1 | Naluri manusia untuk selalu hidup bersama orang lain .... | ||
a. Social animal | |||
b. Zoon polition | |||
c. Gregariousness | |||
d. Sosialisasi | |||
e. Makhluk sosial | |||
2 | Kelompok social merupakan himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena…. | ||
a. Memiliki kesadaran akan keanggotaannya. | |||
b. Adanya hubungan antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi | |||
c. Terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh anggota atau orang lain secara keseluruhan | |||
d. Keinginan untuk mengikat diri sebagai bagian dari organisasi | |||
e. Adanya norma yang memaksanya sebagai bagian dari kelompok | |||
3 | Perhatikan hal dibawah ini | ||
1) adanya dorongan yang sama antara individu satu dengan lainnya | |||
2) tidak adanya struktur | |||
3) adanya pengerakan yang dinamis | |||
4) tidak adanya interaksi yang berlawanan | |||
5) berlangsungnya suatu kepentingan | |||
Dari pernyataan di atas, manakah yang termasuk ciri-ciri kelompok sosial yang benar ... | |||
a. 1, 2, dan 3 | |||
b. 1, 3, dan 4 | |||
c. 3, 4, dan 5 | |||
d. 1, 3, dan 5 | |||
e. 2, 4 dan 5 | |||
4 | Dalam kehidupan masyarakat sering kita melihat oraang-orang berkumpul mendengarkan pengajian dalam rangka agar kampungnya diselamatkan dari bahaya dan kesejahteraan masyarakatnya dengan mengatasnamakan riyadhul jannah. Hal di atas sering disebut ... | ||
a. kelompok sosial | |||
b. interaksi sosial | |||
c. kategori sosial | |||
d. komunitas | |||
e. struktur sosial | |||
5 | perhatikan pernyataan berikut. | ||
1) adanya hubungan timbal balik antar anggota | |||
2) adanya persamaan senasib, tujuan dan ideologi | |||
3) bersistem dan berproses | |||
4) kurangnya kesadaran anggota sebagai bagian kelompok | |||
5) tidak adanya struktur dan perilaku | |||
Dari pernyataan diatas, manakah yang termasuk syarat kelompok sosial .. | |||
a. 1, 2, dan 3 | |||
b. 2, 3 dan 5 | |||
c. 1, 3 dan 4 | |||
d. 3, 4 dan 5 | |||
e. 2, 4 dan 5 | |||
6 | Ani sering melihat teman-temannya mengikuti kegiatan eskul tari modern, akhirnya ani mulai tertarik ikut mengikuti tari modern di eskul tersebut. Ketertarikan ani tersebut di sebabkan karena faktor .. | ||
a. kesamaan dan kedekatan | |||
b. perbedaan dan kedekatan | |||
c. motivasi dan keinginan | |||
d. ikut-ikutan | |||
e. dorongan dan kesamaan | |||
7 | Ega melihat Ari dipukuli oleh siswa sekolah lain tanpa sebab. Sebagai ungkapan solidaritas, Ega mengajak teman-teman sekelompoknya untuk membalas perlakuan siswa itu. Rasa solidaritas Ega muncul karena in group felling yang kuat serta dapat memicu rasa permusuhan, kebencian dan dendam. Tipe kelompok yang memiliki karakteristik ini adalah …. | ||
a. kelompok sekunder | |||
b. kelompok dalam (in group) | |||
c. kelompok luar (out group) | |||
d. kelompok primer | |||
e. patembayan | |||
8 | Kelompok sosial pertama yang dimasuki oleh manusia sejak lahir adalah…. | ||
a. Warga Negara | |||
b. In group | |||
c. Peer-group | |||
d.Out-group | |||
e. Keluarga | |||
9 | Bentuk kehidupan bersama, dimana antar-anggotanya mempunyai hubungan batin murni yang sifatnya alamiah dan kekal …. | ||
a. In group | |||
b. out group | |||
c. Gemeinschaft | |||
d. Gesellschaft | |||
e. Kelompok Membership | |||
10 | Kekerabatan, masyarakat-masyarakat daerah yang terdapat di Yogyakarta, Solo, marga yang ada dalam masyarakat Batak,Minangkabau,dan Bali adalah tergolong jenis Gemeinschaft…. | ||
a. Gemeinschaft by blood | |||
b. Gemeinschaft of place | |||
c. Gemeinschaft of mind | |||
d. Gemeinschaft of god | |||
e. Gemeinschaft of culture | |||
11 | Suatu organisasi kelompok yang mempunyai peraturan yang tegas dan sengaja dibuat oleh anggota-anggotanya untuk ditaati serta untuk mengatur hubungan antar anggotanya adalah... | ||
a. Kelompok Formal | |||
b. Kelompok Informal | |||
c. Kelompok referensi | |||
d. Kelompok Membership | |||
e. Gemeinschaft | |||
12 | Suatu kelompok pelajar yang dimotori oleh Fariz berjumlah sepuluh orang. Pada awalnya kelompok ini merupakan kelompok belajar. Karena adanya pertemuan berulang kali sehingga mereka mengembangkan kepentingan mereka seperti club sepeda gunung, camping, dan sebagainya. Dari ilustrasi di atas kelompok tersebut merupakan … | ||
a. interest group | |||
b. formal group | |||
c. informal group | |||
d. membership group | |||
e. reference group | |||
13 | Jika kita ingin masuk ke perguruan tinggi dan diterima biasanya para mahasiswa baru diminta surat kelakuan baik bagi yang sudah lulus dari SMA ke kantor polisi. Hal ini berarti surat keterangan dari polisi dan sekolah itu dikatakan sebagai kelompok ... | ||
a. formal | |||
b. informal | |||
c. membership | |||
d. reference | |||
e. okupasional | |||
14 | Perhatikan contoh kelompok sosial berikut! | ||
1. Kelompok arisan | |||
2. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) | |||
3. Kelompok penari | |||
4. Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) | |||
Dari contoh tersebut diatas yang termasuk kelompok okupasional adalah …. | |||
a. 1 dan 2 | |||
b. 1 dan 3 | |||
c. 2 dan 3 | |||
d. 2 dan 4 | |||
e. 3 dan 4 | |||
15 | Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI) adalah contoh dari…. | ||
a. Gemeinschaft | |||
b. Okupasional | |||
c. Gesellschaft | |||
d. Community | |||
e. Society | |||
16 | Masyarakat kota malang sangat antusias terhadap olah raga sepak bola. Hal tersebut ditandai dengan adanya suatu komunitas masyarakat pendukung salah satu kesebelasan yang ada. Pada tahun 1980-an komunitas pendukung kesebelasan menamakan dirinya “Aremania”. Dalam perkembangannya komunitas ini pada tahun 1980 merupakan sebuah komunitas yang teroganisasi. Proses terbentuknya kelompok Aremania tersebut dapat diidentifikasikan … | ||
a. berawal dari perorangan menuju kepada sebuah kerumunan | |||
b. berawal dari kerumunan menuju sebuah public | |||
c. berawal dari primary group menuju secondary group | |||
d. berawal dari audience menuju sebuah public | |||
e. berawal dari kerumunan (crowd) menuju sebuah kelompok in-group | |||
17 | Mereka secara kebetulan berkumpul disuatu tempat tertentu dengan sendirinya masing – masing akan menyadari kehadiran orang lain dan akan memerhatikan orang lain, misalnya tentang bajunya, wajahnya, dan sebagainya, sehingga akan menimbulkan interaksi – interaksi di antara mereka. Jadi, kelompok ini terjadi karena adanya perhatian yang sama.disebut… | ||
a. Kelompok Formal | |||
b. Kelompok Informal | |||
c. Kelompok referensi | |||
d. Kelompok Membership | |||
e. Kelompok kerumunan | |||
18 | Massa disebut massa yang konkret apabila mcmpunyai ciri-ciri sebagai berikut: | ||
1. Adanva ikatan kelompok. | |||
2. Adanya persamnaan norma-norma | |||
3. Belum diikat oleh kesatuan norma | |||
4. Mempunyai struktur yang jelas. | |||
5. Mempunyai potensi yang dinamis | |||
Hal tersebut diatas yang benar adalah... | |||
a. 1,2,dan 3 | |||
b. 2,3,dan 4 | |||
c. 3,4,dan 5 | |||
d. 1,3,dan 5 | |||
e. 2,4,dan 5 | |||
19 | Suatu kelompok dimana individu-individunya tidak pernah saling bertemu. Interaksinya bersifat tidak langsung melalui alat-alat media, misalnya melaui pembicaraan-pembicaraan pribadi yang berantai, melalui kabar angin, gosip, berita-berita,dan dari televisi. | ||
a. Kelompok Informal | |||
b. Kelompok referensi | |||
c. Kelompok Membership | |||
d. Kelompok kerumunan | |||
e. Kelompok Publik | |||
20 | Sekumpulan orang-orang yang sudah memilki kedudukan-kedudukan tertentu dalam masyarakat dan biasanya bersifat pro, karena ingin mempertahankan keadaan yang sudah ada.merupakan kelompok publik... | ||
a. Kelompok vested interest | |||
b. Kelompok new comer | |||
c. Kelompok yang pasif | |||
d. Kelompok yang aktif | |||
e. Kelompok yang pro dan kontra | |||
21 | Ketidaksesuaian unsur-unsur sosial budaya yang terdapat dalam suatu masyarakat disebut... | ||
a. Kelompok sosial | |||
b. Masalah sosial | |||
c. Integrasi sosial | |||
d. Disorganisasi keluarga | |||
e. Ketimpangan sosial | |||
22 | Suatu persoalan dianggap telah menjadi masalah sosisal bila .... | ||
a. Mengganggu keharmonisan hubungan sosial | |||
b. Menyimpang dari nilai sosial dan norma sosial | |||
c. Dampaknya meresahkan masyarakat | |||
d. Pemecahanya membutuhkan peran sosiologi | |||
e. Mengganggu perkembangan masyarakat | |||
23 | Perhatikan hal di bawah ini: | ||
1. Penyakit dan kesehatan tubuh | |||
2. Penyakit syaraf,bunuh diri, dan gangguan jiwa | |||
3. Kemiskinan dan pengangguran | |||
4. Perceraian dan kenakalan remaja | |||
5. Konflik rasial dan keagamaan | |||
Hal tersebut yang termasuk faktor budaya masalah sosial adalah… | |||
a. 1 dan 2 | |||
b. 2 dan 3 | |||
c. 3 dan 4 | |||
d. 2 dan 4 | |||
e. 4 dan 5 | |||
24 | Dalam berita di media cetak dan elektronik seorang ibu membunuh balitanya, hal tersebut adalah faktor penyebab timbulnya masalah sosial... | ||
a. Ekonomi | |||
b. Biologis | |||
c. Psikologis | |||
d. Budaya | |||
e. Lingkungan | |||
25 | Kurangnya sumber daya material dan ekonomi dibandingkan dengan beberapa penduduk lainnya adalah penyebab dari jenis kemiskinan.... | ||
a. Relatif | |||
b. Kultural | |||
c. Absolut | |||
d. Demografis | |||
e. Struktural | |||
26 | Pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri secara illegal termasuk kejahatan dalam kategori… | ||
a. Crimes without victims | |||
b. Individual crime | |||
c. Corporate crime | |||
d. White-collar crime | |||
e. Organized crime | |||
27 | Di perkotaan besar terdapat perumahan ellite dan sekaligus terdapat perkampungan kumuh dalam satu wilayah. Hal tersebut menggambarkan adanya… | ||
a. Kejahatan sosial | |||
b. Kesenjangan sosial | |||
c. Disorganisasi masyarakat | |||
d. Ketidakadilan | |||
e. Kemiskinan | |||
28 | Berikut ini bukan termasuk bentuk-bentuk disorganisasi keluarga secara sosiologis yaitu… | ||
a. Unit keluarga yang tidak lengkap karena hubungan di luar perkawinan | |||
b. Karena putusnya perkawinan sebab perceraian | |||
c. Tidak adanya komunikasi di antara unsur keluarga | |||
d. Terjadinya krisis keluarga karena kepala keluarga meninggalkan rumah | |||
e. Salah satu anggota keluarga terkena pemutusan hubungan kerja | |||
29 | Masalah sosial yang timbul sebagai akibat terjadinya kepincangan-kepincangan dalam masyarakat yang dikarenakan tidak sesuai norma dan nilai dalam masyarakat disebut .... | ||
a. Problem individu | |||
b. Latent social problem | |||
c. Manifest social problem | |||
d. Problem sosial | |||
e. Problem masyarakat | |||
30 | Berikut ini yang bukan akibat dari pengangguran adalah ... | ||
a. Kemiskinan | |||
b. Kepuasan | |||
c. Putus sekolah | |||
d. Kejahatan | |||
e. Kesenjangan ekonomi | |||
31 | Kemiskinan dan pengangguran dapat menyebabkan terjadinya masalah.. | ||
a. Pencurian dan perampokan | |||
b. Rendahnya mutu penduduk | |||
c. Munculnya pemukiman kumuh | |||
d. Rendahnya tingkat pendidikan | |||
e. Majunya suatu bangsa | |||
32 | Pemberian akses kepada setiap anggota masyarakat untuk menikmati dan memanfaatkan berbagai fasilitas sosial serta memberi kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomiannya merupakan kunci utama bagi upaya mengatasi.... | ||
a. Ketidakadilan ekonomi | |||
b. Kesenjangan sosial ekonomi | |||
c. Permasalahan sosial | |||
d. Konflik sosial | |||
e. Kriminalitas | |||
33 | Upaya pemerintah untuk mengatasi kepadatan penduduk di kota-kota besar adalah… | ||
a. Meningkatkan upah pekerja di kota | |||
b. Membuka lapangan pekerjaan di daerah pedesaan | |||
c. Meningkatkan fasilitas kesehatan di kota | |||
d. Menggalakkan urbanisasi | |||
e. Mendirikan pabrik di area persawahan | |||
34 | Penanggulangan segala bentuk tindakan kriminal dapat dilakukan dengan cara penanggulangan dengan pola mencegah, seperti imbauan atau penyuluhan. Cara ini disebut... | ||
a. Preventif | |||
b. Konflik | |||
c. Asosiatif | |||
d. Represif | |||
e. Konsultatif | |||
35 | Sosialisasi yang dilakukan oeh pihak keluarga kepada anaknya merupakan pemecahan masalah kenakalan remaja secara… | ||
a. Represif | |||
b. Preventif | |||
c. Interdispliner | |||
d. Social planning | |||
e. Revolusioner | |||
36 | Kesetaraan manusia bermakna bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang sama. Kedudukan tersebut bersumber dari adanya pandangan bahwa ... | ||
a. Semua manusia diciptakan sebagai makhluk mulia dan tinggi derajatnya dibandingkan dengan makhluk lainnya. | |||
b. Manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan pikiran. | |||
c. Setiap manusia memiliki kekuatan untuk mempertahankan hidup. | |||
d. Semua manusia memiliki kekuatan yang tidak dimiliki makhluk lain. | |||
e. Manusia memiliki kemampuan untuk bekerja | |||
37 | Suatu masyarakat dapat dikatakan multikultural jika masyarakat tersebut memiliki… | ||
a. tradisi yang banyak | |||
b. agama yang berbada-beda | |||
c. suku bangsa yang berbeda-beda | |||
d. adat yang bermacam-macam | |||
e. keanekaragaman etnik dan agama | |||
38 | Salah satu factor yang menyebabkan masyarakat Indonesia menjadi multicultural di bidang pluralitas masyarakat dalam adat istiadat dan budaya adalah adanya perbedaan iklim antar daerah di Indonesia, karena … | ||
a. perbedaan tempat secara otomatis menjadikan bangsa Indonesia menjadi plural | |||
b. perbedaan situasi alam menyebabkan perbedaan system masyarakat terhadap lingkungan | |||
c. iklim suatu daerah akan menentukan kesuburan tanah atau hal-hal lain yang sejenis | |||
d. perbedaan tempat tinggal membuat masyarakat sulit untuk menyamakan kebudayaan | |||
e. perbedaan tempat menjadikan masyarakat sering mengubah budayanya. | |||
39 | Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua. Faktor geografis ini menyebabakan terjadinya kemajemukan…. | ||
a. suku bangsa dan ras | |||
b. ras dan agama | |||
c. profesi dan agama | |||
d. sistem sosial dan ekonomi | |||
e. kedaerahan dan suku bangsa | |||
40 | James adalah seorang remaja berkulit putih yang berasal dari Texas sedangkan Akon adalah seorang pelajar berkulit hitam yang bersekolah di sekolah seni. James dan Akon dibedakan atas dasar … | ||
a. Klan | |||
b. Suku bangsa | |||
c. Profesi | |||
d. Ras | |||
e. Tempat | |||
41 | Contoh kemajemukkan masyarakat Indonesia berdasarkan criteria agama ditandai dengan adanya…. | ||
a. salah satu agama yang dianut secara mayoritas | |||
b. sering terjadi pertentangan antarpemeluk agama | |||
c. diakuinya keberadaan berbagai agama dan pemeluknya | |||
d. sering terjadi pertentangan karena kepentingan tertentu | |||
e. kebebasan melakukan penyebaran agama di mana saja | |||
42 | Berikut ini bukan termasuk ciri-ciri masyarakat yang multikultural yaitu… | ||
a. Pengakuan terhadap adanya perbedaan | |||
b. Perlakuan yang sama terhadap beragam komunitas | |||
c. Ketiadaan penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia | |||
d. Kesederajatan kedudukan dalam beragam keanekaragaman | |||
e. Adanya unsur kebersamaan dan hidup berdampingan secara damai dalam perbedaan | |||
43 | Pengaruh kemajemukan masyarakat Indonesia terhadap kehidupan sosial adalah terjadinya dua proses penting, yaitu… | ||
a. solidaritas dan toleransi | |||
b. persatuan dan kesatuan | |||
c. integrasi dan solidaritas | |||
d. interaksi dan integrasi | |||
e. konflik dan integrasi | |||
44 | Salah satu contoh konflik vertikal adalah antara… | ||
a. rakyat dengan pemerintah | |||
b. pemeluk agama Islam dengan agama Kristen | |||
c. pemerintah Indonesia dengan Malaysia | |||
d. suku Madura dengan suku Dayak | |||
e. suku Bugis dengan suku Betawi | |||
45 | Kemajemukan masyarakat Indonesia ditandai oleh keragaman etnis, adaat-istiadat, serta system kepercayaan atau agama. Perbedaan tersebut akan melahirkan prasangka social yang dapat menimbulkan dis-integrasi bangsa. Prasangka social merupakan … | ||
a. sikap negative anggota kelompok terhadap kelompok lain beserta anggota-anggotanya | |||
b. sikap negative yang diperlihatkan oleh individu terhadap individu yang lain | |||
c. sikap pandang yang ditujukan untuk menilai kelompok lain | |||
d. sikap pandang dari individu dalam kelompok terhadap anggota kelompok lain | |||
e. sikap positif yang diperlihatkan oleh kelompok terhadap kelompok lain | |||
46 | Pandangan yang stereotip antar ras memicu timbulnya perilaku yang…. | ||
a. cenderung akomodatif | |||
b. simpatik | |||
c. cenderung pesimis | |||
d. cenderung fanatic | |||
e. diskriminatif | |||
47 | Indonesia terdiri dari beberapa daerah dengan karakteristik masing-masing. Karakteristik inilah yang membuat wilayah Indonesia memiliki keberagaman sosial. Keberagaman sosial masyarakat Indonesia dapat dilihat dari ... | ||
a. Mata pencaharian | |||
b. Tingkah laku individu | |||
c. Sistem sosial | |||
d. Nilai dan norma sosial yang diberlakukan | |||
e. Pola pemikiran individu | |||
48 | Kemajemukan sosial budaya dalam masyarakat Indonesia mempunyai pengaruh positif terhadap usaha untuk meningkatkan ketahanan nasional dalam bentuk potensi… | ||
a. akulturasi budaya | |||
b. integrasi nasional | |||
c. sumber daya manusia | |||
d. keberhasilan pembangunan | |||
e. sumber daya alam | |||
49 | Di bawah ini ada pernyataan : | ||
(1) Sikap toleransi dan empati | |||
(2) Kepastian hukum | |||
(3) Pemimpin yang baik | |||
(4) Penegak hukum yang pribumi | |||
(5) Pemimpin yang berpendidikan luar negeri | |||
Untuk melestarikan keanekaragaman budaya bangsa dalam kehidupan bersama diperlukan adanya .... | |||
a. 1, 2, dan 3 | |||
b. 2, 3, dan 4 | |||
c. 3, 4, dan 5 | |||
d. 2, 3, dan 5 | |||
e. 1, 3, dan 5 | |||
50 | Integrasi nasional dapat diwujudkan dalam kehidupan masyarakat majemuk apabila… | ||
a. pola dan gaya hidup masyarakat seragam | |||
b. cara berpikir anggota masyarakat relatif sama | |||
c. keseimbangan dalam bermasyarakat dipelihara | |||
d. masyarakat mempunyai hak dan kewajiban yang sama | |||
e. para pemimpin dapat menyalurkan aspirasi masyarakat |
Selasa, 21 November 2017
UAS KELAS XI IIS 6 Semester 2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar