi unsur-unsur budaya asing juga ada yang bersifat negatif.

c.Dampak Positif Globalisasi
1.      Terbukanya Penyediaan Modal.
2.      Lancarnya Komunikasi.
3.      Terciptanya Transaksi Ekonomi yang Efektif
4.      Tersedianya Barang-Barang dengan Banyak Pilihan
d. Dampak Negatif Modernisasi dan Globalisasi.
1.      Goncangan budaya (culture shock).
  1. Pergeseran nilai-nilai budaya yang menimbulkan anomie
  2. Ketertinggalan budaya (cultural lag)
  3. Munculnya Sikap Konsumeristis
5.      Munculnya Kodisi Disharmoni
  1. Kerusakan Lingkungan
7.      Adanya Demoralisasi
8.      Menurunnya Kemandirian dalam Menghadapi Masalah
  1. Meningkatnya Sikap Egois dan Materialistis
  2. Munculnya Pola Kehidupan yang Kompetitif dan Disorganisasi Sosial

Tujuan Pembelajaran  :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Memahami pengertian perubahan sosial

Indikator:
  1. Menjelaskan Dampak Perubahan Sosial Budaya sebagai akibat  modernisasi
2.      Menyebutkan Dampak perubahan sosial budaya sebagai akibat modernisasi
3.      Menyebutkan Dampak perubahan sosial budaya sebagai akibat Globalisasi

Metode Pembelajaran  :
  1. Ceramah
  2. Informasi
  3. Diskusi
Langkah-langkah Pembelajaran
NO

KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA

ALOKASI
WAKTU
I









II















III



Pendahuluan :
§  Motivasi                        : 
-Mengapa setiap modernisasi dan globalisasi menimbukan dampak perubahan sosial budaya .
§  Pengetahuan prasyarat  : 
-Pengertian modernisasi dan globalisasi
§  Rambu-rambu Belajar    : 
-Siswa secara aktif mengkaji materi
-Guru mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan sesuai sub indicator yang ada
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca materi  yang telah disediakan agar mengerti apa itu modernisasi dan globalisasi
§  Siswa memperhatikan penjelasan guru dilayar LCD,sambil tanya jawab dari materi yang dijelaskan guru
§  Secara kelompok mengadakan pengamatan dilingku ngannya dan mencari contoh tentang modernisasi dan globalisasi  yang terjadi.
·        Secara kelompok menampilkan dan menerangkan di LCD hasil pengamatannya tentang perubahan-perubahan sosial yang terjadi
·        Secara kelompok menampilkan dan  menguraikan di :LCD kecenderungan masyarakat untuk berubah dan bertahan.
·        Secara kelompok membandingkan antara modernisasi dan globalisasi yang terjadi di masarakat

·        Penutup :
§  Siswa membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajarinya

20 Menit










140 menit
















20 menit



Sumber/ Bahan / Alat
1.      Sumber                 : Model pembelajaran sosiologi XI  oleh Drs.Heru Nugroho dan buku-buku sosiologi yang relevan         
2.      Bahan                   :  Koran, majalah
3.     Sumber belajar       :  Alat tulis,  LCD
4.     Media Pembelajaran   :  Power Point

Penilaian.
Penilaian dilakukan melalui penilaian proses,tes lisan atau tertulis,dan portopolio
  1. Penilaian proses dilakukan melalui pengamatan pada saat peserta didik melakukan kegiatan
  2. Tes lisan dilakukan melalui tanya jawab tentang kegiatan yang baru dilakukan peserta didik sesuai dengan indikator kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran atau  tes tertulis dengan memberi soal yang harus dikerjakan  dilembar kertas
  3. Portopolio mencakup seluruh hasil kegiatan peserta didik yang dikumpulkan untuk dijadikan bahan penilaian akhir.
  4. Penilaian afektif
Penilaian :
LEMBAR PENGAMATAN
Kelas. : …..                                                                  Kelompok :
No
Nama Siswa
Unsur Penilaian
Jumlah skor
Kategori
Kreativitas
Keaktifan
Emosi
Inisia
tif
Kerjasama
1.








2.








3.








4.








5.








Keterangan :
Pedoman Peskoran
Skor
Pedoman Kategori
Skor
  • Sangat Baik     
  • Baik                  
  • Cukup 
  • Kurang

4
3
2
1
  • Sangat Baik     
  • Baik                  
  • Cukup 
  • Kurang

16 - 20
11 - 15
06 - 10
01 - 05
Skor Tertinggi = 4 x 5 = 20
Skor terendah  = 1 x 5 = 5




Soal tes tertulis.
  1. Menjelaskan persamaan dan perbedaan ,modernisasi,westernisasi dan sekuralisasi
  2. Menjelaskan 5 syarat modernisasi
  3. Menjelaskan 5 ciri-manusia modern
4.      Menyebutkan 4 dampak perubahan sosial budaya sebagai akibat modernisasi
5.      Menyebutkan 4 dampak negatif  akibat Globalisasi
Jawaban Soal Tes.
1.Persamaan dan Perbedaan modernisasi dengan westernisasi dan sekularisasi.

Modernisasi
Westernisasi
Sekuralisasi
Persamaan
a.Mempunyai kepentingan soal keduniawian
b.Berasal dari Barat
c.Merupakan hasil perbandingan dari berbagai aspek kehidupan manusia yang dirasionalisasikan
d.Merupakan proses perubahan

Perbedaan
a.Mutlak ada dan  diperlukan oleh
setiap Negara
b.Tidak mempersoal kan atau mengesam pingkan     nilai-nilai keagamaan
c.Proses perkemba ngannya lebih bersi fat umum


a.Mutlak pembaratan
b.Tidak Mempersoalkan  /mempertentangkan kebudayaan Barat dengan kebudayaan setempat
c.Bentuk Barat sering
kali dipandang sebagai satu-satu
nya kemungkinan yang ada

a.Semata-mata bero rientasi pada masalah dunia
b.Tidak terikat pada
nilai-nilai agama dan cenderung bersifat ilmiah saja
c.Proses perkembangan nya terjadi di bidang
keagamaan

2.Syarat-syarat modernisasi menurut Soerjono Soekanto, syarat-syarat modernisasi tersebut adalah sebagai berikut. 
a.       Cara berpikir ilmiah (scientific thinking') yang sudah melembaga dan tertanam kuat dalam kalangan pemerintah maupun masyarakat luas.
b.      Sistem administrasi negara yang baik dan benar-benar mewujudkan birokrasi.
c.       Sistem pengumpulan data yang baik, teratur, dan terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu seperti BPS (Biro Pusat Statistik).
d.      Penciptaan iklim yang menyenangkan (favourable) terhadap modernisasi terutama media massa.
e.       Tingkat organisasi yang tinggi, terutama disiplin diri.
f.       Sentralisasi wewenang dalam perencanaan sosial (social planning) yang tidak mementingkan kepentingan pribadi atau golongan.
3.Ciri-ciri manusia modern.menurut Alex Inkeles, ciri-ciri manusia modern adalah sebagai berikut.
a.       Memiliki sikap terbuka dan menerima hal baru atau pengalaman baru.
b.      Mempunyai pendapat terhadap persoalan yang ada di dalam lingkungan dan di luar lingkungan.
c.       Lebih berorientasi ke masa depan dari pada masa lalu.
d.      Memiliki perencanaan dan pengorganisasian dalam hidupnya. 
e.       Manusia modern harus mempunyai sikap dan percaya diri,berani mengatakan secara obyektif berdasarkan pengkajian dan perhitungan yang matang dan rasional.
f.       Menghagai harkat dan hasil karya orang lain. 
g.      Manusia modern mampu berpikir secara rasional dan objektif berdasarkan metode-metode ilmu pengetahuan dan teknologi.
h.      Menjunjung tinggi keadilan dan keseimbangan antara hak dan kewajiban.
i.        Bersedia menerima kritik yang sifatnya membangun. demi kemajuan dan kesempurnaan pekerjaannya.
j.        Belajar dari pengalaman dan ilmu pengetahuan guna mencapai maksud dan tujuan
4.Dampak perubahan sosial budaya sebagai akibat modernisasi
a.       Pembangunan dalam segala aspek kehidupan
b.      Mempercepat Perkembangan Iptek.
c.       Industrialisasi dalam kehidupan masyarakat
d.      Bertambah Luasnya Lapangan Pekerjaa
e.       Urbanisasi
f.       Membentuk Tenaga Kerja Profesional
g.      Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi Kerja
h.      Meningkatnya Volume Ekspor
i.        Tersedianya Barang-Barang Konsumsi
5.Dampak Negatif Modernisasi dan Globalisasi.
a.       Goncangan budaya (culture shock).
b.      Pergeseran nilai-nilai budaya yang menimbulkan anomie
c.       Ketertinggalan budaya (cultural lag)
d.      Munculnya Sikap Konsumeristis
e.       Munculnya Kodisi Disharmoni
f.       Kerusakan Lingkungan
g.      Adanya Demoralisasi
h.      Menurunnya Kemandirian dalam Menghadapi Masalah
i.        Meningkatnya Sikap Egois dan Materialistis
j.        Munculnya Pola Kehidupan yang Kompetitif dan Disorganisasi Sosial

.Penskoran:
Penskoran:
No
Soal
Uraian
Skor
1
-Menjawab perbedaan dan persamaan Betul
-Menjawab perbedaan saja atau persamaan saja Betul
-Menjawab perbedaan dan persamaan salah
6
3
0
2
-Menjawab 5 betul  semua
-Menjawab 4 betul 
-Menjawab 3 betul 
-Menjawab 2 betul
-Menjawab 1 betul
-Menjawab salah semua
5
4
3
2
1
0
3
-Menjawab 5 betul  semua
-Menjawab 4 betul 
-Menjawab 3 betul 
-Menjawab 2 betul
-Menjawab 1 betul
-Menjawab salah semua
5
4
3
2
1
0
4
-Menjawab 4 betul  semua
-Menjawab 3betul
-Menjawab 2 betul
-Menjawab 1 betul
-Menjawab salah semua
4
3
2
1
0
5
-Menjawab 4 betul  semua
-Menjawab 3betul
-Menjawab 2 betul
-Menjawab 1 betul
-Menjawab salah semua
4
3
2
1
0

                      Penilaian:
Skor
Nilai
24
100
23
96
22
92
21
88
20
83
19
79
18
75
17
71
16
67
15
63
1
4
13
54
12
50
11
46
10
42
9
38
8
33
7
29
6
25
5
21
4
17
3
13
2
8
1
4
0
-


       LEMBAR PENILAIAN
Aspek              : Afektif
Indikator          :
Kelas / Sms      : XI / 1
No.
Nama Siswa
Pernyataan
Jumlah
Nilai
Rt
Ket.
1
2
3
1
2
3
4









Keterangan :
Pernyataan
Pedoman Peskoran
Pedoman Kategori
Skor
1.
2.
3.
Mengemukakan pertanyaan
Memberikan tanggapan
 Berpartisipasi / antusias
(A)   Selalu                 
(B)   Sering                     
(C)   Jarang                 
(D)   Tidak pernah           

90 – 100
80  – 89
60  – 79
   < 60

Tugas Siswa.
1.      Mengadakan pengamatan perubahan sosial yang ada di lingkungannya masing-masing
2.      Membuat kliping perubahan sosial yang ada di koran ,majalah dan menganalisa faktor penyebabnya

                                                                           Malang   25     Juli        .2010

Memeriksa/menyetujui                                                Disusun Oleh

Kepala SMA Negeri 5 Malang                                                 Guru Mata Pelajaran Sosiologi






Drs.Supriyono M.Si                                                Drs.Heru Nugroho
NIP.195708031982011003                           Nip.196203111986031012


                                                           















RENCANA PELAKSANAAN
 PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMA Negeri 5 Malang
Mata Pelajaran          :  SOSIOLOGI
Pokok Bahasan         : Perubahan Sosial
Sub Pokok Bahasan : Dampak Perubahan Sosial
Kelas / Program        :  XII (Dua belas) / Ilmu Sosial
Semester/Tapel         :  I (Satu) / 2008/2009
Alokasi waktu           :  4 x 45 Menit


Text Box: Standar Kompetensi	 
Memahami dampak perubahan  sosial .
.

Text Box: Kompetensi Dasar 	   
Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat



Materi Pembelajaran:

a.Tantangan Globalisasi Terhadap Eksistensi Jati diri Bangsa
Secara fundamental, era globalisasi merupakan suatu era peradaban yang ditandai oleh lancarnya komunikasi antarmanusia di dunia sehingga msyarakat dunia menjadi satu sistem pergaulan yang intim. Jarak antar negara tidak lagi menjadi kendala untuk berkomunikasi. Di samping itu, batas wilayah antar negara tidak lagi menghalangi transaksi pada berbagai segi kehidupan manusia. Dengan demikian, era globalisasi telah membuat seluruh masyarakat di muka bumi menjadi satu lingkungan pergaulan dangan satu sistem yang seragam dan komunikasi yang efektif.

 b.Tantangan Globalisasi ke dalam masyarakat
Hal ini merupakan salah satu dari akibat adanya keterbukaan dan hubungan dengan bangsa lainnya yang semakin bebas dan mudah.  Dengan kata lain, tantangan global adalah masuknya nilai-nilai asing ke dalam suatu masyarakat, bangsa, atau negara yang dapat mengancam kepribadian bangsa akibat dari adanya keterbukaan dan hubungan dengan bangsa lain yang semakin bebas dan mudah.Dewasa ini, bangsa Indonesia tengah berada di dalam masa transisi yaitu dari masyarakat agraris menuju masyarakat industri.  Untuk itu kita pun harus dapat memanfaatkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Ilmu pengetahuan dan teknologi ini juga pastinya banyak kita serap dari luar.  Sejalan dengan itu, nilai-nilai sosial budaya yang belum sesuai dengan nilai budaya bangsa Indonesia yang dapat ikut terserap.Nilai – nilai tersebut dapat berupa sifat, pandangan, pahan dan juga gaya hidup yaitu egois, materialisme, sekulerisme, ekstrimisme, chauvinisme, elitisme, dan eksklusifisme, diskriminatif, konsumtif, dan glamoristik.
a.             Egois, yaitu sifat yang hanya mementingkan diri sendiri.
b.             Materialisme, yaitu pandangan yang mengutamakan materi (harta).  Dengan kata lain, suatu sikap yang menganggap materi merupakan segalanya.  Hal ini akan mendorong berkembangnya mental serakah  terhadap sesama manusia dan lingkungan alam.
c.             Sekulerisme, yaitu paham yang mengajarkan bahwa moralitas tidak perlu diajarkan pada ajaran agama.
d.            Ekstrimisme, yaitu pandanan yang melampaui batas kebiasaan atau norma-norma yang ada dan berlaku di suatu tempat pada saat itu.
e.             Chauvinisme, yaitu paham yang mengagungkan bangsa sendiri dan merendahkan bangsa lain.
f.              Elitisme dan eksklusifisme, yaitu pandangan dari  seseorang yang merasa dirinya merupakan orang atau sekelompok orang yang terpandang atau berderajat tinggi sehingga orang lain dianggap rendah.
g.             Diskriminatif, yaitu sifat seseorang yang suka membeda-bedakan antara orang yang satu dengan orang lainnya.
h.             Konsumtif, yaitu sifat seseorang yang suka membelanjakan uangnya untuk barang-barang yang tidak menghasilkan atau habis pakai, sehingga sangat merugikan
i.               Glamoristik, yaitu suatu sikap atau gaya hidup seseorang yang lebih suka menonjolkan kemewahan.
c.Pengaruh Tantangan Global terhadap Budaya Bangsa
Karakteristik
Etos Kerja Masyarakat Negara Maju
Karakteristik
Etos Kerja Masyarakat Negara Berkembang
system social telah didasarkan pada
standar kerja dengan ukuran prestasi
sistem sosial masih terpaku pada sistem famili yang bersifat subjektif
lebih mementingkan substansi pekerjaan daripada formalitas 
lebih mementingkan formalitas daripada substansi yang pokok dalam suatu pekerjaan
informasi bersifat objektif dan didasarkan
pada fakta-fakta yang dapatper tanggung
jawabkan
informasi bersifat subjektif dan tidak berdasar kan fakta yang objektif
terbiasa bekerja dengan cepat dan menepati waktu
terbiasa bekerja dengan lamban dan tidak menepati waktu
Dalam setiap aktivitas telah terbiasa meng
gunakan suatu perencanaan
dalam setiap aktivitas belum terbiasa menggu nakan perencanaan
penguasaan ilmu pengetahuan dan tekno
logi cukup memadai
penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi masih bersifat terbatas
terbiasa menggunakan sistem ekonomi
efisiensi
etos kerja relatif rendah dan cenderung mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan umum
etos kerja relatif tinggi dan sudah memiliki
kesadaran untuk menjaga kepentingan
umum
etos kerja relatif rendah dan cenderung mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan umum
terbiasa menggunakan sistem ekonomi
efisiensi
terbiasa menggunakan sistem ekonomi biaya tinggi

d.Pengaruh Tantangan Global terhadap Eksistensi Jati Diri Bangsa
Dalam konteks era globalisasi, budaya dibedakan menjadi dua macam, yaitu budaya asing dan budaya local. Budaya asing dalam konteks ini adalah semua budaya yang datang dari luar negeri, khususnya dari negara sahabat, negara tetangga, dan negara-negara maju yang memiliki potensi masuk ke dalam wilayah nagara kita.Sementara itu, budaya local adalah budaya setempat yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat dalam bentuk negara. Pengertian identik dengan budaya nasional, seperti budaya Indonesia, budaya Malaysia, budaya Jepang, budaya Prancis, dan budaya China.
Bangsa Indonesia memiliki jati diri berbeda dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Jati diri bangsa Indonesia antara lain sebagai berikut :
·               Lebih mementingkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·               Senantiasa menempuh jalam musyawarah dalam mencapai suatu mufakat.
·               Lebih memandang penting gotong royong antarkomponen masyarakat.
·               Menghoramati harkat dan martabat orang lain (sopan santun).
·               Dapat menerima perbedaan serta menghargai perbedaan-perbedaan.
Dampak era globalisasi terus  sebagai berikut :
a.       masuknya budaya yang dapat merusak tatanan kesusilaan, kesopanan, dan tradisi masyarakat local yang telah tertanam kuat.
b.       Munculnya industri-industri asing di negara berkembang.
c.       Tenaga kerja local cenderung menjadi tenaga kerja kasar, sedangkan tenaga kerja ahli dan pengendalian industri serta ekonomi akan jatuh ke tangan asing.
d.      Terdesaknya kebudayaan local oleh kebudayaan negara maju, seperti teknologi, kesenian dan bahasa.
e.       Terdesaknya tenaga kerja local oleh tenaga kerja asing yang terkadang memiliki kemampuan kerja lebih baik dengan upah lebih murah.
f.        Beberapa industri local khususnya industri kecil dan menengah terancam gulung tikar karena tersaingi oleh produk-produk sejenis yang bersal dari negara-negara maju.
e.Gagasan Atau Pemikiran Untuk Mengatntisipasi Dampak Negatif Perubahan Sosial
1.      Menyeleksi dan Menyaring Nilai-Nilai Budaya Asing
2.      Memelihara dan Mengembangkan Budaya Nasional.
3.      Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi adanya perubahan social budaya sebagai akibat adanya modernisasi dan globalisasi adalah sebagai berikut:
1.      Menanamkan rasa kebangsaan
2.      Meningkatkan dan memantapkan idiologi nasional (Pancasila).
3.   Menanamkan dan mengembangkan nilai-seni budaya bangsa Indonesia.

Tujuan Pembelajaran  :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Memahami pengertian perubahan sosial

Indikator:
1.      Menjelaskan Tantangan Globalisasi Terhadap Eksistensi Jati diri Bangsa
2.      Menyebutkan Tantangan Globalisasi ke dalam masyarakat
3.      Menyebutkan Pengaruh Tantangan Global terhadap Budaya Bangsa
4.      Menjekaskan Dampak era globalisasi terus  sebagai berikut :
5.      Menjelaskan Gagasan Atau Pemikiran Untuk Mengatntisipasi Dampak Negatif Perubahan Sosial
Metode Pembelajaran  :
  1. Ceramah
  2. Informasi
  3. Diskusi
Langkah-langkah Pembelajaran
NO

KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA

ALOKASI
WAKTU
I









II















III



Pendahuluan :
§  Motivasi                        : 
-Mengapa setiap modernisasi dan globalisasi menimbukan dampak perubahan sosial budaya .
§  Pengetahuan prasyarat  : 
-Pengertian modernisasi dan globalisasi
§  Rambu-rambu Belajar    : 
-Siswa secara aktif mengkaji materi
-Guru mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan sesuai sub indicator yang ada
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca materi  yang telah disediakan agar mengerti apa itu modernisasi dan globalisasi
§  Siswa memperhatikan penjelasan guru dilayar LCD,sambil tanya jawab dari materi yang dijelaskan guru
§  Secara kelompok mengadakan pengamatan dilingku ngannya dan mencari contoh tentang modernisasi dan globalisasi  yang terjadi.
·        Secara kelompok menampilkan dan menerangkan di LCD hasil pengamatannya tentang perubahan-perubahan sosial yang terjadi
·        Secara kelompok menampilkan dan  menguraikan di :LCD kecenderungan masyarakat untuk berubah dan bertahan.
·        Secara kelompok membandingkan antara modernisasi dan globalisasi yang terjadi di masarakat

·        Penutup :
§  Siswa membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajarinya

20 Menit










140 menit
















20 menit



Sumber/ Bahan / Alat
1.      Sumber                 : Model pembelajaran sosiologi XI  oleh Drs.Heru Nugroho dan buku-buku sosiologi yang relevan         
2.      Bahan                   :  Koran, majalah
3.     Sumber belajar       :  Alat tulis,  LCD
4.     Media Pembelajaran   :  Power Point

Penilaian.
Penilaian dilakukan melalui penilaian proses,tes lisan atau tertulis,dan portopolio
  1. Penilaian proses dilakukan melalui pengamatan pada saat peserta didik melakukan kegiatan
  2. Tes lisan dilakukan melalui tanya jawab tentang kegiatan yang baru dilakukan peserta didik sesuai dengan indikator kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran atau  tes tertulis dengan memberi soal yang harus dikerjakan  dilembar kertas
  3. Portopolio mencakup seluruh hasil kegiatan peserta didik yang dikumpulkan untuk dijadikan bahan penilaian akhir.
  4. Penilaian afektif
Penilaian :
LEMBAR PENGAMATAN
Kelas. : …..                                                                  Kelompok :
No
Nama Siswa
Unsur Penilaian
Jumlah skor
Kategori
Kreativitas
Keaktifan
Emosi
Inisia
tif
Kerjasama
1.








2.








3.








4.








5.








Keterangan :
Pedoman Peskoran
Skor
Pedoman Kategori
Skor
  • Sangat Baik     
  • Baik                  
  • Cukup 
  • Kurang

4
3
2
1
  • Sangat Baik     
  • Baik                  
  • Cukup 
  • Kurang

16 - 20
11 - 15
06 - 10
01 - 05
Skor Tertinggi = 4 x 5 = 20
Skor terendah  = 1 x 5 = 5




Soal tes tertulis.
1.      Menjelaskan Tantangan Globalisasi Terhadap Eksistensi Jati diri Bangsa
2.      Menyebutkan 5 Tantangan Globalisasi ke dalam masyarakat
3.      Menyebutkan 4 Pengaruh Tantangan Global terhadap Budaya Bangsa
4.      Menjekaskan 5 Dampak era globalisasi terus  sebagai berikut :
5.      Menjelaskan 3.Gagasan Atau Pemikiran Untuk Mengatntisipasi Dampak Negatif Perubahan Sosial

Jawaban Soal Tes.
1.Tantangan Globalisasi Terhadap Eksistensi Jati diri Bangsa Secara fundamental, era globalisasi merupakan suatu era peradaban yang ditandai oleh lancarnya komunikasi antarmanusia di dunia sehingga msyarakat dunia menjadi satu sistem pergaulan yang intim. Jarak antar negara tidak lagi menjadi kendala untuk berkomunikasi. Di samping itu, batas wilayah antar negara tidak lagi menghalangi transaksi pada berbagai segi kehidupan manusia. Dengan demikian, era globalisasi telah membuat seluruh masyarakat di muka bumi menjadi satu lingkungan pergaulan dangan satu sistem yang seragam dan komunikasi yang efektif.
2.Tantangan Globalisasi ke dalam masyarakat
a.       Egois, yaitu sifat yang hanya mementingkan diri sendiri.
b.      Materialisme, yaitu pandangan yang mengutamakan materi (harta).  Dengan kata lain, suatu sikap yang menganggap materi merupakan segalanya.  Hal ini akan mendorong berkembangnya mental serakah  terhadap sesama manusia dan lingkungan alam.
c.       Sekulerisme, yaitu paham yang mengajarkan bahwa moralitas tidak perlu diajarkan pada ajaran agama.
d.      Ekstrimisme, yaitu pandanan yang melampaui batas kebiasaan atau norma-norma yang ada dan berlaku di suatu tempat pada saat itu.
e.       Chauvinisme, yaitu paham yang mengagungkan bangsa sendiri dan merendahkan bangsa lain.
f.       Elitisme dan eksklusifisme, yaitu pandangan dari  seseorang yang merasa dirinya merupakan orang atau sekelompok orang yang terpandang atau berderajat tinggi sehingga orang lain dianggap rendah.
g.      Diskriminatif, yaitu sifat seseorang yang suka membeda-bedakan antara orang yang satu dengan orang lainnya.
h.      Konsumtif, yaitu sifat seseorang yang suka membelanjakan uangnya untuk barang-barang yang tidak menghasilkan atau habis pakai, sehingga sangat merugikan
i.        Glamoristik, yaitu suatu sikap atau gaya hidup seseorang yang lebih suka menonjolkan kemewahan.


3.Pengaruh Tantangan Global terhadap Budaya Bangsa
No
Karakteristik
Etos Kerja Masyarakat Negara Maju
Karakteristik
Etos Kerja Masyarakat Negara Berkembang
1
system social telah didasarkan pada
standar kerja dengan ukuran prestasi
sistem sosial masih terpaku pada sistem famili yang bersifat subjektif
2
lebih mementingkan substansi pekerjaan daripada formalitas 
lebih mementingkan formalitas daripada substansi yang pokok dalam suatu pekerjaan
3
informasi bersifat objektif dan didasarkan
pada fakta-fakta yang dapatper tanggung
jawabkan
informasi bersifat subjektif dan tidak berdasar kan fakta yang objektif
4
terbiasa bekerja dengan cepat dan menepati waktu
terbiasa bekerja dengan lamban dan tidak menepati waktu
5
Dalam setiap aktivitas telah terbiasa meng
gunakan suatu perencanaan
dalam setiap aktivitas belum terbiasa menggu nakan perencanaan
6
penguasaan ilmu pengetahuan dan tekno
logi cukup memadai
penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi masih bersifat terbatas
7
terbiasa menggunakan sistem ekonomi
efisiensi
etos kerja relatif rendah dan cenderung mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan umum
8
etos kerja relatif tinggi dan sudah memiliki
kesadaran untuk menjaga kepentingan
umum
etos kerja relatif rendah dan cenderung mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan umum
9
terbiasa menggunakan sistem ekonomi
efisiensi
terbiasa menggunakan sistem ekonomi biaya tinggi

4.Dampak era globalisasi terus  sebagai berikut :
a.       masuknya budaya yang dapat merusak tatanan kesusilaan, kesopanan, dan tradisi masyarakat local yang telah tertanam kuat.
b.      Munculnya industri-industri asing di negara berkembang.
c.       Tenaga kerja local cenderung menjadi tenaga kerja kasar, sedangkan tenaga kerja ahli dan pengendalian industri serta ekonomi akan jatuh ke tangan asing.
d.      Terdesaknya kebudayaan local oleh kebudayaan negara maju, seperti teknologi, kesenian dan bahasa.
e.       Terdesaknya tenaga kerja local oleh tenaga kerja asing yang terkadang memiliki kemampuan kerja lebih baik dengan upah lebih murah.
f.       Beberapa industri local khususnya industri kecil dan menengah terancam gulung tikar karena tersaingi oleh produk-produk sejenis yang bersal dari negara-negara maju.
5. Gagasan Atau Pemikiran Untuk Mengatntisipasi Dampak Negatif Perubahan Sosial
a.       Menyeleksi dan Menyaring Nilai-Nilai Budaya Asing
b.      Memelihara dan Mengembangkan Budaya Nasional.
c.       Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

.Penskoran:
Penskoran:
No
Soal
Uraian
Skor
1
-Menjawab benar
-Menjawab salah
3
0
2
-Menjawab 5 betul  semua
-Menjawab 4 betul 
-Menjawab 3 betul 
-Menjawab 2 betul
-Menjawab 1 betul
-Menjawab salah semua
5
4
3
2
1
0
3
-Menjawab 4 betul  semua
-Menjawab 3 betul 
-Menjawab 2 betul
-Menjawab 1 betul
-Menjawab salah semua
4
3
2
1
0
4
-Menjawab 5 betul  semua
-Menjawab 4 betul 
-Menjawab 3betul
-Menjawab 2 betul
-Menjawab 1 betul
-Menjawab salah semua
5
4
3
2
1
0
5
-Menjawab 3 betul semua
-Menjawab 2 betul
-Menjawab 1 betul
-Menjawab salah semua
3
2
1
0

                      Penilaian:
Skor
Nilai
20
100
19
95
18
90
17
85
16
80
15
75
1
5
13
65
12
60
11
55
10
50
9
45
8
40
7
35
6
30
5
25
4
20
3
15
2
10
1
5
0
0



       LEMBAR PENILAIAN
Aspek              : Afektif
Indikator          :
Kelas / Sms      : XI / 1
No.
Nama Siswa
Pernyataan
Jumlah
Nilai
Rt
Ket.
1
2
3
1
2
3
4









Keterangan :
Pernyataan
Pedoman Peskoran
Pedoman Kategori
Skor
1.
2.
3.
Mengemukakan pertanyaan
Memberikan tanggapan
 Berpartisipasi / antusias
(A)   Selalu                 
(B)   Sering                     
(C)   Jarang                 
(D)   Tidak pernah           

90 – 100
80  – 89
60  – 79
   < 60

Tugas Siswa.
1.      Mengadakan pengamatan Dampak era globalisasi terhadap perubahan sosial yang ada di lingkungannya masing-masing
2.      Membuat kliping Gagasan Atau Pemikiran Untuk Mengatntisipasi Dampak Negatif Perubahan Sosial

                                                                           Malang   25     Juli        .2010

Memeriksa/menyetujui                                                Disusun Oleh

Kepala SMA Negeri 5 Malang                                                 Guru Mata Pelajaran Sosiologi






Drs.Supriyono M.Si                                                Drs.Heru Nugroho
NIP.195708031982011003                           Nip.196203111986031012