1 | Perkembangan zaman semakin hari semakin maju. Hal tersebut, menuntut kita bisa mengikuti perkembangannya. Apabila masyarakat tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, dipastikan akan tertinggal. Kondisi seperti itu tentunya juga akan melahirkan.... |
a. Ketimpangan sosial | |
b. Kesejahteraan sosial | |
c. Modernisasi sosial | |
d. Perubahan sosial | |
e. Globalisasi | |
2 | Situasi masyarakat yang tidak bisa lagi menjunjung nilai dan norma umum lambat laun menjadi chaos, kemudian menjadi... |
a. Bergejolak | |
b. Kacau | |
c. Anomie | |
d. Buruk | |
e. Konflik | |
3 | Perhatikan pernyataan berikut |
1. Jarak yang ada di tengah masyarakat karena perbedaan status sosial ekonomi dan budaya | |
2. Jarak tempat tinggal masyarakat yang disebabkan perbedaan kawasan dengan kategori strategis dan tidak strategis | |
3. Perbedaan status sosial yang membuat hubungan antara masyarakat menjadi renggang karena mempunyai kegiatan yang berbeda | |
4. Perbedaan status sosial, ekonomi dan budaya yang terjadi di masyarakat pada suatu daerah tertentu. | |
5. Perbedaan status sosial sehingga mengakibatkan perbedaan tingkat kepemilikan kegemaran yang mewarnai kegiatan mereka. | |
Dari pernyataan berikut yang sepadan dengan ketimpangan sosial adalah... | |
a. 1 dan 3 | |
b. 1 dan 4 | |
c. 2 dan 4 | |
d. 2 dan 5 | |
e. 3 dan 5 | |
4 | Ketimpangan sosial dalam masyarakat disebabkan oleh faktor intern dan ekstern, adapun yang termasuk faktor intern adalah... |
a. Jumlah penduduk | |
b. Komposisi penduduk | |
c. Persebaran penduduk | |
d. Kondisi demografi | |
e. Rendahnya kemauan mengejar sasaran | |
5 | Perhatikan hal dibawah ini! |
1. Kualitas kesehatan yang rendah | |
2. Perasaan menilai diri sendiri negatif | |
3. Jumlah penduduk | |
4. Komposisi penduduk | |
5. Persebaran penduduk | |
Hal diatas yang termasuk faktor ekstern ketimpangan sosial adalah... | |
a. 1, 2 dan 3 | |
b. 1, 3 dan 5 | |
c. 2, 3 dan 4 | |
d. 2, 4 dan 5 | |
e. 3, 4 dan 5 | |
6 | Kemampuan suatu daerah dalam mendorong proses pembangunan berbeda satu sama lain, hal ini disebabkan oleh faktor alami yaitu... |
a. Perbedaan sumber daya alam | |
b. Letak geografis | |
c. Kondisi geografis | |
d. Pengaruh globalisasi | |
e. Kebijakan pemerintah | |
7 | Contoh faktor nonalami penyebab ketimpangan sosial antara lain.. |
a. hutan di Kalimantan merupakan salah satu daerah pemasok kayu untuk berbagai daerah di Indonesia, meskipun demikian pemanfaatan komoditas kayu di hutan perlu memperhatikan upaya pelestariannya | |
b. kemampuan manusia mengelola daerah sesuai kondisi geografisnya akan mempengaruhi perkembangan daerah | |
c. masyarakat yang mampu menyikapi globalisasi secara tepat akan merasakan manfaat globalisasi dan mencapai kemajuan. Sebaliknya, masyarakat yang tidak mampu memanfaatkan globalisasi secara tepat tidak akan mampu mengambil kaesempatan yang ditawarkan globalisasi, bahkan akan mengalami ketertinggalan | |
d. kemajuan kota Jakarta mempengaruhi kemajuan daerah sekitarnya, seperti Bogor, Bekasi, Depok, dan Tanggerang | |
e. daerah dataran rendah lebih cepat berkembang dibandingkan daerah dataran tinggi | |
8 | Seiring perkembangan zaman, tuntutan pendidikan yang bermutu mengakibatkan naiknya biaya pendidikan. Masyarakat yang kurang mampu terkena imbasnya. Masayarakat semakin sulit menyekolahkan anaknya. Menjadi tambah tragis lagi, banyak anak usia sekolah terpaksa putus sekolah karena biaya mahal. Kondisi ini semakin menguntungkan golongan kaum mapu yang dapat menyekolahkan anaknya tanpa pusing memikirkan biaya pendidikan. Kutipan di atas menunjukkan telah terjadi ketimpangan sosial. Kondisi ini terjadi karena.... |
a. Terdapat hubungan antara perkembangan zaman dan majunya pendidikan | |
b. Tidak setiap lapisan masyarakat mampu mengakses pendidikan bermutu | |
c. Masyarakat menjadi tidak mampu karena biaya pendidikan mahal | |
d. Tingginya biaya pendidikan mengakibatkan siswa tidak cerdas | |
e. Harapan masyarakat agar anaknya pintar tidak tercapai | |
9 | Efek kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM yang ternyata menimbulkan ketimpangan sosial dalam masyarakat karena... |
a. Kenaikan harga BBM berbanding terbalik dengan kenaikan harga kebutuhan pokok | |
b. Kenaikan BBM mengakibatkan kenaikan harga kebutuhan pokok | |
c. Kenaikan BBM semakin memperlebar jarak si kaya dan si miskin | |
d. Hanya masyarakat kaya yang boleh mengakses bahan bakar | |
e. Masyarakat semakin sulit mengakses bahan bakar | |
10 | Perhatikan pernyataan berikut ! |
1) Kelompok gelandangan dan pengemis di Jakarta meningkat. | |
2) Pemukiman kumuh di antara gedung tinggi. | |
3) Pesatnya pemekaran kota Jaboretabek | |
4) Munculnya sentra – sentra ekonomi di sekitar Jakarta. | |
Pernyataan tersebut yang menunjukan ketimpangan sosial adalah..... | |
a. 1 dan 2 | |
b. 1 dan 5 | |
c. 2 dan 3 | |
d. 3 dan 4 | |
e. 4 dan 5 | |
11 | Penduduk yang tinggal di dataran rendah pada umumnya lebih mudah membangun berbagai infrastruktur atau mengembangkan daerah tersebut sebagai lahan pertanian. Sementara itu daerah dataran tinggi terkendala pada bentang alam yang menanjang dan tidak merata. Hal tersebut disebabkan.. |
a. Letak geografis | |
b. Bentang alam | |
c. Kepadatan penduduk | |
d. Sumber daya alam | |
e. Kondisi geografis | |
12 | Ketimpangan sosial antara buruhdan pemilik modal disebabkan oleh … |
a. Sedikitnya upah yang diterima kaum buruh | |
b. Perbedaan penetapan UMR di tiap-tiap daerah | |
c. Upah buruh hanya dibayarkan setiap satu bulan sekali | |
d. Adanya system kontrak antara buruh dan pemilik modal | |
e. Perbedaan tunjangan antara buruh yang sudah menikah dengan yang belum menikah | |
13 | Kesenjangan sosial di Indonesia jika tidak diantisipasi oleh pemerintah dan masyarakat dapat menimbulkan... |
a. Dekadensi moral yang menyebabkan rusaknya mental bangsa | |
b. Kecemburuan sosial yang mengakibatkan munculnya kriminalitas | |
c. Hancurnya solidaritas sosial yang mengancam persatuan dan kesatuan | |
d. Meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran | |
e. Angka putus sekolah kian meningkat dan produktivitas masyarakat menurun | |
14 | Berikut yang bukan termasuk akibat dari ketimpangan sosial adalah... |
a. Munculnya kemiskinan | |
b. Tumbuhnya jiwa wirausaha | |
c. Monopoli | |
d. Kemerosotan moral | |
e. Pencemaran lingkungan | |
15 | Berikut yang tidak termasuk penyebab adanya ketimpangan sosial di negara berkembang adalah ... |
a. Kondisi ekonomi yang tidak stabil | |
b. Pembangunan yang terpusat | |
c. Banyak mengekspor produk dalam negeri | |
d. Banyak mengimpor produk negara lain | |
e. Konflik internal yang berkepanjangan | |
16 | Dampak dari pengaruh globaisasi bagi ketimpangan sosial adalah... |
a. Terdapat ketergantungan antar negara | |
b. Mengakibatkan krisis moneter di berbagai negara | |
c. Produktifitas kerja minim | |
d. Kesenjangan sosial | |
e. Westernisasi | |
17 | Salah satu usaha terpenting yang harus di lakukan pemerintah untuk mengatasi ketimpangan sosial adalah... |
a. Program keluarga berencana | |
b. Melakukan transmigrasi penduduk | |
c. Membenahi sektor pembanunan | |
d. Meningkatkan pajak tinggi | |
e. Meningkatkan jumlah TKI | |
18 | Berikut yang tidak termasuk dari upaya untuk mengatasi ketimpangan sosial adalah... |
a. belajar dan membiasakan diri mencintai sesama manusia | |
b. melatih sikap demokratis | |
c. berlatih berjiwa sosial | |
d. taqwa pada perintah Tuhan | |
e. berorientasi untuk mengumpulkan uang | |
19 | Peran apakah yang dapat dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk memecahkan permasalahan kesenjangan sosial yang ada di masyarakat... |
a. Sarana pendidikan baru | |
b. Adaptasi kondisi | |
c. Melaksanakan sesuatu yang bermanfaat | |
d. Memprogramkan pendidikan gratis | |
e. Mewariskan dan melestarikan perlakuan | |
20 | Pada era globalisasi sikap mental yang sesuai dalam melakukan pembangunan sebagai upaya mengatasi ketimpangan adalah... |
a. Pantang menyerah, siap berkompetisi, dan pandai memanfaatkan peluang | |
b. Berani mengambil resiko, bertanggung jawab, dan mencari pendukung | |
c. Sabar, percaya diri karena keberhasilan merupakan hasil dari usahanya | |
d. Siap tenaga, pikiran, dan didukung oleh modal yang kuat | |
e. Tidak individualistis, bekerja dengan tim yang solid, dan dapat dipercaya | |
21 | Pernyataan yang benar mengenai pengertian komunitas berikut ini adalah … |
a. Sekelompok orang yang hidup bersama pada lokasi yang sama sehingga mereka telah berkembang menjadi sebuah “kelompok hidup” (group lives) yang diikat oleh kesamaan kepentingan (common interest) | |
b. Adanya interaksi yang intensif di antara anggotanya, dibandingkan dengan orang-orang diluar batas wilayah | |
c. Hubungan antara kelompok dengan kelompok yang saling membutuhkan | |
d. Proses, cara, perbuatan membuat berdaya, yaitu kemampuan untuk melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak yang berupa akal, ikhtiar atau upaya | |
e. Hubungan sosial terkait dengan kesamaan tujuan adalah pemenuhan kebutuhan utama Individu dan anggota pembentuk kelompok masyarakat Kesatuan terkecil dari masyarakat | |
22 | Kearifan lokal adalah sikap, pandangan, dan kemampuan suatu komunitas di dalam mengelola lingkungan rohani dan jasmaninya, yang memberikan kepada komunitas itu … di dalam wilayah di mana komunitas itu berada. |
a. daya tahan dan daya tumbuh | |
b. modal sosial | |
c. sumberdaya alam | |
d. kekuatan dan sumberdaya alam | |
e. powerless dan modal usaha | |
23 | Perhatikan jenis-jenis komunitas berikut. |
1) Komunitas pencinta alam | |
2) Indonesia Mengajar | |
3) PNPM | |
4) Komunitas pemerhati kelestarian hutan | |
5) Komunitas suku batak | |
Dari jenis-jenis komunitas di atas, manakah yang termasuk jenis komunitas berdasarkan kesamaan minat … | |
a. 1 dan 2 | |
b. 2 dan 3 | |
c. 4 dan 5 | |
d. 1 dan 4 | |
e. 2 dan 5 | |
24 | Komunitas pencinta sepak bola, komunitas pencinta alam, komunitas peduli lingkungan merupakan beberapa contoh unsur komunitas … |
a. Sepenanggungan | |
b. Seperasaan | |
c. Saling bertanggungjawab | |
d. Saling memerlukan | |
e. Bekerjasama | |
25 | Kegiatan membangun rumah dengan cara gotong royong. Dimana dalam masyarakat dilakukan dengan solidaritas kuat dan meminta bantuan tetangga sekitar. Contoh tersebut merupakan unsur komunitas … |
a. Sepenanggungan | |
b. Seperasaan | |
c. Saling bertanggungjawab | |
d. Saling memerlukan | |
e. Bekerjasama | |
26 | Berikut ini konsep yang benar tentang pemberdayaan yaitu… .… |
a. pemberdayaan sebagai upaya dalam mengelola suatu kegiatan yang mengarah pada kreativitas anak muda | |
b. Pemberdayaan merupakan proses meningkatkan kemampuan dan bantuan materiil kepada masyarakat | |
c. Pemberdayaan sebagai upaya memenuhi berbagai kebutuhan yang diinginkan oleh individu dalam masyarakat bawah | |
d. Pemberdayaan merupakan proses meningkatkan kemampuan dan sikap kemandirian masyarakat | |
e. Pemberdayaan sebagai upaya memfasilitas masyarakat agar memiliki aksesabilitas terhadap sumberdaya, terkait dengan bantuan modal usaha | |
27 | Perhatikan hal berikut. |
1) Kelompok | |
2) Masyarakat | |
3) Lingkungan | |
4) Pemerintah | |
5) Swasta | |
Manakah yang termasuk inisiator pemberdayaan komunitas .. | |
a. 1, 2 dan 4 | |
b. 1, 3 dan 5 | |
c. 2, 3 dan 4 | |
d. 1, 3 dan 4 | |
e. 2, 4 dan 5 | |
28 | Prinsip dasar pemberdayaan untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya atau mandiri salah satunya adalah .. |
a. penyadaran | |
b. perencanaan | |
c. pengaturan | |
d. perbaikan ekonomi | |
e. kemandirian | |
29 | Tujuan yang ingin dicapai dari pemberdayaan masyarakat adalah untuk membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Kemandirian tersebut meliputi… . |
a. Kemandirian berpikir, kemandirian finansial dan kemandirian mengatur kebutuhan setiap individu | |
b. kemandirian berpikir, bertindak, dan mengendalikan apa yang mereka lakukan | |
c. Kemandirian finansial, kemandirian mengatur kebutuhan individu dan kemandirian bertindak | |
d. Kemandirian finansial, kemandirian mengelola anggaran dan kemandirian dalam memenuhi apa yang mereka inginkan | |
e. Kemandirian finansial, kemandirian mengatur kebutuhan, kemnadirian bertindak | |
30 | Tradisi menangkap ikan paus dengan tombak yang dilakukan oleh masyarakat Lamalera Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga kini tidak surut. Meski terkadang masih ada pro dan kontra. Aktivitas kultural tersebut tetap dipertahankan demi memenuhi kebutuhan hidup seluruh masyarakat Lamalera. Dalam konteks strategi pemberdayaan, kegiatan semacam itu dianggap sebagai .... |
a. faktor penghambat modernisasi | |
b. ciri masyarakat tradisional | |
c. dampak globalisasi | |
d. kearifan local | |
e. aksi pemberdayaan komunitas | |
31 | Dalam menghadapi persaingan global, komunitas lokal dapat diberdayakan dengan cara… |
a. pemerolehan devisa negara secara berkelanjutan | |
b. memanfaatkan sumberdaya alam setempat dengan sebesar-besarnya | |
c. menggunakan local wisdom yang ada di masyarakat secara tepat guna | |
d. mengedepankan peran pemerintah selaku pengambil kebijakan untuk menyelesaikan persaingan | |
e. mengembangkan perekonomian wilayah untuk menunjang fasilitas di wilayahnya | |
32 | Kabupaten Tulungagung merupakan daerah pemasok tenaga kerja Indonesia ke luar negeri yang cukup banyak. Salah satu dampak yang ditimbulkan akibat banyaknya orang tua yang menjadi TKI adalah kurangnya perhatian dan pengasuhan anak-anak dari orang tua yang menjadi TKI tersebut. Contoh aksi pemberdayaan komunitas yang bisa dilakukan siswa terhadap masalah di atas adalah.... |
a. memberikan ketrampilan orang tua | |
b. membuat kelompok tani untuk memberdayakan ekonomi | |
c. memberikan bantuan beasiswa untuk anak-anak yang berprestasi | |
d. membuat kelompok belajar dan bermain untuk anak-anak di daerah tersebut | |
e. memberikan bantuan dana bagi anak-anak | |
33 | Salah satu makna dalam pemberdayaan masyarakat adalah keberdayaan yang diartikan sebagai kondisi dimana masyarakat memiliki kemampuan untuk berprakarsa dan berswadaya dalam memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah pada tingkat lokal. Dalam kaitannya dengan lingkungan hidup, contoh rencana aksi yang dapat dilakukan oleh siswa adalah ... |
a. memberikan kursus computer | |
b. membuat program apotek hidup | |
c. membuat program bank sampah dan mendaur ulang sampah | |
d. memberi penyuluhan tentang pertanian organic | |
e. mengadakan sosialisasi mengenai lingkungan | |
34 | Salah satu contoh kearifan lokal adalah masyarakat Baduy mempunyai kearifan lingkungan yang mendasari mitigasi bencana dalam bentuk pikukuh yaitu… |
a. hutan tidak boleh dirusak dan dieksploitasi | |
b. gunung tidak boleh dihancurkan, sumber air tidak boleh dirusak | |
c. tanah tidah boleh dieksploitasi untuk pertambangan | |
d. pemanfaatan hutan, tanah dan air harus seijin adat | |
e. tanah tidak boleh dirusak dan pohon tidak boleh ditebang sembarang | |
35 | Contoh berikut ini yang menunjukkan eksistensi kearifan lokal dalam menjawab permasalahan sosial adalah .… |
a. peraturan atas tanah adat/ulayat mampu memaksimalkan potensi hasil pendapatan daerah | |
b. peraturan adat yang ketat mampu menjaga masyarakat pedalaman tetap eksis hidup di hutan belantara | |
c. aturan adat yang terjaga untuk menjaga kelestarian hutan mampu menghindarkan masyarakat dari bencana kekurangan air bersih | |
d. peraturan daerah yang ketat tentang hutan mampu menjaga suku pedalaman tetap bertahan di hutan pedalaman | |
e. peraturan adat menjaga alam agar tidak di eksploitasi secara berlebihan | |
36 | Suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan program telah tercapai merupakan definisi dari … |
a. tujuan kegiatan | |
b. evaluasi | |
c. pemantauan | |
d. aalisis kegiatan | |
e. pengambilan keputusan | |
37 | Dari pernyataan berikut ini, manakah yang tidak termasuk pokok pikiran yang terkandung dalam evaluasi … |
a. Pengamatan untuk mengumpulkan data dan fakta | |
b. Pengukuran hasil pengamatan dengan pedoman yang sudah ditetapkan | |
c. Mendokumentasikan hasil kegiatan | |
d. Analisis data dan informasi | |
e. Penilaian dan pengambian keputusan | |
38 | Perhatikan indikator berikut! |
1) pengamatan dalam pengumpulan data dan fakta | |
2) perencanaan kegiatan/program | |
3) sosialisasi pelaksanaan pemberdayaan | |
4) pengukuran kegiatan melalui pedoman tertentu | |
5) penilaian dan pengambilan keputusan | |
Indikator yang menunjukkan unsur-unsur dalam pengertian evaluasi pemberdayaan dapat ditemukan pada nomor ... | |
a. 1, 2 dan 3 | |
b. 1, 3 dan 4 | |
c. 1, 4 dan 5 | |
d. 2, 3 dan 5 | |
e. 2, 4 dan 5 | |
39 | Setiap program pemberdayaan masyarakat perlu dilakukan evaluasi. Adapun tujuan dilakukannya evaluasi pada program pemberdayaan masyarakat adalah … |
a. meningkatkan penghasilan fasilitator | |
b. menciptakan program pemberdayaan yang tepat sasaran | |
c. mengurangi resiko kegagalan dalam pelaksanaan program | |
d. meningkatkan kualitas program pemberdayaan selanjutnya | |
e. menciptakan kedekatan antaranggota dalam program pemberdayaan | |
40 | “Untuk melakukan kegiatan evaluasi pemberdayaan, LSM dapat bekerja sama dengan perusahaan ataupun lembaga pemerintah. LSM melakukan survei, diskusi kelompok terarah dan wawancara kepada anggota komunitas yang terlibat dalam kegiatan pemberdayaan. Hasil yang telah diperoleh dilaporkan kepada pemerintah dan perusahaan mitra yang bekerja sama dengan LSM tersebut” |
Peran LSM/NGO dalam kegiatan pemberdayaan di atas adalah ... | |
a. melaksanakan rancangan program pemberdyaan pemerintah | |
b. menggerakkan aksi evaluasi pemberdayaan komunitas secara mandiri dan sukarela | |
c. merealisasikan pemberdayaan berdasarkan APBD yang telah disahkan | |
d. meningkatkan pemasukan dan keuntungan organisasi swadaya masyarakat | |
e. menggantikan peran pemerintah dalam mengatasi ketimpangan sosial yang terjadi | |
41 | Perhatikan hal berikut ini |
1) berorientasi pada peningkatan mutu | |
2) partisipasi | |
3) transparansi | |
4) akurasi informasi | |
5) tindak lanjut | |
Pernyataan di atas dalam evaluasi pemberdayaan komunitas adalah ... | |
a. unsur-unsur evaluasi | |
b. ciri-ciri evaluasi | |
c. prinsip-prinsip evaluasi | |
d. tujuan evaluasi | |
e. peran evaluasi | |
42 | tes hasil belajar untuk mengetahui keberhasilan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru, guna memperoleh umpan balik dari upaya pengajaran yang dilakukan oleh guru merupakan contoh dari … |
a. evaluasi formatif | |
b. evaluasi sumatif | |
c. evaluasi proses | |
d. evaluasi hasil | |
e. evaluasi pemantauan | |
43 | evaluasi yang dilaksanakan pada saat program atau kegiatan itu masih/sedang dilakukan dan bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya penyimpangan pelaksanaan kegiatan … |
a. sumatif evaluation | |
b. on going evaluation | |
c. ex post evaluation | |
d. intern evaluation | |
e. ekstern evaluation | |
44 | Lembaga non pemerintah yang bersifat independen terhadap pelaksanaan program/upaya pemberdayaan serta berperan melakukan pemantauan tanpa mengedepankan kepentingan pihak-pihak tertentu merupakan salah satu aktor aatu pelaku kegiatan evaluasi pemberdayaan yaitu ... |
a. pemerintah | |
b. masyarakat | |
c. fasilitator | |
d. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) | |
e. konsultan | |
45 | Tahapan pelaksanaan evaluasi program pemberdayaan komunitas meliputi hal berikut, kecuali |
a. persiapan | |
b. pelaporan | |
c. pelaksanaan | |
d. analisis | |
e. pemantauan | |
46 | Setelah data terkumpul dan dianalisis, maka selanjutnya dilakukan … |
a. pengambilan keputusan | |
b. kesimpulan | |
c. pelaporan | |
d. perbaikan | |
e. pemantauan | |
47 | Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kegiatan pemberdayaan dapat dilakukan dengan teknik observasi, berikut ini manakah yang bukan termasuk langkah-langkah dalam teknik obervasi … |
a. menentukan tujuan dan fungsi kegiatan observasi | |
b. mencatat data yang diperlukan dan menyesuaikan dengan tujuan observasi | |
c. menyiapkan ruang dan notulen | |
d. datang langsung ke lokasi observasi | |
e. jika obervasi dilanjutkan wawancara, obsertor menemui marasumber untuk dilakukan wawancara | |
48 | Pelaksanaan pemantauan atau monitoring aksi pemberdayaan komunitas sangat efektif dilakukan yaitu … |
a. setelah selesai kegiatan dilaksanakan | |
b. pada awal kegiatan hingga mudah di evaluasi | |
c. pada akhir program kegiatan saja | |
d. kegiatan pelaksanaan program sedang dilaksanakan | |
e. ketika kegiatan mengalami masalah pendanaan | |
49 | Berikut ini manakah yang bukan manfaat evaluasi bagi kegiatan pemberdayaan ... |
a. mengetahui seberapa jauh kegiatan yang telah dilaksanakan | |
b. meningkatkan partisipasi masyarakat pada masa mendatang | |
c. mengembangkan karier dan tanggung jawab | |
d. mengetahui kesesuaian pelaksanaan kegiatan pemberdayaan | |
e. mengetahui permasalahan-permasalahan yang muncul berkaitan dengan tujuan yang diinginkan | |
50 | “Setelah mendapat bantuan dana dari pemerintah, kelompok kegiatan usaha pemberdayaan perlu melakukan pemantauan dan evaluasi kerja secara berkala. Kegiatan evaluasi tersebut dapat dilakukan oleh aparat/fasilitator yang ditugasi pemerintah. Fasilitator tersebut selanjutnya diminta memaparkan hasil evaluasi yang diperoleh kepada departemen terkait untuk ditindaklanjuti” |
Salah satu manfaat evaluasi pemberdayaan bagi aparat/fasilitator pada ilustrasi di atas adalah ... | |
a. meningkatkan kinerja anggota komunitas | |
b. memperoleh pengalaman dalam bidang riset ilmiah | |
c. mengembangkan sikap peduli sosial | |
d. memberi masukan dalam pengambilan kebijakan | |
e. meningkatkan pendapatan anggota komunitas |
Selasa, 21 November 2017
UAS KELAS XII IIS 5 Semester 2017
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Kunci Jawabannya mana woii ??
BalasHapusJawabannya mana kak
BalasHapus