Selasa, 27 Februari 2018

SOAL PERSIAPAN PAT MATERI KEARIFAN LOKAL


1.       Suatu unit atau kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama disebut..
a. Community
b. Komunitas
c. Organisasi
d. Kelompok sosial
e. Gemeinschaft

2.       Pernyataan yang benar mengenai pengertian komunitas berikut ini adalah
a. Sekelompok orang yang hidup bersama pada lokasi yang sama sehingga mereka telah berkembang menjadi sebuah kelompok hidup (group lives) yang diikat oleh kesamaan kepentingan
b. Adanya interaksi yang intensif diantara anggotanya, dibandingkan dengan orang diluar batas wilayah
c. Proses, cara, perbuatan membuat berdaya, yaitu kemampuan untuk melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak yang berupa akal, ikhtiar atau upaya
d. Hubungan sosial terkait dengan kesamaan tujuan adalah pemenuhan kebutuhan utama individu dan anggota pembentuk kelompok masyarakat
e. Kesatuan terkecil dari masyarakat

3.       Upaya untuk memulihkan atau meningkatkan kemampuan suatu komunitas untuk mampu berbuat sesuai dengan harkat martabat mereka dalam melaksanakan hak hak dan tanggung jawabnya selaku anggota masyarakat dikenal dengan istilah...
a.       Pemberdaayaan kelompok
b.      Pemberdayaan komunitas
c.       Pemberdayaan organisasi
d.      Pemberdayaan desa
e.      Pemberdayaan keluarga
4.       Berikut ini pernyataan yang tidak benar tentang pengertian pemberdaayn komunitas adalah...
a.       Upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat, lapisan masyarakat yang dalam kondisi sekarang tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan
b.      Upaya memampukan dan memandirikan masyarakat
c.       Sekelompok orang yang hidup bersama dalam lokasi yang sama
d.      Upaya umtuk menciptakan / meningkatkan kapasitas atau kemampuan masyarakat
e.      Upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat, golongan masyarakat yang sedang kondisi miskin, sehingga mereka dapat melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan
5.       Yang tidak termasuk prinsip dasar konsep pemberdayaan komunitas adalah....
a.       Pemberdayaan komunitas selalu melibatkan partisipasi masyarakat baik dalam perencanaan maupun pelaaksanaan yang dilakukan
b.      Dalam melaksanakan program pemberdayaan komunitas, kegiatan pelatihan merupakan unsur yang tidak bisa dipisahkan dari usaha fisik
c.       Usaha pemberdayaan harus dapat memaksimalkan sumber daya, khususnya dalam hal pembiayaan baik yang berasal dari pemerintah, swasta maupun sumber sumber lainnya
d.      Kegiatan pemberdayaan masyarakat harus dapat berfungsi sebagai penghubung antara kepentingan pemerintah yang bersifat makro dengan kepentingan yang bersifat mikro
e.      Pemberdayaan komunitas tidak memerlukan break-event dalam setiap kegiatan yang dikelolanya
6.       Ruang lingkup pemberdayaan komunitas mencakup berbagai program pemberdayaan berikut ini,kecuali...
a.       Pemberdayaan lingkungan
b.      Pemberdayaan humaniora
c.       Pemberdayaan ekonomi
d.      Pemberdayaan sosial budaya
e.      Pemberdayaan politik
7.       Faktor-faktor yang membuat masyarakat itu tidak berdaya adalah...
a.       Powerless dan ketimpangan
b.      Ideologi dan keyakinan
c.       Kesukuan dan kepercayaan
d.      Adanya keanekaragaman suku dan budaya
e.      Klasifikasi dan diferensiasi sosial
8.       Berikut merupakan contoh ketimpangan struktural dalam kelompok pimer di masyarakat,kecuali....
a.     golongan tua dan muda
b.    ketidak setaraan gender
c.     buruh dan majikan
d.    perbedaan ras dan etnis
e.    golongan kaya dan miskin
9.       Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam kegiatan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi program pemberdayaan masyarakat agar berjalan efektif adalah...
a.       Mengenal masyarakat yang bersangkutan lebih dalam lagi
b.      Kecukupan modal dan tenaga
c.       Berada dalam satu wilayah
d.      Harus sejalan dengan kebijakan pemerintah atau penguasa
e.      Melakukan investigasi terlebih dahulu terhadap faktor-faktor yang menjadi akar permasalahan sosial
10.   Perhatikanlah pernyataan berikut!
1. Pemberdayaan melalui perencanaan dan kebijakan yang dilaksanakan dengan membangun atau mengubah struktur dan lembaga yang bisa memberikan akses yang sama terhadap sumber daya, pelayanan dan kesempatan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat
2. Pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan mengembangkan kapasitas mereka untuk bebas berekspresi dalam bentuk budaya publik
3. Pemberdayaan melalui akses akses sosial dan politik yang dilakukan perjuangan politik dan gerakan dalam rangka membangun kekuasaan yang efektif
4. Pemberdayaan dilakukan dengan meningkatkan aksebilitas dan kontrol terhadap aktivitas ekonomi


5. Pemberdayaan melalui pendidikan dan penumbuhan kesadaran yang dilakukan dengan proses pendidikan dalam berbagai aspek yang cukup luas
Yang termasuk strategi pemberdayaan komunitas berdasarkan pernyataan diatas adalah....

a. 1, 2, dan 3
b. 1,2, dan 4
c. 1, 2, dan 3
d. 1, 3, dan 4
e. 1, 3, dan 5

11.   Strategi pendekatan yang dipakai dalam proses pemberdayaan komunitas atau masyarakat antaralain....
a.       Pendekatan kesejahteraan,pembangunan,dan pemberdayaan
b.      Pendekatan suku,agama,dan ideologi
c.       Rasa senasib dan sepenanggungan
d.      Sebangsa dan setanah air
e.      Pendekatan etnis, sosial budaya dan hukum
12.   Pandangan hidup dan pengetahuan lokal yang tercipta dari hasil adaptasi suatu komunitas yang berasal dari pengalaman hidup yang dikomunikasikan dari generasi- generasi disebut ...
a.       Pengetahuan lokal
b.      Kearifan budaya
c.       Kearifan lokal
d.      Kearifan tradisi
e.      Kearifan sosial
13.   Berikut ini merupakan wujud dari kearifan lokal, kecuali...
a.       Tradisi
b.      Budaya
c.       Mitos
d.      Kepercayaan
e.      Gaya hidup
14.   Hal-hal yang bukan menjadi faktor penyebab semakin redupnya kearifan lokal adalah ....
a.       Ego-sentris
b.      Kecintaan
c.       Globalisasi
d.      Kerusuhaan
e.      Konflik
15.   Nilai nilai sosial yang terkandung dalam kearifan lokal antra lain,
a.       Kegotongroyongan, kekerabatan, musyawarah untuk mufakat, dan toleransi
b.      Kearifan, kebijaksanaan, dan tenggang rasa
c.       Memahami diri dan potensinya dan mampu merencanakan
d.      Mampu mengarahkan dirinya sendiri
e.      Bertanggungjawab atas tindakannya
16.   Kultur masyarakat di Maluku Utara yang terbiasa membantu keluarga yang tidak mampu untuk membangun rumahnya merupakan salah satu contoh kearifan lokal yang disebut...
a.       Sifon
b.      Barifola
c.       Ruwatan
d.      Tedak siten
e.      Balimau

17.   Pernyataan yang tidak benar mengenai kearifan lokal berikut ini adalah
a.       Kearifan lokal berasal dari 2 suku kata yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local)
b.      Kearifan lokal tidak selalu merujuk pada pengetahuan lokal yang digunakan oleh masyarakat lokal untuk bertahan hidup dalam suatu lingkungannya yang menyatu dalam sistem kepercayaan, norma, budaya, dan diekspresikan dalam tradisi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang lama
c.       Kearifan lokal merupakan modal sosial yang dipandang sebagai sumber vital bagi perkembangan pemberdayaan ekonomi masyarakat
d.      Kearifan lokal dapat menjelma menjadi substansi ucapan maupun sebagai praktik kehidupan
e.      Kearifan lokal dapat dimaknai sebagai pandangan hidup dan pengetahuan lokal yang tercipta dari hasil adaptasi suatu komunitas yang berasal dari pengalaman hidup dan dikomunikasikan dari generasi ke generasi
18.   Berikut ini merupakan tujuan pemberdayaan komunitas,kecuali...
a.         Mewujudkan kehidupan yang sejahtera dan mandiri bagi masyarakat
b.         Menciptakan masyarakat yang sadar lingkungan,sadar hukum,sadar akan hak dan kewajiban
c.          Upaya penanggulangan kemiskinan
d.         Mencegah masuknya budaya asing
e.         Meningkatkan perekonomian masyarakat
19.   Upaya pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut....
a.       Memperkuat potensi atau daya yang dimiliki oleh rakyat dengan menerapkan langkah – langkah yang abstrak
b.      Menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat untuk berkembang
c.       Memberdayakan rakyat tanpa melindungi dan membela kepentingan masyarakat lemah.
d.      Memusatkan perhatian pada pembangunan untuk meningkatkan ketergantungan pada pemerintah
e.      Memberi modal yang besar pada masyarakat agar bisa mandiri dan maju
20.   Pemberdayaan komonitas berbasis nilai-nilai kearifan lokal akan menciptakan masyarakat yang berdaya, artinya..
a.       Masyarakat yang merujuk kepada  pengetahuan lokal yang digunakan oleh masyarakat lokal untuk bertahan hidup pada suatu lingkunganya yang menyatu dalam sistem kepercayaan,norma,budaya,dan di ekspresikan didalam prediksi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang lama
b.      Masyarakat yang sadar lingkungan,sadarhukum, sadar dalam hak dan kewajiban
c.       Masyarakat yang mampu memahami diri dan potensinya dan mampu merencanakan (mengantisipasi kondisi perubahan kedepan)
d.      Masyarakat yang menghormati dan menjujung tinggi hak asasi manusia
e.      Masyarakat yang tau,mengerti,paham,termotifasi,berkesempatan,memanfaatkan peluang,berenergi,mampu bekerja sama,tahu berbagi alternatif,mampu mengambil keputasan,mampu mengambil resiko,mampu mencari dan menangkap informasi,serta mampu bertindak sesuai dengan situasi
21.   Sekumpulan manusia yang saling bergaul dan berinteraksi di dalam masyarakat terdapat nilai-nlai, norma, cara-cara, dan prosedur yang mengatur kehidupan serta merupakan kebutuhan bersama anggota masyarakat adalah pengertian masyarakat menurut..
a.       Habermas
b.      Talcot Parsons
c.       Mac Iver
d.      Soerjono Soekanto
e.      Selo Soemardjan
22.   Meurut Koentjaraningrat komunitas adalah suatu kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah yang nyata dan berinteraksi secara berkesinambungan sesuai dengan suatu sistem adat istiadat dan terikat oleh suatu rasa, yaitu ...
a.       Gregariusness
b.      Community sentiment
c.       Social instinct
d.      Animal instinct
e.      Naluri
23.   Pembangunan sarana fisik, seperti membangun gedung, jalan, pelabuhan, atau pembangunan konkret lainnya lebih diminati oleh masyarakat indonesia karena .....
a.                   Merupakan investasi jangka panjang
b.                   Lebih efektif dan efisien
c.Memerlukan waktu yang sangat lama untuk dirasakan manfaatnya
d.                   Mempunyai nilai ekonomis yang tinggi
e.                   Lebih mudah dilihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat
24.   Konsekuensi pembangunan non fisik yang terabaikan ialah kualitas SDM menjadi.....
a.       Berkompeten
b.      Mampu bersaing
c.       Kurang mandiri
d.      Kreatif
e.      Lebih disiplin
25.   Seseorang atau sekelompok orang yang mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai pemimpin satu atau lebih lembaga lembaga kemasyarakatan untuk mengubah masyarakat ke arah yang lebih baik dinamakan ........
a.       Motivator
b.      Pemuka Agama
c.       Peneliti
d.      Agent of Change
e.      Pendidik
26.   Perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi,termasuk dalam masyarakat tempat proses pemberdayaan. Permasalahannya adalah bagaimana agar masyarakat sadar akan adanya perubahan dan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Oleh karenanya,agen pemberdayaaan dituntut untuk memiliki kompetensi...
a.       Pemahaman sasaran
b.      Pengelolahan pembaharuan
c.       Melek teknologi
d.      Komunikasi inovasi
e.      Pendampingan

27.   Semua upaya dalam pemberdayyan masyarakat memerlukan dukungan kebijakan yang berpihak kepada kepentingan masyarakat. Kebijakan-kebijakan yang pro rakyat secara otomatis mempermudah jalannya pemberdayaan masyarakat tersebut. Oleh karena itu, untuk memperoleh dukungan politik dan legitimasi dari elit masyarakat diperlukan kegiatan....
a.       Advokasi
b.      Politisasi
c.       Sosialisasi
d.      Presentasi
e.      Pembinaan

28.   Secara sosiologis, pembangunan dapat dikategorika sebagai proses perubahan yang...
a.       Dikehendaki
b.      Tidak dikehendaki
c.       Berpengaruh kecil
d.      Berlangsung dengan cepat
e.      Berdampak negatif
29.   Partisipasi masyarakat terlibat secara aktif baik fisik maupun psikis. Berikut ini makna yang terkandung dalam partisipasi, kecuali...
a.       Terjadinya proses belajar menuju kearah perbaikan
b.      Keterlibatan adanya kesadaran untuk berubah
c.       Bersikap apatis terhadap perubahan
d.      Peningkatan kualitas kehidupan yang lebih baik
e.      Keikutsertaan masyarakat dalam proses pemberdayaan
30.   Suatu proses dimana suatu inovasi dikomunikasikan melalui suatu saluran kepada anggota suatu sistem sosial pada suatu waktu tertentu. Hal ini merupakan proses mengomunikasikan inovasi kepada masyarakat menurut teori...
a.       Penyadaran
b.      Difusi
c.       Sistem
d.      Fungsionalisme
e.      Interaksionisme
31.   Pemberdayaan masyarakat di sektor pendidikan tidak akan cukup berhasil apabila hanya didekati oleh aspek pendidikan saja. Akan tetapi, juga memerlukan aspek aspek lainnya. Oleh karena itu, pemberdayaan harus dilakukan secara...
a.       Berkesinambungan
b.      Bertahap
c.       Integratif
d.      Parsial
e.      Holistik

32.   Subjek atau pelaku dalam kegiatan pemberdayaan adalah...
a.Agen pemberdayaan
b.Sasaran pemberdayaan
c.Stakeholders
d.Aparatur pemerintah
e.Penyuluh
33.   Undang-undang yang di dalamnya mencantumkan tanggung jawab sosial dan lingkungan oleh penanaman modal atau perseroan adalah ...
a.       UUD 1945
b.      UU No. 2 tahun 2011
c.       UU No. 2 tahun 2008
d.      UU No. 8 tahun 2012
e.      UU No. 40 tahun 2007
34.   Kelembagaan adalah suatu perangkat umum yang ditaati oleh anggota suatu komunitas (masyarakat) merupakan pengertian lembaga oleh..
a. J.L. Gillin dan J.P. Gillin

b. Mac iver
c. Hayami dan kikuchi
d. Selo soemarjan
e. Koentjaraningrat
35. Pegawai kelurahan atau desa, penyuluh, buruh, dosen, pegawai puskesmas, dokter, bidan, dan profesi lapangan lainnya merupakan contoh contoh agen pemberdayaan yang bersifat...
a. Formal
b. Informal
c. Primer
d. Sekunder
e. Non Formal
36. Kemampuan untuk melasksanakan  atau melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang dilandasi oleh kleterampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut dinamakan...
      a. positif
     b. afektif
      c. keterampilan
      d. kompetensi
      e. pengetahuan
37. Dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat diperlukan adanya wahana kampanye pemberdayaan. Oleh karena itu, diperlukan adanya peran dari...
       a. pemerintah
       b. masyarakat setempat
       c. komunitas
       d. LSM
       e. media massa



38. segala pesan yang ingin dikomunikasikan oleh seorang fasilitator kepada masyarakat penerima manfaatnya disebut...
       a. pesan ideologis
       b. materi pemberdayaan
       c. pesan informatif
       d. inovasi
       e. pembelajaran
39. segala kewajiban yang harus dilakukan oleh si penanam modal/perseroan sebagai upaya perbaikan kesejahteraan sosial masyarakat yang tinggal di dalam dan di sekitar kawasan (areal kerja), maupun yang mengalami dampak negatif dari kegiatan yang dilakukan dinamakan...
a.       Tanggung jawab lingkungan
b.      Tanggung jawab sosial
c.       Kewajiban moral
d.      Kewenangan perusahaan
e.      Hak perusahaan
         40. komunitas dalam bahasa inggris adalah community yang berarti...
a.       Masyarakat kota
b.      Masyarakat adat
c.       Masyarakat tertinggal
d.      Masyarakat desa
e.      Masyarakat setempat
41.      Agen pemberdayaan perlu memiliki kemampuan dalam menanamkan sikap dan perilaku masyarakat dalam menangani sesuatu untuk mencari peluang,menerapkan cara kerja atau inovasi baru,kreatif. Kompetensi agen pemberdayaan yang dimaksud adalah...
a.       Pengelolaan pembelajaran
b.      Pengembangan kewirausahaan
c.       Pengelolaan pelatihan
d.      Pemandu sistem jaringan
e.      Mencari sponsorship
42.   Tugas pelaku pemberdayaan secara umum adalah mendorong dan menciptakan individu serta masyarakat untuk mampu melakukan perubahan perilaku menuju ke arah...
a.       Progress
b.      Regress
c.       Tradisional
d.      Kemandirian
e.      Kemunduran




43.  Bina manusia dalam lingkungan  pemberdayaan masyarkat diharapkan mampu memberikan  dampak atau manfaat bagi perbaikan kesejahteraan {ekonomi} yang akan laku atau memperoleh dukungan dalam bentuk....
a.       partisipan masyarakat
b.      penolakan masyarakat
c.       bantuan pemerintah
a.        sponsor dari pihak swasta
d.      sumbangan dari berbagai LSM

44.   kegiatan pemberdayaan didasarkan pada ...
a.       potensi,partisipasi,kebutuhan
b.      kebutuhan, sumber daya, partisipasi
c.       kebutuhan, masalah, dan potensi sasaran
d.       potensi sasaran, pemerintajh, masalah
e.      Pemerintah, sumber daya, kebutuhan

45.   Aparatur  pemerintah yang bertugas di lapangan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat ialah agen pemberdayaan yang bersifat ....
a.         Formal
b.         Informal
c.          Lokal
d.         Swasta
e.         Lapangan

46.   Memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dalam dirinya memiliki peluang dan potensi untuk menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik dalam meningkatkan kualitas kehidupan dan kesejahteraannya, merupakan salah satu kompetensi agen pemberdayaan, yaitu ...
a.       Pengelolaan pembelajaran
b.      Pengelolaan pembaharuan
c.       Komunikasi inovasi
d.      Menumbuhkan kesadaran
e.      Pemahaman sasaran
47.   Manfaat sosiologi dalam pembangunan pada tahap evaluasi adalah...
a.       Menganalisis dampak pembangunan
b.      Mengamati perubahan yang terjadi
c.       Melaksanakan pembangunan
d.      Memprogramkan pembangunan
e.      Mengatasi persoalan pembangunan
48.   Banyak orang yang pernah memiliki pengalaman di bidang militer membentuk kelompok sosial. Kelompok ini biasanya disebut komunitas veteran. Meskipun sudah pensiun, mereka masih siap mengabdikan diri kepada negara. Adapun unsur pembentuk komunitas veteran tersebut yaitu ...
a.       Kesamaan daerah asal
b.      Satu angkatan di kemiliteran
c.       Kesamaan tingkatan dalam jabatan
d.      Kesamaan nasib sebagai abdi negara
e.      Kesamaan pengalaman terjun di dunia perang
49.   Salah satu faktor pembentuk sebuah komunitas adalah adanya rasa saling membutuhkan satu sama lain. Ketergantungan tiap tiap individu akhirnya membentuk sebuah komunitas agar mempermudah proses saling berbagi. Contoh komunitas yang terbentuk karena adanya rasa ketergantungan yaitu ...
a.       Kelompok Pecinta Burung Kenari Kota Malang
b.      Kelompok Pendaki Gunung Indonesia
c.       Komunitas Sepeda Tua Indonesia
d.      Kelompok Pemilik Darah AB
e.      Komunitas Pelukis Indonesia
50.   Kearifan lokal dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan yang bersifat...
a.         Temporer
b.         Bijaksana
c.          Rahasia
d.         Periodik
e.         Kharismatik
51.   Munculnya kearifan lokal tidak semerta-merta datang secara instan, melainkan hasil dari ...
a.       Pencarian jangka panjang
b.      Percobaan yang berulang ulang
c.       Studi banding ke komunitas lain
d.      Adaptasi jangka panjang
e.      Revolusi masyarakatnya
52.   Kearifan lokal adalah nilai yang dianggap baik dan benar sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama, bahkan melembaga. Pendapat ini berasal dari ...
a.       S. Swarsi
b.      Jim Ife
c.       Emile Durkheim
d.      H. Quaritch Wales
e.      Haryati Subadio
53.   Menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2009, pemhertian tentang kearifan lokal yaitu nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk...
a.       Melindungi dan mengelola lingkungan hidup
b.      Mengeksploitasi sumber daya alam
c.       Menghabiskan barang-barang tambang
d.      Menyelamatkan satwa langka dengan memeliharanya di kandang
e.      Menggali potensi-potensi sumber daya alam
54.   Tana’ ulen merupakan contoh kearifan lokal dalam
a.       Karya karya masyarakat
b.      Pemanfaatan sumber daya alam
c.       Mekanisme pengambilan keputusan
d.      Konservasi dan pelesttarian sumber daya alam
e.      Petuah, kepercayaan, sastra dan pantangan
55.   Praktik subak di bali merupakan contoh salah satu fungsi kearifan lokal yaitu ...
a.       Pengembangan sumber daya manusia
b.      Pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan
c.       Mekanisme pengambilan keputusan
d.      Konservasi dan pelestarian sumber daya alam
e.      Petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan
56.   Di bawah ini yang bukan merupakan ciri dari kearifan lokal adalah ...
a.       Rentan terhadap budaya luar
b.      Memiliki kemampuan mengakomodasi unsur-unsur budaya luar
c.       Mempunyai kemampuan mengintegrasikan unsur budaya luar ke dalam
d.      Mempunyai kemampuan mengendalikan
e.      Mampu memberi arah pada perkembangan budaya
57.   Secara etimologis, pemberdayaan berasal dari kata “daya” yang berarti ...
a.       Kekuatan atau mengembangkan kemampuan
b.      Kekuatan untuk mengalahkan orang lain
c.       Kemampuan untuk bergabung dengan orang lain
d.      Keinginan untuk menjdai sama dengan orang lain
e.      Keterampilan untuk memengaruhi orang lain
58.   Pemberdayaan komunitas orientasinya menunjuk kepada komunitas yang ...
a .    Swadaya
b.     Kurang berdaya atau tidak berdaya
c.     Swakarya
d.     Memiliki daya
e.     Berdikari

59.   Berikut yang  merupakan tahapan pemberdayaan adalah ....
a.       Tahap penyadaran
b.      Tahap transformasi
c.       Tahap kepedulian
d.      Pengambilan keputusan
e.      Peningkatan kemampuan intelektual
60.   Aktor pemberdayaan yang memiliki peran sebagai partisipan atau juga sebagai objek pemberdayaan adalah...
a.       Pemerintah
b.      NGO (Non Goverment Organization)
c.       LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat)
d.      Swasta
e.      Masyarakat





2 komentar:

  1. titanium hair dye. - Titanium Art
    Titanium titanium anodizing Art titanium tent stakes is an organic citizen promaster titanium pigment found in all shapes, sizes, and colors of different sizes and colors. Titanium titanium solvent trap monocore Art uses our very own titanium oxide unique

    BalasHapus
  2. Segala pesan yg ingin di komunikasikan oleh seorang fasilitator kepada masyarakat penerima manfaatnya di sebut

    BalasHapus