1. Suatu
unit atau kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan
kepentingan bersama disebut..
a. Community
b. Komunitas
c. Organisasi
d. Kelompok sosial
e. Gemeinschaft
2. Pernyataan
yang benar mengenai pengertian komunitas berikut ini adalah
a. Sekelompok orang yang hidup bersama pada lokasi yang sama sehingga mereka
telah berkembang menjadi sebuah kelompok hidup (group lives) yang diikat oleh
kesamaan kepentingan
b. Adanya interaksi yang intensif diantara anggotanya, dibandingkan dengan orang
diluar batas wilayah
c. Proses, cara, perbuatan membuat berdaya, yaitu kemampuan untuk melakukan
sesuatu atau kemampuan bertindak yang berupa akal, ikhtiar atau upaya
d. Hubungan sosial terkait dengan kesamaan tujuan adalah pemenuhan kebutuhan
utama individu dan anggota pembentuk kelompok masyarakat
e. Kesatuan terkecil dari masyarakat
3. Upaya
untuk memulihkan atau meningkatkan kemampuan suatu komunitas untuk mampu
berbuat sesuai dengan harkat martabat mereka dalam melaksanakan hak hak dan
tanggung jawabnya selaku anggota masyarakat dikenal dengan istilah...
a. Pemberdaayaan
kelompok
b. Pemberdayaan
komunitas
c. Pemberdayaan
organisasi
d. Pemberdayaan
desa
e. Pemberdayaan
keluarga
4. Berikut
ini pernyataan yang tidak benar tentang pengertian pemberdaayn komunitas
adalah...
a. Upaya
untuk meningkatkan harkat dan martabat, lapisan masyarakat yang dalam kondisi
sekarang tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan
keterbelakangan
b. Upaya
memampukan dan memandirikan masyarakat
c. Sekelompok
orang yang hidup bersama dalam lokasi yang sama
d. Upaya
umtuk menciptakan / meningkatkan kapasitas atau kemampuan masyarakat
e. Upaya
untuk meningkatkan harkat dan martabat, golongan masyarakat yang sedang kondisi
miskin, sehingga mereka dapat melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan
keterbelakangan
5. Yang
tidak termasuk prinsip dasar konsep pemberdayaan komunitas adalah....
a. Pemberdayaan
komunitas selalu melibatkan partisipasi masyarakat baik dalam perencanaan
maupun pelaaksanaan yang dilakukan
b. Dalam
melaksanakan program pemberdayaan komunitas, kegiatan pelatihan merupakan unsur
yang tidak bisa dipisahkan dari usaha fisik
c. Usaha
pemberdayaan harus dapat memaksimalkan sumber daya, khususnya dalam hal
pembiayaan baik yang berasal dari pemerintah, swasta maupun sumber sumber
lainnya
d. Kegiatan
pemberdayaan masyarakat harus dapat berfungsi sebagai penghubung antara
kepentingan pemerintah yang bersifat makro dengan kepentingan yang bersifat
mikro
e. Pemberdayaan
komunitas tidak memerlukan break-event dalam setiap kegiatan yang dikelolanya
6. Ruang
lingkup pemberdayaan komunitas mencakup berbagai program pemberdayaan berikut
ini,kecuali...
a. Pemberdayaan
lingkungan
b. Pemberdayaan
humaniora
c. Pemberdayaan
ekonomi
d. Pemberdayaan
sosial budaya
e. Pemberdayaan
politik
7. Faktor-faktor
yang membuat masyarakat itu tidak berdaya adalah...
a. Powerless
dan ketimpangan
b. Ideologi
dan keyakinan
c. Kesukuan
dan kepercayaan
d. Adanya
keanekaragaman suku dan budaya
e. Klasifikasi
dan diferensiasi sosial
8. Berikut
merupakan contoh ketimpangan struktural dalam kelompok pimer di
masyarakat,kecuali....
a.
golongan tua dan muda
b.
ketidak setaraan gender
c.
buruh dan majikan
d.
perbedaan ras dan etnis
e.
golongan kaya dan miskin
9. Salah
satu hal yang perlu dilakukan dalam kegiatan merancang, melaksanakan dan
mengevaluasi program pemberdayaan masyarakat agar berjalan efektif adalah...
a. Mengenal
masyarakat yang bersangkutan lebih dalam lagi
b. Kecukupan
modal dan tenaga
c. Berada
dalam satu wilayah
d. Harus
sejalan dengan kebijakan pemerintah atau penguasa
e. Melakukan
investigasi terlebih dahulu terhadap faktor-faktor yang menjadi akar
permasalahan sosial
10. Perhatikanlah
pernyataan berikut!
1. Pemberdayaan melalui perencanaan dan kebijakan yang dilaksanakan dengan
membangun atau mengubah struktur dan lembaga yang bisa memberikan akses yang
sama terhadap sumber daya, pelayanan dan kesempatan berpartisipasi dalam
kehidupan masyarakat
2. Pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan mengembangkan kapasitas mereka
untuk bebas berekspresi dalam bentuk budaya publik
3. Pemberdayaan melalui akses akses sosial dan politik yang dilakukan
perjuangan politik dan gerakan dalam rangka membangun kekuasaan yang efektif
4. Pemberdayaan dilakukan dengan meningkatkan aksebilitas dan kontrol terhadap
aktivitas ekonomi
5. Pemberdayaan melalui pendidikan dan penumbuhan kesadaran yang dilakukan
dengan proses pendidikan dalam berbagai aspek yang cukup luas
Yang termasuk strategi pemberdayaan komunitas berdasarkan pernyataan diatas
adalah....
a. 1, 2, dan 3
b. 1,2, dan 4
c. 1, 2, dan 3
d. 1, 3, dan 4
e. 1, 3, dan 5
11. Strategi
pendekatan yang dipakai dalam proses pemberdayaan komunitas atau masyarakat
antaralain....
a. Pendekatan
kesejahteraan,pembangunan,dan pemberdayaan
b. Pendekatan
suku,agama,dan ideologi
c. Rasa
senasib dan sepenanggungan
d. Sebangsa
dan setanah air
e. Pendekatan
etnis, sosial budaya dan hukum
12. Pandangan
hidup dan pengetahuan lokal yang tercipta dari hasil adaptasi suatu komunitas
yang berasal dari pengalaman hidup yang dikomunikasikan dari generasi- generasi
disebut ...
a. Pengetahuan
lokal
b. Kearifan
budaya
c. Kearifan
lokal
d. Kearifan
tradisi
e. Kearifan
sosial
13. Berikut
ini merupakan wujud dari kearifan lokal, kecuali...
a. Tradisi
b. Budaya
c. Mitos
d. Kepercayaan
e. Gaya
hidup
14. Hal-hal
yang bukan menjadi faktor penyebab semakin redupnya kearifan lokal adalah ....
a. Ego-sentris
b. Kecintaan
c. Globalisasi
d. Kerusuhaan
e. Konflik
15. Nilai
nilai sosial yang terkandung dalam kearifan lokal antra lain,
a. Kegotongroyongan,
kekerabatan, musyawarah untuk mufakat, dan toleransi
b. Kearifan,
kebijaksanaan, dan tenggang rasa
c. Memahami
diri dan potensinya dan mampu merencanakan
d. Mampu
mengarahkan dirinya sendiri
e. Bertanggungjawab
atas tindakannya
16. Kultur
masyarakat di Maluku Utara yang terbiasa membantu keluarga yang tidak mampu
untuk membangun rumahnya merupakan salah satu contoh kearifan lokal yang
disebut...
a. Sifon
b. Barifola
c. Ruwatan
d. Tedak
siten
e. Balimau
17. Pernyataan
yang tidak benar mengenai kearifan lokal berikut ini adalah
a. Kearifan
lokal berasal dari 2 suku kata yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local)
b. Kearifan
lokal tidak selalu merujuk pada pengetahuan lokal yang digunakan oleh masyarakat
lokal untuk bertahan hidup dalam suatu lingkungannya yang menyatu dalam sistem
kepercayaan, norma, budaya, dan diekspresikan dalam tradisi dan mitos yang
dianut dalam jangka waktu yang lama
c. Kearifan
lokal merupakan modal sosial yang dipandang sebagai sumber vital bagi
perkembangan pemberdayaan ekonomi masyarakat
d. Kearifan
lokal dapat menjelma menjadi substansi ucapan maupun sebagai praktik kehidupan
e. Kearifan
lokal dapat dimaknai sebagai pandangan hidup dan pengetahuan lokal yang
tercipta dari hasil adaptasi suatu komunitas yang berasal dari pengalaman hidup
dan dikomunikasikan dari generasi ke generasi
18. Berikut
ini merupakan tujuan pemberdayaan komunitas,kecuali...
a.
Mewujudkan kehidupan yang sejahtera dan mandiri
bagi masyarakat
b.
Menciptakan masyarakat yang sadar
lingkungan,sadar hukum,sadar akan hak dan kewajiban
c.
Upaya penanggulangan kemiskinan
d.
Mencegah masuknya budaya asing
e.
Meningkatkan perekonomian masyarakat
19. Upaya
pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut....
a. Memperkuat
potensi atau daya yang dimiliki oleh rakyat dengan menerapkan langkah – langkah
yang abstrak
b. Menciptakan
suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat untuk berkembang
c. Memberdayakan
rakyat tanpa melindungi dan membela kepentingan masyarakat lemah.
d. Memusatkan
perhatian pada pembangunan untuk meningkatkan ketergantungan pada pemerintah
e. Memberi
modal yang besar pada masyarakat agar bisa mandiri dan maju
20. Pemberdayaan
komonitas berbasis nilai-nilai kearifan lokal akan menciptakan masyarakat yang
berdaya, artinya..
a. Masyarakat
yang merujuk kepada pengetahuan lokal
yang digunakan oleh masyarakat lokal untuk bertahan hidup pada suatu
lingkunganya yang menyatu dalam sistem kepercayaan,norma,budaya,dan di
ekspresikan didalam prediksi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang lama
b. Masyarakat
yang sadar lingkungan,sadarhukum, sadar dalam hak dan kewajiban
c. Masyarakat
yang mampu memahami diri dan potensinya dan mampu merencanakan (mengantisipasi
kondisi perubahan kedepan)
d. Masyarakat
yang menghormati dan menjujung tinggi hak asasi manusia
e. Masyarakat
yang tau,mengerti,paham,termotifasi,berkesempatan,memanfaatkan
peluang,berenergi,mampu bekerja sama,tahu berbagi alternatif,mampu mengambil
keputasan,mampu mengambil resiko,mampu mencari dan menangkap informasi,serta
mampu bertindak sesuai dengan situasi
21. Sekumpulan
manusia yang saling bergaul dan berinteraksi di dalam masyarakat terdapat
nilai-nlai, norma, cara-cara, dan prosedur yang mengatur kehidupan serta
merupakan kebutuhan bersama anggota masyarakat adalah pengertian masyarakat
menurut..
a. Habermas
b. Talcot
Parsons
c. Mac
Iver
d. Soerjono
Soekanto
e. Selo
Soemardjan
22. Meurut
Koentjaraningrat komunitas adalah suatu kesatuan hidup manusia yang menempati
suatu wilayah yang nyata dan berinteraksi secara berkesinambungan sesuai dengan
suatu sistem adat istiadat dan terikat oleh suatu rasa, yaitu ...
a. Gregariusness
b. Community
sentiment
c. Social
instinct
d. Animal
instinct
e. Naluri
23. Pembangunan
sarana fisik, seperti membangun gedung, jalan, pelabuhan, atau pembangunan
konkret lainnya lebih diminati oleh masyarakat indonesia karena .....
a.
Merupakan investasi jangka panjang
b.
Lebih efektif dan efisien
c.Memerlukan
waktu yang sangat lama untuk dirasakan manfaatnya
d.
Mempunyai nilai ekonomis yang tinggi
e.
Lebih mudah dilihat dan dirasakan manfaatnya
oleh masyarakat
24. Konsekuensi
pembangunan non fisik yang terabaikan ialah kualitas SDM menjadi.....
a. Berkompeten
b. Mampu
bersaing
c. Kurang
mandiri
d. Kreatif
e. Lebih
disiplin
25. Seseorang
atau sekelompok orang yang mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai
pemimpin satu atau lebih lembaga lembaga kemasyarakatan untuk mengubah
masyarakat ke arah yang lebih baik dinamakan ........
a. Motivator
b. Pemuka
Agama
c. Peneliti
d. Agent
of Change
e. Pendidik
26.
Perubahan adalah sesuatu yang pasti
terjadi,termasuk dalam masyarakat tempat proses pemberdayaan. Permasalahannya
adalah bagaimana agar masyarakat sadar akan adanya perubahan dan dapat
menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Oleh karenanya,agen pemberdayaaan
dituntut untuk memiliki kompetensi...
a. Pemahaman
sasaran
b. Pengelolahan
pembaharuan
c. Melek
teknologi
d. Komunikasi
inovasi
e. Pendampingan
27.
Semua upaya dalam pemberdayyan masyarakat
memerlukan dukungan kebijakan yang berpihak kepada kepentingan masyarakat.
Kebijakan-kebijakan yang pro rakyat secara otomatis mempermudah jalannya
pemberdayaan masyarakat tersebut. Oleh karena itu, untuk memperoleh dukungan
politik dan legitimasi dari elit masyarakat diperlukan kegiatan....
a. Advokasi
b. Politisasi
c. Sosialisasi
d. Presentasi
e. Pembinaan
28.
Secara sosiologis, pembangunan dapat
dikategorika sebagai proses perubahan yang...
a. Dikehendaki
b. Tidak
dikehendaki
c. Berpengaruh
kecil
d. Berlangsung
dengan cepat
e. Berdampak
negatif
29.
Partisipasi masyarakat terlibat secara aktif
baik fisik maupun psikis. Berikut ini makna yang terkandung dalam partisipasi,
kecuali...
a. Terjadinya
proses belajar menuju kearah perbaikan
b. Keterlibatan
adanya kesadaran untuk berubah
c. Bersikap
apatis terhadap perubahan
d. Peningkatan
kualitas kehidupan yang lebih baik
e. Keikutsertaan
masyarakat dalam proses pemberdayaan
30.
Suatu proses dimana suatu inovasi
dikomunikasikan melalui suatu saluran kepada anggota suatu sistem sosial pada
suatu waktu tertentu. Hal ini merupakan proses mengomunikasikan inovasi kepada
masyarakat menurut teori...
a. Penyadaran
b. Difusi
c. Sistem
d. Fungsionalisme
e. Interaksionisme
31.
Pemberdayaan masyarakat di sektor pendidikan
tidak akan cukup berhasil apabila hanya didekati oleh aspek pendidikan saja.
Akan tetapi, juga memerlukan aspek aspek lainnya. Oleh karena itu, pemberdayaan
harus dilakukan secara...
a. Berkesinambungan
b. Bertahap
c. Integratif
d. Parsial
e. Holistik
32.
Subjek atau pelaku dalam kegiatan pemberdayaan
adalah...
a.Agen
pemberdayaan
b.Sasaran
pemberdayaan
c.Stakeholders
d.Aparatur
pemerintah
e.Penyuluh
33.
Undang-undang yang di dalamnya mencantumkan
tanggung jawab sosial dan lingkungan oleh penanaman modal atau perseroan adalah
...
a. UUD
1945
b. UU
No. 2 tahun 2011
c. UU
No. 2 tahun 2008
d. UU
No. 8 tahun 2012
e. UU
No. 40 tahun 2007
34.
Kelembagaan adalah suatu perangkat umum yang
ditaati oleh anggota suatu komunitas (masyarakat) merupakan pengertian lembaga
oleh..
a. J.L. Gillin dan J.P. Gillin
b. Mac iver
c. Hayami dan
kikuchi
d. Selo soemarjan
e.
Koentjaraningrat
35.
Pegawai kelurahan atau desa, penyuluh, buruh, dosen, pegawai puskesmas, dokter,
bidan, dan profesi lapangan lainnya merupakan contoh contoh agen pemberdayaan
yang bersifat...
a.
Formal
b.
Informal
c.
Primer
d.
Sekunder
e.
Non Formal
36.
Kemampuan untuk melasksanakan atau
melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang dilandasi oleh kleterampilan dan
pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut
dinamakan...
a. positif
b. afektif
c. keterampilan
d. kompetensi
e. pengetahuan
37.
Dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat diperlukan adanya wahana kampanye
pemberdayaan. Oleh karena itu, diperlukan adanya peran dari...
a. pemerintah
b. masyarakat setempat
c. komunitas
d. LSM
e. media massa
38. segala pesan
yang ingin dikomunikasikan oleh seorang fasilitator kepada masyarakat penerima
manfaatnya disebut...
a. pesan ideologis
b. materi pemberdayaan
c. pesan informatif
d. inovasi
e. pembelajaran
39.
segala kewajiban yang harus dilakukan oleh si penanam modal/perseroan sebagai
upaya perbaikan kesejahteraan sosial masyarakat yang tinggal di dalam dan di
sekitar kawasan (areal kerja), maupun yang mengalami dampak negatif dari
kegiatan yang dilakukan dinamakan...
a. Tanggung
jawab lingkungan
b. Tanggung
jawab sosial
c. Kewajiban
moral
d. Kewenangan
perusahaan
e. Hak
perusahaan
40.
komunitas dalam bahasa inggris adalah community
yang berarti...
a. Masyarakat
kota
b. Masyarakat
adat
c. Masyarakat
tertinggal
d. Masyarakat
desa
e. Masyarakat
setempat
41. Agen
pemberdayaan perlu memiliki kemampuan dalam menanamkan sikap dan perilaku
masyarakat dalam menangani sesuatu untuk mencari peluang,menerapkan cara kerja
atau inovasi baru,kreatif. Kompetensi agen pemberdayaan yang dimaksud adalah...
a. Pengelolaan
pembelajaran
b. Pengembangan
kewirausahaan
c. Pengelolaan
pelatihan
d. Pemandu
sistem jaringan
e. Mencari
sponsorship
42. Tugas
pelaku pemberdayaan secara umum adalah mendorong dan menciptakan individu serta
masyarakat untuk mampu melakukan perubahan perilaku menuju ke arah...
a. Progress
b. Regress
c. Tradisional
d. Kemandirian
e. Kemunduran
43.
Bina manusia dalam lingkungan
pemberdayaan masyarkat diharapkan mampu memberikan dampak atau manfaat bagi perbaikan
kesejahteraan {ekonomi} yang akan laku atau memperoleh dukungan dalam
bentuk....
a. partisipan
masyarakat
b. penolakan
masyarakat
c. bantuan
pemerintah
a. sponsor dari pihak swasta
d. sumbangan
dari berbagai LSM
44.
kegiatan pemberdayaan didasarkan pada ...
a. potensi,partisipasi,kebutuhan
b. kebutuhan,
sumber daya, partisipasi
c. kebutuhan,
masalah, dan potensi sasaran
d. potensi sasaran, pemerintajh, masalah
e. Pemerintah,
sumber daya, kebutuhan
45.
Aparatur
pemerintah yang bertugas di lapangan dalam kegiatan pemberdayaan
masyarakat ialah agen pemberdayaan yang bersifat ....
a.
Formal
b.
Informal
c.
Lokal
d.
Swasta
e.
Lapangan
46.
Memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa
dalam dirinya memiliki peluang dan potensi untuk menghasilkan perubahan ke arah
yang lebih baik dalam meningkatkan kualitas kehidupan dan kesejahteraannya,
merupakan salah satu kompetensi agen pemberdayaan, yaitu ...
a. Pengelolaan
pembelajaran
b. Pengelolaan
pembaharuan
c. Komunikasi
inovasi
d. Menumbuhkan
kesadaran
e. Pemahaman
sasaran
47.
Manfaat sosiologi dalam pembangunan pada tahap
evaluasi adalah...
a. Menganalisis
dampak pembangunan
b. Mengamati
perubahan yang terjadi
c. Melaksanakan
pembangunan
d. Memprogramkan
pembangunan
e. Mengatasi
persoalan pembangunan
48.
Banyak orang yang pernah memiliki pengalaman di
bidang militer membentuk kelompok sosial. Kelompok ini biasanya disebut
komunitas veteran. Meskipun sudah pensiun, mereka masih siap mengabdikan diri
kepada negara. Adapun unsur pembentuk komunitas veteran tersebut yaitu ...
a. Kesamaan
daerah asal
b. Satu
angkatan di kemiliteran
c. Kesamaan
tingkatan dalam jabatan
d. Kesamaan
nasib sebagai abdi negara
e. Kesamaan
pengalaman terjun di dunia perang
49.
Salah satu faktor pembentuk sebuah komunitas
adalah adanya rasa saling membutuhkan satu sama lain. Ketergantungan tiap tiap
individu akhirnya membentuk sebuah komunitas agar mempermudah proses saling
berbagi. Contoh komunitas yang terbentuk karena adanya rasa ketergantungan
yaitu ...
a. Kelompok
Pecinta Burung Kenari Kota Malang
b. Kelompok
Pendaki Gunung Indonesia
c. Komunitas
Sepeda Tua Indonesia
d. Kelompok
Pemilik Darah AB
e. Komunitas
Pelukis Indonesia
50.
Kearifan lokal dapat dipahami sebagai
gagasan-gagasan yang bersifat...
a.
Temporer
b.
Bijaksana
c.
Rahasia
d.
Periodik
e.
Kharismatik
51.
Munculnya kearifan lokal tidak semerta-merta
datang secara instan, melainkan hasil dari ...
a. Pencarian
jangka panjang
b. Percobaan
yang berulang ulang
c. Studi
banding ke komunitas lain
d. Adaptasi
jangka panjang
e. Revolusi
masyarakatnya
52.
Kearifan lokal adalah nilai yang dianggap baik
dan benar sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama, bahkan melembaga.
Pendapat ini berasal dari ...
a. S.
Swarsi
b. Jim
Ife
c. Emile
Durkheim
d. H.
Quaritch Wales
e. Haryati
Subadio
53.
Menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2009,
pemhertian tentang kearifan lokal yaitu nilai-nilai luhur yang berlaku dalam
tata kehidupan masyarakat untuk...
a. Melindungi
dan mengelola lingkungan hidup
b. Mengeksploitasi
sumber daya alam
c. Menghabiskan
barang-barang tambang
d. Menyelamatkan
satwa langka dengan memeliharanya di kandang
e. Menggali
potensi-potensi sumber daya alam
54.
Tana’ ulen
merupakan contoh kearifan lokal dalam
a. Karya
karya masyarakat
b. Pemanfaatan
sumber daya alam
c. Mekanisme
pengambilan keputusan
d. Konservasi
dan pelesttarian sumber daya alam
e. Petuah,
kepercayaan, sastra dan pantangan
55.
Praktik subak di bali merupakan contoh salah
satu fungsi kearifan lokal yaitu ...
a. Pengembangan
sumber daya manusia
b. Pengembangan
kebudayaan dan ilmu pengetahuan
c. Mekanisme
pengambilan keputusan
d. Konservasi
dan pelestarian sumber daya alam
e. Petuah,
kepercayaan, sastra, dan pantangan
56.
Di bawah ini yang bukan merupakan ciri dari
kearifan lokal adalah ...
a. Rentan
terhadap budaya luar
b. Memiliki
kemampuan mengakomodasi unsur-unsur budaya luar
c. Mempunyai
kemampuan mengintegrasikan unsur budaya luar ke dalam
d. Mempunyai
kemampuan mengendalikan
e. Mampu
memberi arah pada perkembangan budaya
57.
Secara etimologis, pemberdayaan berasal dari
kata “daya” yang berarti ...
a. Kekuatan
atau mengembangkan kemampuan
b. Kekuatan
untuk mengalahkan orang lain
c. Kemampuan
untuk bergabung dengan orang lain
d. Keinginan
untuk menjdai sama dengan orang lain
e. Keterampilan
untuk memengaruhi orang lain
58.
Pemberdayaan komunitas orientasinya menunjuk kepada
komunitas yang ...
a . Swadaya
b. Kurang berdaya atau tidak berdaya
c. Swakarya
d. Memiliki daya
e. Berdikari
59.
Berikut yang
merupakan tahapan pemberdayaan adalah ....
a. Tahap
penyadaran
b. Tahap
transformasi
c. Tahap
kepedulian
d. Pengambilan
keputusan
e. Peningkatan
kemampuan intelektual
60.
Aktor pemberdayaan yang memiliki peran sebagai
partisipan atau juga sebagai objek pemberdayaan adalah...
a. Pemerintah
b. NGO
(Non Goverment Organization)
c. LSM
(Lembaga Swadaya Masyarakat)
d. Swasta
e. Masyarakat
titanium hair dye. - Titanium Art
BalasHapusTitanium titanium anodizing Art titanium tent stakes is an organic citizen promaster titanium pigment found in all shapes, sizes, and colors of different sizes and colors. Titanium titanium solvent trap monocore Art uses our very own titanium oxide unique
Segala pesan yg ingin di komunikasikan oleh seorang fasilitator kepada masyarakat penerima manfaatnya di sebut
BalasHapus