BIMBEL


BIMBINGAN BELAJAR INTENSIF (BBI)
SIAP UNAS SOSIOLOGI KE.1
SMA NEGERI 5 MALANG
TAHUN PELAJARAN 2010-2011

1.   Yang merupakan contoh tindakan social adalah….
A.        Amir mencari pasir di sungai
B.        Anak desa sedang menggembalakan kambingnya di sawah
C.        Devi sedang berlatih menari di ruang kaca sekolah
D.        Ramadhania sedang belajar menulis surat
E.         Demonstran itu menabrakkan mobilnya ke arah kerumunan polisi

2.       Perhatikan pernyataan berikut!
     (1) Jumlah pelakunya lebih dari satu orang.
     (2) Adanya komunikasi antar para pelaku dengan memakai simbol-simbol.
     (3) Adanya dimensi waktu.
     (4) Adanya tujuan tertentu.
     Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri ...
A.           Interaksi sosial 
B.            Interelasi
C.            Komunikasi sosial
D.           Tindakan sosial
E.            Komunikasi massa

3.          Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Jumlah pelakunya lebih dari satu orang.
(2) Adamua komunikasi antar para pelaku dengan memakai simbol-simbol
(3) adanya  Adanya dimensi waktu.
(4) Adanya tujuan tertentu .
Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri ....
A.           interaksi social*       
B.           interelasi
C.           komunikasi  sosial  
D.           tindakan sosial
E.            komunikasi Massa

4.       Kerjasama dalam pengusahaan proyek-proyek besar
pengeboran ladang minyak, pembuatan jalan tol, dan apartemen yang dilakukan oleh dua perusahaan atau lebih disebut ....
A.        bargaining                       
B.        gotong-royong
C.        kooptasi              
D.        joint-yenture*
E.    koalisi

5.       Hal – hal 3berikut yang menunjukkan adanya sugesti adalah...
A.           anak kecil menirukan cara bicara orang tuanya
B.           seorang pemuda menirukan.gaya artis idolanya
C.           serang ibu membeli alat kecantikan setelah  mendengarkan penjelasan sales*
D.           rnemberikan ucapan selamat setelah mendengar temannya lulus ujian sekolah
E.            ikut sedih ketika mendengar temannya mendapatkan kesulitan
6.          Yang merupakan contoh tindakan sosial adalah
A.     Amir mencari pasir di sungai.
B.      Anak desa sedang menggembalakan kambingnya di sawah.
C.      Devi sedang berlatih menari di ruang kaca sekolah.
D.     Ramadhani sedang belajar menulis Surat.
E.      Demonstran itu menabrakkan mobilnya ke arah kerumunan pohsi.
7.          Pelaksanaan perjanjian kerjasama antara perusahaan transportasi dengan perusahaan jamu gendong dalam rangka mudik lebaran merupakan salah satu contoh kerjasama yang disebut ....
A.         bargaining       
B.          joint yenture
C.         cooperation    
D.         accomodation
E.         coalition
8.             Jika seorang anak berbuat dan bertingkah laku seperti yang dilakukan orang tuanya maka anak tersebut melakukan proses ....
A.           imitasi                   
B.           simpati
C.           idendfikasi
D.           empati
E.            sugesti
9.             Gejala berikut ini yang merupakan interaksi sosial disosiatif adalah ....
A.    bertanding sepak bola di lapangan
B.    mengamati perilaku anak yang sedang bermain
C.    melakukan wawancara untuk memperoleh data
D.    memberi makan binatang peliharaan di rumah
E.    bernyanyi mengikuti lagu penyanyi di radio

10.               Interaksi sosial terjadi jika terdapat kontak dan komunikasi. Berikut ini yang merupakan bentuk komunikasi sekunder langsung adalah ....
A.  sesama siswa melakukan pembicaraan melalui telepon
B.   penjual dan pembeli melakukan transaksi di pasar
C.   guru dan murid melaksanakan kegiatan belajar mengajar
D.  orang tua dan anak bekerjasama mengolah tanah
E.   Doni memelihara burung beo hasil tangkapannya sendiri
11.      Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk hidup pribadi dan sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia mempunyai kecenderungan untuk....
A.           berinteraksi
B.           berkuasa
C.           berkompetisi          
D.           berbeda
E.            bekerjasama
12.            Bentuk-bentuk interaksi social dapat berlangsung secara asosiatif maupun disoaisatif. Berikut ini yang merupakan bentuk proses asosiatif adalah . . .
A.        Persaingan
B.        pertentangan
C.        Kontraversi
D.        akomodasi
E.         Konflik
13.        Jika seorang anak berbuat dan bertindak laku seperti yang dilakukan orang tuanya maka anak tersebut melakukan proses….
A.        Imitasi
B.        Simpati
C.        Identifikasi
D.        Empati
E.         Sugesti
14.         Perasaan terharu ketika melihat orang lain mengalami sesuatu yang menrik haninya, kemudian berusaha melakukan sesuatu untuk meringankannya. Hal ini merupakan factor . . .
A.           Sugesti
B.           empati
C.           Imitasi       
D.            motivasi
E.            Simpati
15.      Hal-hal berikut yang menunjukkan adanya sugesti adalah...
A.     Anak kecil menirukan cara bicara orang orang tuanya
B.     Seorang pemuda menirukan gaya artis idolanya
C.     Seorang ibu membeli alat kecantikan setelah mendengarkan penjelasan sales
D.     Memberikan ucapan selamat setelah mendengar temannya lulus ujian sekolah
E.      Ikut sedih ketika mendengar temannya mendapatkan kesulitan

16.         Proses social yang ditandain dengan adanya usaha mengurangi perbedaan antara beberapa orang dalam sosiologi disebut . . .
A.        Kerjasama
B.        Asimilasi
C.        Akomodasi
D.        Kooptasi
E.         Koalisi
17.        Pelaksanaan perjanjian kerjasama antara perusahaan transportasi dengan perusahaan jamu gendong dalam rangka mudik lebaran merupakan salah satu contoh kerjasama yang disebut….
A.           Bargaining
B.            joint venture
C.           Cooperation
D.            accomodation
E.            Coalition
18.         Kerjasama dalam pengusahaan proyek-proyek besar seperti pengeboran ladang    minyak,pembuatan jalan tol,dan apartemen yang dilakukan oleh dua perusahaan atau lebih disebut...
A.           Bargaining 
B.           Gotong-royong
C.           Kooptasi 
D.           Joint-venture
E.            Koalisi
19.              Konsepsi abstrak tentang sesuatu yang berharga dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan apa adanya buruk disebut….
A.           Struktur sosial       
B.           Fungsi nilai
C.           Norma sosial         
D.            Nilai kerohanian
E.            Nilai sosial
20.            Nilai sosial adalah ukuran tentang baik atau buruk, indah atau tidak indah, dan benar atau salah dari individu/kelompok dalam hal ....
A.        tingkah laku           
B.        masyarakat
C.        individu      
D.        kebudayaan
E.         kelompok
21.         Apabila suatu benda berguna bagi unsur fisik manusia  seperri makanan, minuman, dan pakaian benda tersebut mengandung nilai ....
A.           kebenaran    
B.            kerohanian
C.           keindahan    
D.           vital
E.            material
22.   Kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang dalam bentuk yang sama, seperti mengucapkan salam pada waktu mengangkat telepon, memberi hormat kepada orang tua, dan berpamitan setiap meninggalkan rumah, disebut....
A.         usage                       
B.         custom
C.        mores                                   
D.        laws
E.         folkways
   
23.               Suatu keadaan dimana hubungan-hubungan sosial berlangsung dengan selaras, serasi, dan harmonic menurut nilai yang berlaku adalah definisi dari
A.           keteraturan social   
B.           nilai sosial
C.           tertib sosial   
D.           pengendalian sosial
E.            norma social
24.         Suatu keadaan dimana hubungan-hubungan sosial berlangsung dengan selaras,serasi, dan harmonis menurut nilai yang berlaku adalah definisi dari...
A.           Keteraturan sosial   
B.           Nilai sosial
C.           Tertib sosial  
D.            Pengendalian sosial
E.            .Norma sosial
25.         Apabila suatu benda berguna bagi unsur fisik manusia,seperti makanan,minuman, dan pakaian maka benda tersebut mengandung nilai...
A.        Kebenaran 
B.        Kerohanian
C.        Keindahan    
D.        Vital
E.         Material
26.               Segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk mengadakan aktivitas atau kegiatan disebut nilai . . .
A.     Material       
B.     Kebenaran
C.     Vital 
D.     Keindahan
E.      Kerohanian

27.              Menggunakan tangan kiri ketika sedang menyerahkan sesuatu merupakan pelanggaran norma…
A.     Cara
B.     Adat istiadat
C.     Kebiasaan
D.     Hukum
E.      Tata kelakuan
28.         Kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang dalam bentuk yang sama,seperti mengucapakn salam pada waktu mengangkat telepon,memberi hormat kepada orang tua, dan berpamitan setiap meninggalkan rumah,disebut...
A.        Usage     
B.        Custom
C.        Mores  
D.        Laws
E.         Folkways
29.      Kaidah untuk mengatur perilaku individu atau kelompok dalam masyarakat yang berlaku secara tegas, tertulis, dan disertai sanki tergolong jenis ....
A.           norma tata kelakuan            
B.           norma adat
C.           norma kebiasaan      
D.           norma hukum
E.            norma, kelaziman
30.               Aturan yang berlaku dalam masyarakat yang disertai dengan sesuatu ancaman jika tidak melakukannya disebut . . .
A.        Normal
B.        custom
C.        Usage
D.        hukum
E.         Mores
31.           Berikut ini yang bukan merupakan fungsi nilai sosial adalah….
A.           Dapat mengembangkan seperangkat alat untuk menetapkan harga social dari suatu kelompok
B.           Dapat mengarahkan masyarakat untuk berpikir dan bertingkah laku
C.           Sebagai alat solodaritas
D.           Sebagai alat yang memaksa individu untuk menyesuaikan diri
E.            Sabagai alat pengawas control social
32.      Konsepsi abstrak tentang sesuatu yang berharga dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk disebut ..
A.        struktur sosial         
B.        fungsi nilai
C.        norma sosial           
D.        nilai kerohanian
E.         nilai social

33.         Menggunakan tangan kiri ketika sedang menyerah­kan sesuatu merupakan pelanggaran norma
A.           cara                       
B.            adat istiadat
C.       kebiasaan  
D.       hukum
E.            tata kelakuan
34.               Berikut ini yang bukan merupakan fungsi nilai sosial adalah ....
A.           dapat mengembangkan seperangkat alat untuk menetapkan harga sosial dari suatu kelompok
B.           dapat mengarahkan masyarakat untuk berfikir dan bertingkah laku
C.           sebagai alat solidaritas
D.           sebagai alat yang memaksa individu untuk menyesuaikan diri
E.            sebagai alat pengawas atau kontrol social
35.              Kaidah untuk mengatur perilaku individu atau kelompok dalam masyarakat yang berlaku secara tegas, tertulis, dan disertai sanki tergolong jenis ....
A.        norma tata kelakuan           
B.        norma adat
C.        norma kebiasaan    
D.        norma hukum
E.         norma, kelaziman
36.            Norma social yang berlaku di masyarakat akan berjalan dengan baik apabila
A.     penolakan dari sebagian kecil anggota masyarakat
B.     berlaku bagi semua anggota masyarakat
C.     anggota masyarakat mau menerima dan melaksanakan norma yang ada
D.     bersifat memaksa anggota masyarakat uuntuk mentaatinya
E.      adanya kewajiban dan larangan yang jelas dan dimengerti oleh masyarakat
37.        Proses sosialisasi primer terjadi dalam lingkungan…
A.        Tempat bermain     
B.        Keluarga
C.        Tempat kerja
D.        Masyarakat
E.         Sekolah
38.            individu banyak mengenal nilai, norma, dan peran sosial melalui proses pergaulan atau interaksi dengan masyarakat sekitar. Proses belajar tersebut dalam sosiologi dinamakan ...
A.           Integrasi     
B.           konsolidasi
C.           enkulturasi 
D.           interseksi
E.            sosialisasi
39.            Proses sosialisasi primer terjadi dalam lingkungan....
A.     teman bermain          
B.     keluarga
C.     tempat kerja  
D.     masyarakat
E.      sekolah
40.               Di sekolah, pergaulan para siswa dengan teman maupun guru diatur secara jelas. Proses sosialisasi yang terjadi tergolong berbentuk ....
A.     formal 
B.     komunal
C.     non-formal     
D.     individual
E.      in-formal
41.         Tujuan sosialisasi adalah penanaman kemampuan­kemampuan berikut, kecuali ....
A. keterampilan yang dibutuhkan di masyarakat
B. berkomunikasi secara efektif dan efisien
C. mengendalikan fungsi-fungsi organik
D. bertingkah laku sesuai dengan norma
E. meningkatkan ketahanan tubuh
42.      Suatu proses dimana seseorang belajar mengenal dan menghayad unsur-unsur kebudayaan yang berupa cara-cara bersikap, bertindak, dan berinteraksi dalam masyarakat disebut ....
A.           internalisasi  
B.           sosialisasi
C.           enkulturasi   
D.           komunikasi
E.            normalisasi
43.         Arman yang dulunya berambut hitam tiba-tiba mengubah warna rambutnya menjadi pirang. Tindakan Arman tersebut dilakukan setelah sering melihat artis idolanya di teleyisi yang juga berambut pirang. Agen sosialisasi dari kasus tersebut adalah ....
A.        keluarga luas            
B.        lingkungan kerja
C.        teman sepermainan  
D.        media elektronik
E.         sekolah formal         
44.         Tujuan sosialisasi adalah penanaman kemampuan-kemampuan berikut,kecuali...
A.           Keterampilan yang dibutuhkan di masyarakat
B.           Berkomunikasi secara efektif dan efisien
C.           Mengendalikan fungsi-fungsi organik
D.           Bertingkah laku sesuai dengan norma
E.            Meningkatkan ketahanan tubuh
45.         Suatu proses dimana seseorang belajar mengenal dan menghayati unsur-unsur kebudayaan yang berupa cara-cara bersikap,bertindak,dan berinteraksi dalam masyarakat disebut...
A.     Internalisasi 
B.     Sosialisai
C.     Enkulturasi 
D.     Komunikasi
E.      Normalisai

46.               Suatu proses sosialisasi yang ditandai seorang anak sudah pandai menirukan peran-peranan tertentu,walaupun masih terbatas,merupakan sosialisasi tahap...
A.     Preparatory stage
B.     Generalized other
C.     Play stage
D.     Imitasi
E.      Game stage
47.     Tahap di mana seorang anak sudah mengetahui peranan yang harus dijalankan dan sudah mengetahui peranan yang harus dijalankan orang lain adalah…
A.        preparatory stage
B.        generalized other
C.        play stage    
D.        masa dewasa
E.         game stage
48.         Seseorang yang telah menyadari kedudukan, tugas, dan kewjibannya sebagai anggota masyarakat, berarti ia sudah pada tahap sosialisasi . . .
A.        Preparatory stage
B.         Generalized other
C.        Play stage
D.        significant others
E.         Game stage
49.         seseorang mempunyai sifat rendah diri karena penyakit keturunan yang diderita. Hal ini merupakan salah satu contoh bahwa kepribadian seseorang dipengaruhi oleh factor . . .
A.     warisan biologis
B.      pengalaman kelompok
C.     lingkungan fisik
D.     pengalaman unik
E.      kebudayaan
50.        Media sosialisasi yang berfungsi memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan daya intelektual adalah…
A.     Keluarga         
B.     Media massa
C.     Teman bermain
D.     Masyarakat
E.      Sekolah

 
SIAP UNAS SOSIOLOGI KE.3
SMA NEGERI 5 MALANG
TAHUN PELAJARAN 2010-2011


1.         Konflik yang terjadi antara warga pendatang dari daerah lain dengan penduduk asli tentang penyelenggaraan acara kenduri adalah contoh konflik yang disebabkan oleh faktor…
         A.        perubahan kebudayaan
         B.         perbedaan individu
         C.         perbedaan latar belakang budaya
         D.        berlainan kepentingan
         E.         perubahan social
2.         Faktor penyebab terjadinya konflik sosial antara warga Sidoarjo sebagai korban Lumpur lapindo dengan PT Lapindo Brantas adalah adanya perbedaan ....
                 A.        tujuan sosial
                 B.         kepentingan ekonomi
                 C.         tingkatan sosial       
                 D.        status sosial masyarakat
                 E.         latar belakang kebudayaan
3.         Penyelesaian sebuah konflik politik dilakukan me­lalui perundingan antara lembaga perwakilan rakyat dan lembaga pemerintah. Setelah berhasil sating memahami pendapat yang berkembang, mereka dapat menyepakad konsensus baru sebagai
jalan tengah. Bentuk akomodasi tersebut adalah ..
                 A.        kompromi       D.  kompetis
                 B.         kolaborasi       E.  mediasi
                 C.         Kooperasi
4.         Hasil  Verifikasi data yang mendapat dana BLT menimbulkan kecemburuan sosial, bahkan berkembang menjadi konflik. Untuk mengatasi masalah ter­sebut Kepala desa mengadakan musyawarah dan menyepakati bahwa dana dibagikan secara adil dengan mempertimbangkan tingkat kemiskinan. Bentuk
akomodasi yang dilaksanakan oleh Kepala desa tersebut adalah ....
          A.        arbirrasi            D. konsiliasi
          B.         toleransi            E. kompromi*
          C.         Aiudikasi
5.         Perhatikan gambar berikut !

Gambar di atas menunjukkan adanya proses…
           A.        Etnosentris      D. interseksi
           B.         Integrasi          E. primordial
           C.         konsolidasi
6.         Contoh konflik di bawah ini yang termasuk konflik destruktif adalah...
         A.        Keributan antarsuporter dua tim sepakbola yang sedang bertanding
         B.         Perbedaan pendapat dalam musyawarah yang menghasilkan konsensus
         C.         Unjuk  rasa para buruh menuntut kenaiakn upah sesuai UMR
         D.        Perbedaan pendapat dalam forum-forum diskusi ilmiah
         E.         Pedagang kaki lima mendatangi kantor DPRD dan menyatakan keberatan terhadap   tindakan                                 aparat ketertiban umum
7.         Amatilah gambar berikut
       


       


Gambar di atas dapar menunjukkan interseksi sosial antara ....
         A.        keturunan dan kelahiran
         B.         daerah asal dan kerurunan.
         C.         keturunan dan suku bangsa
         D.        daerah asal dan agama
         E.         agama dan suku bangsa
8.         Pada struktur sosial yang berbentuk interseksi berfungsi mendukung terjadinya integrasi sosial sebab…
                     A.        menimbulkan primordialisme
                     B.         terjadi penguatan ciri kelompok asal
                     C.         menguatkan sentimen primordial
                     D.        melemahkan identitas primordial
                     E.         mempertajam perbedaan antar etnik
9.         Digelarnya pilkada, baik di tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi, akan tetap diwarnai bentrokan-bentrokan antara pendukung para calon yang dijagokan. Kemungkinan, akan timbul korban di kedua belah pihak. Faktor terjadinya bentrokkan yang sangat krusial dari kedua belah pihak adalah …
            A.        budaya         D. kepentingan
            B.         ekonomi       E. kekuasaan
            C.         kecemburuan
10.     Perhatiakn data berikut ini
1.      Pak buyung berasal dari suku minangkabau,lulusan perguruan tinggi tertentu,beragama islam dan seorang pengusaha
2.      Pak bejo berasal dari suku jawa,sarjana,beragama islam,seorang pegawai negeri sipil.
dari data diatas,yang menjadi kriteria interseksi adalah
            A.        suku dan agama
            B.         pendidikan dan pekerjaan      
            C.         suku dan pekerjaan    
            D.        suku dan pendidikan
            E.         agama dan pendidikan
11.     Konsolidasi yang dilakukan masing masing partai polItik yang mengalami perpecahan merupakan usaha yang positif karena dalam partainya akan timbul kekuatan baru.Konsolidasi ke dalam yang dilakukan parrtai politik  dapat  juag menimbulkan konflik karena
            A.        ada perbedaan pola pikir dalam partai partai yang melakukan konsolidasi
            B.         ada kecemburuan dari pihak luar
            C.         setiap anggota yang menjadi anggota partai memiliki kepribadian yang berbeda
            D.        ada kepentingan pribadi yang tertanam dalam diri setiap anggota partrai
            E.         munculnya sikap etnosentrisme dalam setiap tubuh pertai politik
12.     Hasil  Verifikasi data yang mendapat dana BLT menimbulkan kecemburuan sosial, bahkan berkembang menjadi konflik. Untuk mengatasi masalah ter­sebut Kepala desa mengadakan musyawarah dan menyepakati bahwa dana dibagikan secara adil dengan mempertimbangkan tingkat kemiskinan. Bentuk akomodasi yang dilaksanakan oleh Kepala desa tersebut adalah ....
          A.        arbirrasi            D. konsiliasi
          B.         toleransi            E. kompromi*
          C.         Aiudikasi
13.     Alih profesi seseorang dengan maksud memperoleh pendapatan lebih besar yang membawa perpindahan posisinya ke lapisan sosial yang lebih tinggi merupa­kan proses ....
         A.        perubahan sosial
         B.         mobilitas sosial
         C.         perpindahan penduduk
         D.        perkembangan demografis
         E.         perubahan kebudayaan
14.     Seorang gadis melangsungkan pernikahan dengan pria dari keluarga yang punya kedudukan lebih tinggi sehingga menyebabkan status sosialnya naik. Dalam kasus tersebut, lembaga perkawinan berfungsi sebagai ...
         A.        saluran mobilitas sosial
         B.         sebab perubahan sosial
         C.         faktor pendorong interaksi sosial
         D.        faktor penentu pelapisan sosial
         E.         pendorong interaksi sosial
15.     Perhatikan skema berikut :
 




Anak
(Dokter)


Ibu
(Perawat)


Ayah
(Guru SD)
DHSH

Berdasarkan gambar di atas telah terjadi mobilitas sosial…
                     A.        vertikal antargenerasi turun
                     B.         vertikal antargenerasi naik
                     C.         vertikal intragenerasi naik
                     D.        vertikal intragenerasi turun
                     E.         horizontal antargenerasi


16.     Perhatikan mobilitas social berikut:
1)         Bapak Hendarji menjadi pengacara terkenal
2)         Keluarga miskin mempunyai 9 anak
3)         Petani kenil berkeinginan anaknya menjadi dokter
4)         Irene pedagang kaki lima, anaknya pengusaha computer
5)         Seorang anak kepala desa menjadi presiden
Yang menunjukkan mobilitas social vertical naik antar generasi adalah nomor….
               A.     (1) dan (2)      D.  (3) dan (5)
               B.      (2) dan (3)      E.  (4) dan (5)
               C.      (3) dan (4)
17.     Perhatikan gambar berikut!








Pada struktur sosial masyarakat seperti gambar di atas, kemungkinan untuk melakukan mobilitas sosial adalah...........
            A.        tertutup dan tidak bisa melakukan mobilitas
            B.         terbuka bebas untuk melakukan mobilitas
            C.         dihambat oteh faktor-faktor ekonomi
            D.        tertutup tetapi ada kemungkinan untuk mo­bilitas*
            E.          dihambat oleh diskriminasi ras
18.     Stratifikasi sosial dan mobilitas sosial memiliki hubungan yang sangat erat dalam kehidupan di masyarakat karena …
A.        dengan strata yang diduduki seseorang memudahkan untuk menjalin hubungan bilateral
B.        stratifikasi sosial dan mobilitas sosial sama-sama mendukung perubahan
C.        proses terjadinya stratikasi sosial sangat membutuhkan mobilitas sosial
D.        mobilitas terjadi jika ada perubahan ada di lingkungan masyarakat
E.         peluang untuk menduduki strata dapat diraih seseorang melalui mobilitas
19.     Di berbagai daerah di indonesia akhir akhir ini,banyak terjadi gempa bumi yang berakibat menghilangnya harta benda dan korban manusia,seperti yang terjadi di kepulauan nias dan aceh.Dampak bencana itu adalah banyak warga yang meninggalkan daerahnya dan pindah ke daerah lain yang tak rawan gempa dan mencoba untuk memulai kehidupan baru. dari wacana diatas dapat dismpulkan bahwa yang terkena dampak bencana mengalamimobilitas sosial
            A.           mobilitas horizontal
            B.            vertikal turun
            C.            mobilitas vertical
            D.           geografis
            E.            dinamika sosial searah
20.     konsekuensi dari mobilitas sosial bagi masyarakat dapat berdampak positif atau negatif.dalam masyarakat yang demokratis jika persaingan untuk mendapatkan sesuatu mengalami kagagalan,maka akan muncul rasa tidak puas dan akan berdampak timbulnya
A.           kesenjangan sosial                            
B.           perubahan sosial
C.           kelompok sosial                                
D.           konflik sosial       
E.            gerakan social
21.     Bentuk kehidupan bersama yang merupakan ikatan lahiriah yang bersifat pokok untuk jangka waktu pendek dan dibentuk atas dasar kepentingan atau perjanjian secara timbal balik adalah…
A.           gesellschaft
B.           gemeinschaft
C.           masyarakat (society)
D.           reference group
E.            informal group
22.     Keanekaragaman masyarakat di Indonesia ditandai dengan perbedaan suku bangsa dan adat istiadat. Sumber utama penyebab timbulnya keanekaragaman tersebut berhubungan dengan ...
         A.        keadaan geografis
         B.         atar belakang histori
         C.         pengaruh kebudayaan asing
         D.        sumber daya alam berbeda
         E.         struktur tanah yang berbeda
23.     Ciri masyarakat multicultural adalah bahwa masyarakat tersebut terdiri atas…
A.        Suatu kelompok etnis atau agama tertentu tetapi memiliki kebudayaan yang saling berlainan
B.        Sejumlah besar penduduk yang tersebar di seluruh wilayah
C.        Dua atau lebih kelompok yang masing-masing mengembangkan subkebudayaannya sendiri
D.        Satuan-satuan social yang dapat mencapai konsensus tentang nilai dasar
E.         Kelompok-kelompok yang tinggal pada daerah-daerah yang saling terpisah satu dengan yang lainnya
24.     Perhatikan pernyataan berikut!
1)         Wilayahnya berbentuk kepulauan
2)         Terletak di antara dua benua dan dua samudera
3)         Berasal dari nenek moyang yang sama
4)         Memiliki variasi jenis tanah dan iklim
5)         Pelabuhan jadi sarana penghubung antar wilayah
Masyarakat multicultural terjadi oleh nomor…
A.        (1), (2), dan (3)
B.        (1), (2), dan (4)
C.        (1), (2), dan (5)
D.        (2), (3), dan (4)
E.         (3), (4), dan (5)
25.     asimiliasi adalah proses social untuk menghilangkan konflik. Faktor yang memudahkan berlangsungnya proses asimilasi tersebut adalah . . .
A.        jika terjadi kesenjangan budayaadanya
B.        sikap saling meghargai antar warga masyarakat
C.        luasnya pemahaman tentang subkulturnya sendiri
D.        adanya sikap saling mengisolasi diri
E.         adanya diskriminasi secara politik
26.     Perhatikan perilaku dalam masyarakat multikultural berikut!
1.      Menilai kebudayaan masyarakat lain lebih rendah daripada kebudayaan sendiri.
2.      Menganut paham relativisme atau kenisbian budaya.
3.      Memberikan prioritas kepada orang-orang yang sama latar belakang agama atau suku bangsanya.
4.      Memberikan layanan kepada masyarakat tanpa membedakan suku bangsa, agama, ras, atau golongan ….
5.      Mendirikan partai politik berdasarkan faktor-faktor kesukubangsaan, keagamaan atau ras.
Diantara perilaku-perilaku dalam masyarakat multikultural diatas,yang menghambat tercapainya integrasi sosial adalah ….
A.     (1), (2), dan (3)          D. (1), (3), dan (5)
B.     (1), (2), dan (4)          E. (2), (4), dan (5)
C.     (1), (3), dan (5)
27.            Kelompok sosial yang terjadi secara spontan, tidak terorganisasi, dan biasannya       bersifat sementara, muncul karena adanya pusat perhatian yang sama disebut ….
        A. volunter
        B. kelompok okupasional
        C. kelompok situasional
        D. kerumunan (crowd)
        E. society
28.            Masyarakat multikultural dicirikan dengan adanya
A.        Dua kelompok etnik dengan agama tertentu tetapi kebudayaan berbeda
B.        Sejumlah besar penduduk yang tersebar di seluruh wilayah
C.        Dua atau lebih kelompok yang mengembangkan sub-kebudayaannya sendiri
D.        Satuan-satuan sosial yang menyepakati nilai-nilai sosial
E.         Kelompok-kelompok dengan tempat tinggal yang saling terpisah-pisah
29.            .Salah satu dampak negatif multikultural adalah konflik antar budaya yang berbeda. Hal itu dapat di atasi dengan cara ….
A.        komunikasi antarbudaya yang berbeda
B.        mencampurkan suatu budaya terhadap budaya yang lain
C.        keunggulan suatu budaya terhadap budaya yang lainnya
D.        primodialisme suatu budaya terhadap budaya yang lain
E.         ketahanan budaya sendiri terhadap budaya yang lain
30.            Sebagai bangsa yang memiliki keanekaragaman budaya, peranan pendidikan multikultural sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengem­bangkan ....
A.    kepribadian bangsa berdasarkan kebudayaan baru
B. sikap toleransi terhadap perbedaan dalam masyarakat
C. perbedaan-perbedaan budaya yang berkembang
D.    budaya lokal yang ada agar tidak memudar
E.    masyarakat yang adil dan makmur secara merata
31.            Kemajemukan masyarakat Indonesia berdasarkan jenis agama ditandai dengan keanekaragaman dalam hal cara beribadah berdasarkan ....
A.        asal usul agama
B.         para tokoh agama
C.        para penyebar agama      
D.         tempat ibadahnya
E.         ajaran dalam kitab suci
32.            Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dengan unsur bahasa, kebudayaan, mata pencaharian, dan kepercayaan yang beragam pula. Keanekaragaman tersebut disebabkan oleh ....
A.        letak yang strategic antara samudra Hindia dan. samudra Pasifik
B.        bentuk geografis yang `terdiri lebih dari ribuan pulau sehingga terjadi isolasi
C.        kondisi iklim yang berbeda antar daerah sehingga terdapat banyak tanaman
D.        struktur tanah yang berbeda antar wilayah sehingga membedakan sumber alam
E.         pengaruh dari kebudayaan asing sehingga masyarakat cepat berubah
33.            Kemajemukam masyarakat Indonesia berdasarkan suku bangsa dan kebudayaan merupakan akibat dari perbedaan..
A.        kondisi geografis Indonesia
B.        pengaruh budaya asing
C.        latar belakang historic
D.        potensi sumber daya alam
E.         ideologi yang dianut
34.            Politik aliran yang berkembang di Indonesia diwujudkan dengan banyaknya partai politik. Dampak positif yang timbul dari sistem politik tersebut adalah ...
A.    adanya sikap saling curiga
B. beragam saluran aspirasi
C. kehidupan yang harmonis
D. timbulnya dominasi mayoritas
E. diskriminasi dalam masyarakat
35.            Anggapan subyektif bahwa kelompoknya lebih religius dibanding kelompok masyarakat lainnya merupakan perilaku masyarakat multikultural yang disebut ....
A.        Ekstremisme         D.  narzisme
B.         Nasionalisme       E.  Egoisme
C.        etnosentrisme
36.            Perhatikan pernyataan. berikut!
(1) Wilayahnya berbentuk kepulauan.
(2) Terletak di antara dua benua dan dua samudera.
(3)Berasal dari nenek moyang yang sama.
(4) Memihki yariasi jenis tanah dan ikhm.
(5( Pelabuhan jadi sarana penghubung antar wilayah.
Masyarakat multikultural terjadi oleh nomor ....
A. (1), (2), dan (3)      
B. (1), (2), dan (4)*
C. (1), (2), dan (5)      
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)
37.Perhatikan perilaku dalam masyarakat multikultural berikut!
A.        Menilai kebudayaan masyarakat lain lebih rendah daripada kebudayaan sendiri.
B.        Menganut paham relatiyisme atau kenisbian budaya.
C.        Memberikan prioritas kepada orang-orang yang sama latar belakang agama atau suku bangsanya.
D.        Memberikan layanan kepada masyarakat tanpa membedakan suku bangsa, agama, ras atau golongan.*
E.         Mendirikan partai politik berdasarkan faktor­faktor kesukubangsaan, keagamaan atau ras.
38.            Salah satu dampak negatif multikultural adalah konflik antarbudaya yang berbeda. Hal itu dapat di­atasi dengan cara....
A.        komunikasi budaya antarbudaya yang berbeda*
B.        mencampurkan suatu budaya terhadap budaya yang lain
C.        keunggulan suatu budaya terhadap budaya yang lainnya
D.        primordialisme suatu budaya terhadap budaya lain
E.         ketahanan budaya sendiri terhadap budaya yang lain
39.            Perhatikan ciri-ciri berikut !
1. Tergolong bangsa Melayu Muda
2. System kekerabatannya bersifat parental
3. System perkawinannya bersifat endogomi
4. Nama gelar yang dipakai seperti Dewa dan Cokorda
Ciri-ciri diatas dimiliki oleh etnis…..
A.     Jawa                      D.Sunda
B.     Bugis                     E. Bali
C.     Madura
40.            Indonesia merupakan negara yang secara budaya yang memiliki keanekaragaman dari berbagai aspek(adat istiadat, agama, dan lain-lain). Secara sosial, masyarakat Indonesia memiliki strata yabg berbeda. Secara ekonomi, masyarakat masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Namun demikian, biarpun memiliki banyak perbedaan, bangsa Indonesia tetap menjaga keutuhan dan menjalin kesatuan dan persatuan. Sikap yang harus ditunjukkan sesuai di atas adalah sikap
A.        acuh tak acuh
B.        empati dan sugesti
C.        arogan dan toleransi
D.        empati dan toleransi
E.         akomodasi dan simpati
41.            Perhatikan sajian data berikut!
1.Suka makanan yang manis-manis    
2.Bahasa memiliki tingkatan               
3.Seni musik melankolis
4.Suka makanan yang pedas-pedas
5.Bahasa tidak memiliki tingkatan
6.Musik terkenal adalah saluang
Data di atas merupakan ciri suku bangsa
A.        sunda dan jawa
B.        bali dan jawa
C.        jawa dan minangkabau
D.        minangkabau dan batak
E.         jawa dan batak
42.            Ciri- ciri fisik merupakan salah satu dasar persamaan antarsuku bangsa Indonesia karena
A.        berasal dari satu wilayah Indonesia
B.        memiliki kesamaan adat
C.        barasal dari keturunan ras Mongoloid
D.        memiliki warna kulit hitam
E.         berasal dari Malayan Mongoloid
43.            Pada masyarakat Hindu di Bali yang menganut system stratifikasi tertutup ,warga masyarakatnya sulit untuk melakukan mobilitas vertikal ke atas. Hal itu disebabkan oleh faktor
A.        keturunan dalam kasta
B.        kekuasaan dan wewenang
C.        jabatan dan kekuasaan
D.        kekuasaan dan pendidikan
E.         politik dan perkastaan
44.            Keberagaman yang terdapat di masyarakat merupakan suatu anugerah Tuhan. Oleh karena itu, hidup berdampingan secara harmonis sangat diperlukan. Intinya, dalam hidup, kita harus dapat mengakui dan menghargai keberagaman tersebut dengan mengembangkan sikap empati dan toleransi. Konsep diatas menunjuk pada
A.        Primordialisme                 D. pluralisme
B.        Multikulturalisme             E. homogenisme
C.        etnosentrisme
45.            Yang membedakan terbentuknya masyarakat patembayan dan masyarakat paguyuban pada tabel di bawah ini adalah …
No.
Masyarakat Patembayan
Masyarakat Paguyuban
a.
Berdasarkan pada tujuan yang sama
Berdasarkan pada faktor politik
b.
Didasarkan pada budaya tertentu
Didasarkan pada suatu komunitas tertentu
c.
Didasarkan pada kepentingan ekonomi
Didasarkan pada asas kekeluargaan
d.
Didasarkan pada muatan hukum
Didasarkan pada ideologi tertentu
e.
Didasarkan pada ideologi tertentu
Didasarkan pada muatan hukum
46.            Maju mundurnya suatu kelompok masyarakat sangat ditentukan oleh …
A.        inovasi dan kreativitas para anggotanya
B.        hubungan dengan kelompok tertentu
C.        sikap apriori dengan partai tertentu
D.        sikap yang eksklusif terhadap orang lain
E.         muatan politik tertentu
























47.            Perhatikan data-data tersebut!
1.Tarian yang terkenal adalah jaipongan.
2.Suka makan lalapan
3.Seni yang dinamis
4.Bahasa tidak banyak tingkatan
Data diatas mengacu pada etos budaya
A.        Jawa              D. Madura
B.        Jambi            E. Sunda
C.        Dayak
48.            keanekaragaman dalam masyarakatjika disikapi secara bijak akan membawa manfaat besar bagi warga masyarakat.Agar tidak terjadi disintegrasi sosial dalam masyarakat,perlu dipupuk kehidupan yang harmonis melalui pengembangan sikap
         A.        .inovatif          D.  kooperatif
         B.         toleransi          E. progresif
         C.         c.demokratis
49.            Perhatiakn data berikut ini
Pak buyung berasal dari suku minangkabau,lulusan perguruan tinggi tertentu,beragama islam dan seorang pengusaha
Pak bejo berasal dari suku jawa,sarjana,beragama islam,seorang pegawai negeri sipil.
dari data diatas,yang menjadi kriteria interseksi adalah
         A.  suku dan agama
         B.   pendidikan dan pekerjaan      
         C.   suku dan pekerjaan                     
        D.  suku dan pendidikan
         E.   agama dan pendidikan
50.            Sikap yang penting dikembangkan dalam masyarakat multicultural adalah
        A.       Akomodatif      
        B.         primodial
        C.        Etnosentrisme   
        D.        Fanatisme
         E.         Rasialisme