Selasa, 15 Februari 2011

UHT SOSIOLOGI SMS.2 XII Ke 1

ULANGAN HARIAN TERPROGRAM

SMA NEGERI 5 MALANG

MATAPELAJARAN SOSIOLOGI

SEMESTER 2 KLAS.XII TAHUN 2010-2011

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan memilih salah saru jawaban yang paling benar

1. Penelitian kualitatif bersifat….

a. Induktif * b. Diskriminasi c. Deduktif d. Insidental e. Fluktuatif

2. Penelitian kulitatif bersifat deskriptif analitik, karena…….

a. Kesimpulan terencana secara sistematis*

b. Berdasarkan data factual dan objektif

c. Tidak menggunakan hipotesis

d. Tersusun sistematis dan menyeluruh

e. Berbentuk sederhana namun mengena pada sasaran

3. Pemilihan topik tentang “Pengaruh bencana alam terhadap kesehatan mesyarakat”akan menjadi lebih khusus sifatnya jika disusun topic………

a. Pengaruh kerusakan alam akibat gempa terhadap pemukiman penduduk

b. Pengaruh bencana alam terhadap generasi muda

c. Pengaruh bencana alam terhadap kesehatan anak – anak*

d. Pengaruh bencana gempa bumi dab tsunami terhadap masyarakat

e. Pengaruh bencana alam terhadap persediaan obat – obatan.

4. Fenomena merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan....

a. Terencana b. Kuantitatif c. Berkesinambungan d.Kualitatif * e. Insidental

5. Pemaparan masalah pokok yang akan dibahas dalam penelitian sering disebut……..

a. Hipotesis c. Topik penelitian

b. Sampel penelitian d. Pendekatan penelitian eJudul penelitian*

6. Untuk mengadakan aktivitas penelitian yang baik, seorang peneliti harus memiliki kemampuan dasar berupa ketrampilan dalam bahasa. Hal ini pengaruh terhadap…..

a. Efisiensi pelaksanaan penelitian

b. Mempercepat proses penelitian

c. Memudahkan penyusun rancangan penelitian

d. Meningkatkan fungsi hasil penelitian

e. Menarik tidaknya isi penelitian*

7. Dalam menyusun interpretasi peneliti harus melakukan kaji ulang dengan tujuan……

a. Memastikan lokasi penelitian

b. Mempercepat proses penelitian

c. Agar tidak bersifat subyektif

d. Menghemat biaya penelitian

e. Memudahkan analisis data*

8. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif lebih mengutamakan pada……

a. Kebutuhan b. Tujuan c.Target d. Data * e. Hasil

9. Prediksi tentang bobot suatu rancangan penelitian tercemin pada…….

a. Perumusan judul* d. Tinjauan kepustakaan

b. Alasan pemilihan judul e. Rumusan hipotesis

c. Penetapan metode penelitian

10. Kegiatan berupa menentukan batasan – batasan penelitian yang berhubungan dengan tujuan penelitian merupakan salah satu manfaat penyusunan………

a. Batasan konsep * c. Rancangan penelitian

b. Hipotesis d . Metodologi penelitian e. Tinjauan Kepustakaan

11. Salah satu kualitas bagi seorang peneliti adalah mampu berpikir kritis yang mendasarkan pikiran dan pendapatnya pada………

a. Logika * b. . Hasil analisis c. Hipotesis d. Etika e. Estetika

12. Penyajian alas an pentingnya pemilihan suatu masalah untuk diangkat dalam kegiatan penelitian pada rancangan penelitian dicantumkan pada……..

a. Latar belakang * c. Batasan konsep

b. Penentuan hipotesis d. Perumusan masalah e. Tujuan penelitian

13. Dalam menyusun latar belakang masalah, perlu dipertimbangkan hal – hal berikut ini, .

a. Urgensi penelitian* c. beaya penelitian

b. sumber data yang ada d. Waktu pelaksanaan e. Keuntungan penelitian

14. Objek yang paling utama dalam penelitian sosiologi adalah

a. Perilaku manusia* c. Sumber daya manusia

b. Sistem kebudayaan d. Populasi penduduk e. Tokoh masyarakat

15. Dalam proses penelitian social dikenal adanya dua pendekatan, yakni

a. Statistic dan nonstatistik c. Sintesis dan analaisis

b. kualitatif dan kuantitatif* d. Deduktif dan induktif e. Deskriptif dan eksplanatif

.

UHT/SOS/XII/I/SMS.2/2009

*

16. Seorang peneliti haruslah mampu bersikap objektif, artinya peneliti harus dapat…….

a. Memaparkan hasil penelitian apa adanya*

b. Menyajikan data yang konkret dan lengkap

c. Membentuk opini public

d. Menerima kritik dan saran

e. Memisahkan pendapat pribadi dengan kenyataan

17. Tujuan kegiatan penelitian eksplorasi adalah untuk…….

a. Membandingkan hal – hal yang dicapai dengan hipotesis

b. Menemukan problema dan gejala – gejala baru dari suatu hal

c. memaparkan berbagai pendapat dan gagasan baru

d. Mengembangkan suatu program atau pengetahuan*

e. Membuktikan kebenaran suatu paradigma baru

18. Rumusan masalah dalam penelitian berisi tentang…….

a. Pertanyaan dalam kegiatan penelitian

b. Rencana penelitian yang akan dikerjakan

c. Subjek yang akan diteliti

d. Instrumen penelitian yang akan digunakan

e. Pertanyaan mengenai apa yang akan diteliti*

19. Penyusunan rancangan penelitian dilakukan dengan tujuan agar…

a. Menghasilkan kesimpulan yang valid dan relevan

b. Memudahkan pengolahan data dan pengambilan kesimpulan

c. Menghemat tenaga, waktu, dan biaya selama penelitian berlangsung

d. Penelitian berjalan dengan baik, benar, dan lancer*

e. Penelitian bermanfaat bagi setiap orang dalam kehidupan sehari – hari

20. Dalam membahas latar belakang masalah, peneliti harus menunjukkan……

a. Alasan dipilihnya suatu masalah dalam penelitian*

b. metode pengumpulan dan pengolahan data dalam penelitian

c. Cara pengambilan kesimpulan dalam penelitian

d. Hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian tersebut

e. Waktu yang dipergunakan dalam kegiatan penelitian tersebut

21. Penegasan hal – hal utama yang akan diteliti dalam suatu penelitian, tercantum pada…….

a. a. Judul penelitian* d. Rumusan masalah

b. b. Tinjauan kepustakaan e. Pengumpulan data

c. Topik penelitian

22. Jumlah tujuan penelitian yang akan dicapai dalam kegiatan penelitian tergantung dari jumlah…..

a. Subjek yang diteliti d. Rumusan masalah*

b. Data yang dikumpulkan e. Waktu yang diperlukan

c. Peneliti

23. Hipotesis disusun dalam bentuk ……..

a. Kalimat tanya d. Gambar – gambar dan tabel

b. Grafik atau bagan e. Kalimat berita*

c. Susunan angka – angka

24. Dalam menetukan perumusan masalah haruslah berpijak pada…..

a. Metodologi penelitian d. tujuan penelitian

b. Alasan pemilihan judul * e. Rumusan hipotesis

c. Keuntungan penelitian

25. Untuk memprediksi bobot suatu rancangan peneliti tercemin pada…..

a. Perumusan judul d. Tinjauan kepustakan*

b. Alasan pemilihan judul e. Rumusan hipotesis

c. Penetapan metode peneilitian

26. Menentukan batasan – batasan penelitian yang berhubungan dengan tujuan peneliti merupakan salah satu manfaat penyusunan…

a. Batasan konsep * d. Rancangan penelitian

b. Hipotesis e. Metodologi penelitian

c. Tinjauan kepustakaan

27. Masalah pertama yang dijumpai calon peneliti sebelum mengadakan penelitian adalah…

a. Menentukan judul penelitian * d. Menentukan topic

b. Mencari daftar kepustakaan e. Mengumpulkan data

c. Merumuskan hipotesis

28. Salah satu manfaat penyusunan rancangan penelitian adalah untuk menentukan batas – batas penelitian yang berkaitan dengan…….

a. Tujuan penelitian d. Instrumen penlitian*

b. Batasan konsep e. Judul penelitian

c. Hipotesis

29. Sesuatu yang berperan sebagai pedoman bagi peneliti dalam pelaksanaan penelitian adalah…….

a. Rancangan penelitian* d. Batasan konsep

b. Daftar kepustakaan e. Hipotesis

c. Instrumen pengumpulan data

UHT/SOS/XII/I/SMS.2/2009

30. Dalam menuliskan judul perlu berpedoman pada hal – hal berikut ini, kecuali…..

a. Puitis* d. Ditulis dalam satu kalimat

b. Singakt e. Jelas dan mudah dipahami

c. Ditulis dalam bentuk kalimat berita

31. Pemilihan buku referensi sebagai sumber acuan yang memperkuat landasan pemikiran ilmiah dalam pelaksanaan penelitian haruslah berprinsip relevan, artinya…

a. Materi referensi harus berhubungan dengan masalah yang diteliti*

b. Materi yang dipaparkan masih berlaku atau tidak ketinggalan zaman

c. Mengandung cara yang tepat dalam mendukung pelaksanaan penelitian

d. Sumber tidak bertentangan dengan sifat keilmuan pada umumnya

e. Sumber referensi merupakan hasil pemikiran para ilmuwan yang terkenal

32. Untuk memberikan pedoman kepada peneliti dalam menyusun instrument penelitian, maka di dalam rancangan penelitian perlu disajikan uraian tentang……

b. Batasan konsep d. Proses pengumpulan data

c. Metodologi penelitian* e. Hipotesis

d. Perumusan judul

33. Rancangan penelitian harus disusun dengan memenuhi kriteria, artinya……

a. Terdapat kesesuaian di antara unsur – unsur yang terkandung di dalam rancangan penelitian

b. Tidak mengalami perubahan selama pelaksanaan penelitian berlangsung

c. Selalu tetap dan tidak berubah meskipun penelitian diulang – ulang

d. Hasilnya dapat diterapkan di segala situasi tanpa mengalami perubahan

e. Memiliki tolok ukur yang jelas sebagai pedoman dalam pelaksanaan penelitian*

34. Rancangan penelitian adalah . . . .

a. pokok-pokok perencanaan penelitian yang tertuang dalam suatu kesatuan naskah secara ringkas, jelas, dan utuh*

b. persiapan penelitian yang diajukan kepada lembaga atau instansi untuk mendapatkan dana

c. rencana yang disusun sebelum penelitian sebagai pertanggungjawaban suatu proyek penelitian

d. unsur-unsur pokok penelitian yang dijabarkan ke dalam naskah yang ringkas, jelas, dan utuh

e. rencana masalah untuk diteliti

35. Pertimbangan memilih masalah menjadi topik penelitian ialah.

a. masalah mempunyai arti penting bagi ilmu pengetahuan

b. masalah memungkinkan untuk diteliti*

c. masalah memiliki daya tarik yang kuat bagi masyarakat

d. kesimpulan hasil penelitian dapat digeneralisasikan

e. penelitian bermanfaat bagi orang lain

36. Contoh rumusan masalah penelitian yang baik ialah . . . .

a. LuIusan SLTA lebih banyak dari lulusan Perguruan Tinggi

b. Apakah faktor penyebab kenakalan remaja?*

c. Karena banjir maka pertanian rusak berat

d. Pengangguran merupakan masalah sosial

e. Apakah kenakalan remaja disebut juga masalah sosial

37. Metode kuesioner atau angket dapat dilakukan bila responden . . . .

a. mau menjawab pertanyaan*

b. berumur 17 tahun ke atas

c. tidak beta huruf

d. mau dipanggil untuk wawancara

e. berpendidikan minimal SLTA

38. Salah satu keuntungan metode wawancara adalah . . . .

a. dapat bertemu langsung dengan responden*

b. responden lebih jujur menjawab pertanyaan

c. pertanyaan akan dapat dijawab sesuai keinginan pewawancara

d. dapat melacak data secara mendalam

e. pertanyaan-pertanyaan yang akan terjawab akan lebih banyak

39. Instrumen atau alat metode observasi ialah . . . .

a. angket * d..pedoman wawancara

b. pedoman observasi e.pedoman dokumentasi

c. kuesioner

40. Instrumen atau alat metode dokumenter ialah . . . .

a. angket d.pedoman wawancara

b. pedoman observasi* e.pedoman dokumentasi

c. kuesioner

UHT/SOS/XII/I/SMS.2/2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar